Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pdt Dr David Farel Sibuea, MTh Calon Kuat Ephorus HKBP Periode 2016-2020

 Pdt David Farel Sibuea MTh DMin dan Inang.Foto Asenk Lee Saragih 

BeritaSimalungun.com-Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) akan mengadakan Sinode Godang 12-18 September 2016 dilaksanakan di Auditorium Seminarium Sipoholon, Taput, Sumatera Utara. Pdt Dr David Sibuea, MTh, D.Min yang kini menjabat sebagai Praeses HKBP Distrik Kepri dan sebelumnya sebagai pendeta Resort HKBP Tebet Jakarta kandidat kuat Ephorus HKBP Periode 2016-2020. 

Sementara calon kuat untuk menduduki jabatan Sekjen HKBP yakni Pdt Dr Fritz Sihombing sekarang ditugaskan di HKBP Distrik Jambi. (Baca Juga: Syukuran Wisuda (S3) dan HUT Ke 55 Pdt David Sibuea MTh)

Salah satu agendanya adalah pemilihan pucuk pimpinan dan 30 Pimpinan Distrik atau Praeses. Pimpinan yang akan dipilih dalam Sinode nanti adalah Ephorus dan Sekretaris Jenderal. Selanjutnya pemilihan tiga Kepala Departemen yakni Kepala Departemen Diakonia, Departemen Marturia dan    Departemen Koinonia dan terakhir pemilihan 30 orang Praeses.

Kepala Biro Informasi HKBP Pdt Bintahan Harianja, STh, MSi kepada wartawan di Pearaja, Tarutung mengatakan, sekarang ini pimpinan HKBP periode 2012-2016 masih dijabat Ephorus Pdt Willem TP Simarmata, STh, MA dan Sekjen Pdt Mori Sihombing, MTh. 

Kadep Marturia Pdt Marolop Sinaga, MTh,  Kadep Koinonia Pdt Welman Tampubolon, STh,dan  Kadep Diakonia Pdt Drs Bihelman DF Sidabutar, STh. 

Pada Sinode tahun ini Distrik HKBP sudah 30, sebelumnya masih 28, bertambah dua yakni Distrik XIX Persiapan Deliserdang dan Distrik XXX Persiapan Riau Pesisir.

Dalam Sinode nanti, diperkirakan sebanyak 11 orang pendeta senior akan meramaikan pertarungan pemilihan Ephorus dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) pada Sinode nanti, 4 calon Ephorus dan 7 calon Sekjen. 

Mereka yang disebut-sebut sebagai calon Ephorus adalah: Pdt Dr Robinson Butarbutar, Pdt Dr David Sibuea, MTh, D.Min, Pdt Dr Darwin Lumbantobing dan Pdt Saut Sirait, MTh. Sedangkan calon Sekjen adalah: Pdt Midian KH Sirait, MTh, Pdt Daniel Harahap, MTh, Pdt Maulinus Siregar, STh, Pdt Martunas Manullang, MTh, Pdt Dr Martongo Sitinjak, Pdt Dr Fritz Sihombing dan Pdt Freddy Tinambunan, STh, MM.

Pdt Bintahan Harianja mengatakan berikut 3 Kadep dan 30 Praeses tergantung suara yang mereka peroleh dari 1300 orang peserta Sinode. 

Para Sinodestan terdiri dari Pendeta Resort, utusan Distrik (Praeses), utusan Resort, Majelis Pekerja Sinode, Kepala-kepala Lembaga seperti Ketua STT, Direktur Sekolah pendeta, Badan Audit, Rektor UHN dan yang lainnya.

Pdt Dr Robinson Butarbutar, MTh, salah satu calon Ephorus sekarang ini menjabat sebagai Direktur Sekolah Pendeta di STT HKBP P Siantar. 

Sekolah Pendeta adalah yang mendidik para Guru Jemaat/Guru Injil (Voorhangeer) yang melanjutkan pendidikannya menjadi Pendeta. 

Kemudian Pdt Dr David Sibuea, MTh, D.Min sekarang sebagai Praeses Distrik Kepri dan sebelumnya sebagai pendeta Resort HKBP Tebet Jakarta. 

Sedangkan Pdt Dr Darwin Lumbantobing, MTh banyak berkecimpung di Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP P Siantar. 

Sekarang sebagai Ketua Rapat Pendeta (KRP) HKBP, sebelumnya sebagai Ketua STT HKBP P Siantar. Sedangkan Pdt Saut Hamonangan  Sirait, MTh saat ini sebagai Anggota DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). 

DKPP dibentuk untuk memeriksa, mengadili, dan memutuskan pengaduan/laporan dugaan pelanggaran  kode etik yang dilakukan anggota KPU, anggota Bawaslu, dan jajaran di bawahnya.

Calon Sekjen Martunas Manullang saat ini adalah sebagai dosen di STT HKBP P Siantar, Pdt Daniel Harahap, MTh adalah Kepala Biro Litbang Kantor Pusat HKBP di Tarutung. 

Pdt Maulinus Siregar, STh sekarang menjabat Pendeta Resort HKBP    Tanjung Sari, Pdt Martongo Sitinjak adalah dosen STT P Siantar.

Kemudian Pdt Dr Fritz Sihombing sekarang sebagai Praeses HKBP Distrik Jambi, Pdt Freddy Tinambunan, STh, MM masih menjabat sebagai Wakil Kepala Biro Personalia Kantor Pusat HKBP. Terakhir adalah Pdt Midian KH Sirait, MTh sekarang sebagai Praeses HKBP Distrik XVII Indonesia Bagian Timur.

Pdt Midian Sirait sudah tiga kali menjadi Praeses, pertama pada periode 2004-2008 menjadi Praeses Distrik X Medan-Aceh pada masa Ephorus Pdt Dr Bonar Napitupulu dan Sekjennya Pdt Willem TP Simarmata, MA. 

Ditangannya terjadi banyak pemekaran Resort di Distrik X hingga sekarang bisa memekarkan Distrik Deliserdang. Kemudian pada periode 2008-2012 di era Ephorus Pdt DR Bonar Napitupulu dan Sekjennya Pdt Marlan Hutahaean, MTh dia menjadi Kepala Percetakan HKBP di P Siantar dan kemudian dipercaya sebagai Praeses Persiapan Kaltim yang berkantor di Balikpapan. 

Pada periode 2012-2016, pimpinan Ephorus Pdt Willem TP Simarmata dan Sekjen Pdt Mori Sihombing, Midian Sirait terpilih menjadi Praeses dan ditempatkan sebagai Praeses Distrik XI Toba Hasundutan dan mendapat promosi menjadi Praeses Distrik XVII Indonesia Bagian Timur yang berkantor di Surabaya. (Berbagai Sumber/Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments