Home » , » Bangun Jalan, Prioritas Kegiatan TMMD di Simalungun

Bangun Jalan, Prioritas Kegiatan TMMD di Simalungun

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 19 October 2016 | 22:45

Pengerjaan proyek fisik TMMD (foto : Penrem 022/PT)
BeritaSimalungun.com, Haranggaol-"Dengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, kita wujudkan percepatan desa membangun Indonesia guna meningkatkan kesejahteraan rakyat".

Demikian tema yang diusung pada pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 97 Kodim 0207/Simalungun 2016, Jumat (23/9/2016).

Kegiatan TMMD sudah menjadi program prioritas pemerintah yang melibatkan TNI, Polri dan instansi terkait lainnya, mengingat kegiatan TMMD selalu mengedepankan kepentingan masyarakat dan membutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat guna memelihara kemitraan, kemandirian serta menuju kearah perubahan sikap, kemajuan wilayah dan taraf hidup masyarakat.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni Kristiyono Goendong mengungkapkan pada pelaksaanaan kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Kelurahan Haranggaol Nagori Binangara, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun ini ada dua sasaran utama, yaitu fisik dan non fisik.

Untuk sasaran fisik diarahkan kepada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang langsung menyentuh kepada kepentingan masyarakat.

Sedangkan pada sasaran kegiatan non fisik, diarahkan pada kegiatan yang dapat mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

Apabila sasaran ini tercapai maka akan mendorong terwujudnya keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mobilisasi sudah mencapai 100%, secara fisik berupa pembukaan badan jalan P:10,3 KM, L:12 M = 7.500M (72,82%) serta pembangunan jembatan dengan ukuran 4 M x 5,5M sebanyak 2 buah = (32%), pembangunan gorong-gorong 15 buah sudah mencapai 20 %, serta pembangunan tembok penahan 55 meter dan galian parit drainase 4.688 meter.

“Untuk kegiatan non fisik berupa sosialisasi atau pemberian penyuluhan kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, aparat desa, aparat kecamatan dan pelajar, kegiatan fisik dan non fisik ini melibatkan seluruh unsur-unsur TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Simalungun, Keberhasilan TMMD sangat ditentukan oleh kerjasama dari semua instansi terkait dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat,” ungkap Dandim.

Prioritaskan Pembangunan Badan Jalan

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Kodim 0207/Simalungun TA. 2016 dilaksanakan berdasarkan program terpadu lintas sektoral. TMMD melibatkan semua unsur yang ada di daerah dalam usaha untuk mempercepat pengentasan kemiskinan, pemerataan dan akselerasi pembangunan.

TMMD menyentuh kepentingan dan kebutuhan hidup masyarakat terutama yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dengan intensifikasi pertanian, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Jumat (23/9/2016).

Pada pelaksanaan sasaran fisik TMMD ke-97 Simalungun, Pasiter Kodim 0207/Simalungun Kapten Czi Nyoto mengungkapkan, prajurit berbaur dengan kompak bersama masyarakat Haranggaol.

Mereka bekerja dengan gotong royong dan saling bantu serta dilaksanakan tahap demi tahap sesuai program yang ditentukan oleh komando atas guna penyelesaian pengerjaan pembangunan tersebut. Di samping itu juga peran serta masyarakat ikut turut berpartisipasi sehingga pelaksanaan program TMMD menjadi ringan dan penuh semangat.

“Adapun tujuan diselenggarakannya TMMD yang dipusatkan di Kecamatan Haranggaol Horison untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini melalui pembangunan baik yang bersifat fisik maupun non fisik serta untuk memantapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ungkap Nyoto. (Rel)
Share this article :

Post a Comment