Home » , , , » Semarak Perayaan 113 Injil di Simalungun GKPS Jambi

Semarak Perayaan 113 Injil di Simalungun GKPS Jambi

Written By Beritasimalungun on Monday, 19 September 2016 | 11:25

Walaupun duduk di atas tikar di depan bangku jemaat,  anak-anak sekolah minggu antusias mengikuti ibadah Pesta Olob-olob GKPS Resort  Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota  Jambi, Minggu (18/09/2016). (Foto : Warna/Rds)
BeritaSimalungun.com, Jambi-Pesta Olob – olob (suka cita) memperingati 113 Tahun Injil di Simalungun tingkat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi yang dilaksanakan secara sederhana di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota  Jambi, Minggu (18/09/2016) tetap berlangsung semarak. 

Kendati tak menggelar acara hiburan secara gebyar dan perlombaan atau pesta paduan suara (Pesparawi) seperti Pesta Olob-olob tahun-tahun sebelumnya, warga jemaat GKPS Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan tetap mengikuti seluruh rangkaian acara dengan antusias.

Untuk memeriahkan Pesta Olob-olob GKPS Resort  Jambi  digelar juga perlombaan makan kerupuk untuk anak-anak sekolah minggu, lomba nyanyi solo pemuda dan lomba membaca dan peragaan isi Alkibat untuk bapa dan inang (bapak-bapak dan ibu-ibu), Sabtu (17/09/2016).

Pesta Olob – olob GKPS Resort Jambi tersebut juga memiliki nuansa lain berkat kehadiran belasan warga Kristen Simalungun yang tergabung dala Ikatan Keluarga Simalungun (IKS) Bayunglencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. 

Keluarga IKS Bayunglencir hadir pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi terkait dengan adanya rencana pembentukan Pos Pekabaran Inil (POS) PI GKPS di daerah tersebut. Sebelum merantau ke Bayunglencir, sebagian besar anggota IKS Bayunglencir merupakan merupakan anggota GKPS di kampung halaman.

Sementara itu ibadah Pesta Olob – olob GKPS Resort Jambi yang dihadiri sekitar 500 orang berlangsung khidmat. Ibadah yang dipimpin Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Riando Tondang, STh diisi dengan penampilan vocal grup Pemuda GKPS Persiapan Tanah Kanan, Pemuda GKPS Jambi, Wanita GKPS Sektor Korintus Jambi, Sekolah Minggu GKPS Jambi dan paduan suara Wanita GKPS Resort Jambi. Suasana ibadah Olob-olob GKPS Resort Jambi cukup meriah karena sekolah minggu turut bergabung dengan dewasa. Anak-anak sekolah minggu mengikuti ibadah dengan duduk di atas tikar di depan bangku jemaat.

Tampil sebagai  penkhotbah pada kesempatan tersebut, Pendeta GKPS Resort Bengkulu, Pdt Deddy Roni Purba, STh. Gaya berkhotbah Pdt Dedy yang kocak atau penuh humor tapi mengena membuat segenap warga jemaat yang mengikuti ibadah Olob-olob bersemangat. Kendati suasana panas menerpa selama ibadah, warga jemaat tetap antusias menyimak khotbah.

Pdt Deddy Roni Purba STh pada kesempatan tersebut mengajak warga Gereja, khususnya warga GKPS Jambi meningkatkan peran mengikis pangodoh-odohon (perbuatan tidak adil) di tengah keluarga, Gereja dan masyarakat. 

Perbuatan pangodoh-odohon, termasuk di dalamnya penipuan, memperdaya orang-orang kecil atau miskin harus dikikis terus agar setiap insane ciptaan Tuhan, termasuk keluarga Kristen bisa hidup dalam suasana penuh suka – cita.

“Siapa pun tidak bisa hidup bergembira, bersuka cita jika hidupnya tertekan batin, teraniaya dan selalu mendapatkan perlakuan tidak adil. Tuhan tidak menghendaki hal seperti  itu terjadi dalam kehidupan manusia. Karena itulah Pekabaran Injil terus dikembangkan. Melalui terang Injil, sifat tamak, sewenang-enang, tipu daya dan melecehkan orang lain bisa dikikis atau dihilangkan,”katanya.  

Sementara itu, pentas hiburan sederhana yang digelar memeriahkan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi cukup menghibur. Pada kesempatan tersebut ditampilkan tor-tor (tarian) Simalungun yang dibawakan Pemuda GKPS Jambi. 

Setelah itu dilaksanakan juga tortor bersama dan lelang untuk pengumpulan dana. Dana yang terkumpul pada Pesta Olob-olob tersebut mencapai Rp 28 juta. Untuk menggenapi suka cita jemaat pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi tersebut diadakan juga makan bersama dengan menu khas Batak, saksang, ikan mas dan daun ubi tumbuk. (Sumber: wartanasrani/Rds)


Tortor (tarian) Simalungun yang ditampilkan Pemuda GKPS Jambi menjadi hiburan pemuas rasa rindu terhadap kampung halaman Simalungun pada Pesta Olob-olob GKPS Resort  Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota  Jambi, Minggu (18/09/2016). (Foto : Warna/Rds) 
Pendeta GKPS Resort Bengkulu, Pdt Deddy Roni Purba, STh.

Warga Kristen Simalungun yang tergabung pada Ikatan Keluarga Simalungun (IKS) Bayunglencir, Kabupaten Musibanyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, sekitar dua jam dari Kota Jambi, turut menghadiri pada Pesta Olob-olob GKPS Resort  Jambi di GKPS Jambi, Kotabaru, Kota  Jambi, Minggu (18/09/2016). (Foto : Warna/Rds)

Pendeta GKPS Resort Bengkulu, Pdt Deddy Roni Purba, STh (paling kanan) bersama Jemaat GKPS Resort Jambi. Ist

Share this article :

Post a Comment