Home » , , » Pdt David Farel Sibuea MTh DMin Terpilih Sebagai Sekretaris Jenderal HKBP Periode 2016-2020

Pdt David Farel Sibuea MTh DMin Terpilih Sebagai Sekretaris Jenderal HKBP Periode 2016-2020

Written By Berita Simalungun on Saturday, 17 September 2016 | 09:28

PIMPINAN BARU HKBP Periode 2016-2020: Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA bersama Sekjen Pdt Mori Sihombing MTh, mengangkat kedua tangan Pdt David Sibuea DMin yang baru terpilih sebagai Sekjen dan Pdt Darwin Lumban Tobing (kiri) sebagai Ephorus periode 2016-2020, dalam Sinode Godang ke-63 HKBPdi Seminarium Sipoholon, Jumat (16/9/2016). IST

BeritaSimalungun.com, Tarutung-Pdt David Farel Sibuea MTh DMin terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKBP periode 2016-2020 dengan meraih 770 suara, sedangkan Pdt Maulinus UW Siregar STh meraih 744 suara  pada Sinode Godang (SG) ke-63 HKBP yang dilaksanakan di Auditorium Seminarium Sipoholon, Taput, Jumat (16/9/2016) malam.(Ini Perolehan Suara Pdt David Farel Sibuea Putaran Pertama)ang

Sebelumnya pelaksanaan pemilihan sinode berlangsung 2 putaran. Dalam penjaringan Balon sekjen muncul sejumlah nama di antaranya, Pdt David Farel Sibuea DMin memperoleh 449 suara, disusul Pdt Maulinus Siregar meraih 344, Pdt Daniel Harahap meraih 186 suara, Pdt Martongo Sitinjak meraih 209 suara, Pdt Midian Sirait meraih 176 suara, Pdt Frins Sihombing meraih 129 suara, Pdt Parinsan Simanungkalit 12 suara, Pdt Nelly Hutahaean peroleh 5 suara, Pdt P Tinambunan 2 suara. (Baca Juga: Ini Profile Pdt David Farel Sibuea MTh DMin)

Keenam Balon Sekjen tersebut akhirnya berhak mengikuti putaran kedua. Namun saat akan dilaksanakan putaran kedua, 4 Balon menyatakan mundur yaitu Pdt Daniel Harahap, Pdt Martongo Sitinjak, Pdt Midian Sirait dan Pdt Frins Sihombing sehingga sidang yang dipimpin Pdt Anggiat Hutaruk menetapkan 2 calon sekjen untuk maju dalam putaran kedua.(Baca Juga: Pdt Dr Darwin Lumbantobing Terpilih Jadi Ephorus HKBP Periode 2016-2020)

Peserta Sinode Godang yang berjumlah 1.526 akhirnya memberikan suara kepada Pdt David Farel Sibuea DMin sebanyak 770 suara, sedangkan Pdt Pdt Maulinus UW Siregar STh meraih 744 suara dan sebanyak 12 surat suara batal.

Pimpinan sidang akhirnya menetapkan sekjen terpilih Pdt David Farel Sibuea DMin, penetapan itu disambut gembira seluruh peserta sinodestan dan langsung memberikan selamat kepada David F Sibuea termasuk Ephorus terpilih Pdt Dr Darwin Lumbantobing yang duduk bersebelahan.(Baca Juga: Daftar Ephorus HKBP dari Masa ke Masa)

Demikian pula dengan Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata MA merangkul pimpinan yang baru terpilih tersebut sambil berkata, sudah terpilih sepasang pimpinan baru HKBP dengan mengangkat kedua tangan mereka.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan SIB, suasana pemilihan selama penghitungan suara, masing-masing perolehan suara calon saling berimbang di posisi perolehan 600 suara.

Namun saat surat suara tinggal puluhan kertas suara lagi, akhirnya perolehan suara Pdt David Farel Sibuea terus merangkak naik meninggalkan perolehan suara Pdt Maulianus UW Siregar STh, hingga penghitungan surat suara selesai dengan total keseluruhan 1.652 surat suara.

Dengan terpilihnya Pdt David Farel Sibuea DMin sebagai Sekjen dipastikan bersama-sama memimpin HKBP periode 2016-2020 dengan Pdt Dr Darwin Lumbantobing sebagai ephorus.

Sidang pemilihan Pimpinan HKBP dilanjutkan untuk memilih 3 Kepala Departemen yakni Departemen Diakonia, Departemen Marturia dan Departemen Kononia. 

Panitia mempersiapkan 3 kertas suara kepada pemilih untuk melakukan pemilihan sekaligus terhadap para bakal calon Kadep tersebut. Hingga pukul 18.30 Wib, proses pemilihan kadep baru imulai. Pada Sabtu (17/9) sesuai dengan jadwal Sinode Godang akan dilakukan pemilihan 30 Praeses. Saat ini sesuai hasil penjaringan di Distrik ada 60 calon yang akan dimajukan pada sinode.

Mendukung Kepemimpinan HKBP Solid 

Sementara itu, Pdt Daniel TA Harahap MTh yang ditemui SIB di Lokasi Sinode mengatakan, pengunduran dirinya tersebut dengan alasan demi keutuhan dan kesolidan kepemimpinan HKBP ke depan.

Pdt Daniel Harahap mengemukakan, pimpinan HKBP walaupun dipilih secara satu per satu, tapi pada dasarnya kolektif kolegial bersifat tim, karena sangat tidak mungkin gereja yang sebesar ini dengan masalahnya yang banyak dipimpin oleh perorangan.

"Adapun kepemimpinan yang dibutuhkan HKBP adalah tim solid dan kuat. Faktanya saya sejak awal memikirkan memajukan Dr Ribinson Butar-butar sebagai Ephorus HKBP dan ternyata tidak terpilih. Oleh sebab itu saya berpikir sangat tidak elok jika saya masih meneruskan ingin menjadi Sekretaris Jenderal, maka saya memutuskan untuk mundur dari pemilihan," ujarnya.

Ia berharap biarlah teman sekerja atau tim Pdt Dr Darwin Lumbantobing (Ephorus terpilih) yang dipilih menjadi Sekretaris Jenderal, supaya kepemimpinan HKBP mendatang benar-benar solid, benar-benar utuh dan tidak perlu lagi ada masa perkenalan dan masa penyesuaian.

Pdt Harahap menegaskan, dirinya akan tetap melayani sebagai pendeta HKBP. "Saya adalah pendeta HKBP dan saya telah menyatakan dukungan dan kesetiaan kepada Ephorus terpilih dan saya akan menerima apapun penugasan yang akan diberikan Ephorus," ucapnya. (SIB)
Share this article :

Post a Comment