Home » , , » Pdt. Dr. Darwin Tobing Dilantik Jadi Ephorus HKBP

Pdt. Dr. Darwin Tobing Dilantik Jadi Ephorus HKBP

Written By Berita Simalungun on Monday, 19 September 2016 | 11:42

Ephorus HKBP Periode 2016-2-20 Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dilantik oleh pendeta tertua yakni Pdt. Anggiat Purba di HKBP Pearaja kompleks Kantor Pusat HKBP di Tarutung, Minggu (18/9/2016). IST
BeritaSimalungun.com, Tarutung-Ribuan jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) se Indonesia menghadiri acara pelantikan Ephorus HKBP yang baru Minggu, (18/9/2016) di HKBP Pearaja Tarutung.

Pelantikan yang dirangkai ibadah Minggu itu berjalan dengan khidmat dan dikawal aparat keamanan Polres Taput. 

Hadir dalam acara pelantikan Ephorus dan fungsionaris HKBP itu, mantan Ephorus Emeritus Pdt. DR. SAE. Nababan, Mantan Ephorus Pdt. Willem TP Simarmata dan mantan Sekjen Pdt. Mori Sihombing, anggota DPR RI, Effendi Simbolon, para Pendeta dan utusan-utusan gereja resort HKBP. 

Juga hadir Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Taput Mauliate Simorangkir, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Samosir Rafidin Simbolon dan undangan lainnya.

Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing yang didaulat menyampaikan khotbah minggu dari kitab Amos 8:4-7 menyampaikan, singa telah mengaum karena para pelaku kejahatan, dan bila Tuhan mengaum jelas manusia akan takut.

“Bila orang berdosa dihukum Tuhan sah-sah saja, akan tetapi ditengah bangsa Tuhan mengampuni orang berdosa. Karena orang Israel berdosa maka diusir ke tanah Mesir. Sebenarnya banyak yang diperbuat Tuhan kepada bangsa. Amos mengatakan, carilah Tuhan untuk memperbuat yang baik seperti sungai mengalir. Keadilan, kejujuran jangan dihempang serta jangan ditutupi, terimakasih kita sampaikan kepada Yesus sebagai Raja Kristen kepada umat-Nya,” terangnya.

Dia mengatakan, Tuhan tidak suka melihat orang jahat apalagi jemaat yang dikasihi-Nya. “Kembalilah kejalan yang benar melihat situasi sekarang dan yang terjadi jangan terulang kembali. Maka saudaraku jemaat di seluruh dunia, pulanglah dan marilah kita membangun HKBP kembali.

Ephorus dan Sekjen HKBP Periode 2016-2020 
Kalau tidak bisa memgasihi saudaramu bantulah melalui kasih. Bersatu kita melalui kasih Tuhan yang menyayangi umatnya, di dalam nama Tuhan Yesus Kristus,” kata Darwin mengakhiri khotbahnya.

Amatan wartawan koran ini, pelantikan Ephorus HKBP periode 2016-2020 itu sendiri dilakukan oleh Pendeta tertua di HKBP dengan usia 64 tahun 9 bulan, yaitu Pdt. Anggiat Purba yang bertugas di Resort HKBP Parapat. 

Selanjutnya Ephorus HKBP yang baru Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing melantik unsur pimpinan HKBP periode 2016-2020, yaitu : Pdt. David Sibuea sebagai Sekretaris Jendral HKBP beserta 3 Kepala Departemen, Koinonia dan 30 Distrik Praeses. (MSC) 
Share this article :

Post a Comment