Info Terkini

10/recent/ticker-posts

6 Momen Kunci dari Popularitas Meme "Om Telolet Om"



Anak sekolah menuliskan pesan "Om Telolet Om" agar pengemudi bus membunyikan klakson di Jalan Sudirman, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 21 Desember 2016.

Anak sekolah menuliskan pesan "Om Telolet Om" agar pengemudi bus membunyikan klakson di Jalan Sudirman, Bekasi, Jawa Barat, Rabu 21 Desember 2016. (Antara)

BeritaSimalungun.com-Jakarta - Siapa sangka permainan iseng anak-anak Indonesia, "Om Telolet Om," bisa menggemparkan dunia maya? Awalnya seruan "Om Telolet Om" berasal dari anak-anak kecil yang mencari kesenangan saat liburan sekolah dengan meminta sopir bus yang lewat untuk membunyikan klakson busnya yang sangat khas itu.

Para pemburu "telolet" ini pertama kali muncul di jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) pada Mei 2016, namun baru menjadi tren di dalam negeri pada akhir November 2016.

Sekarang "Om Telolet Om" sudah menjadi meme yang kerap dibagikan oleh para pengguna media sosial. Viral meme tersebut juga ditandai dengan momen-momen seru yang melibatkan artis, olahragawan, dan politisi mancanegara. Berikut momen-momen terbaik dari perjalanan meme "Om Telolet Om."

Bahkan tak jarang orang menjadikan fenomena ini sebagai tantangan bagi rekan-rekan mereka, seperti halnya tantangan mannequin atau ice bucket challenge yang populer beberapa bulan lalu. Berikut momen-momen terbaik yang menjadikan fenomena "Om telolet Om" mendunia.

Keceriaan Anak-anak Pantura
Anak-anak Pantura-lah yang menjadi asal-muasal meme ini. Sejak pertengahan tahun ini, mereka memiliki kebiasaan menunggu bus lewat di pinggir jalan Pantura sambil membawa kardus atau kertas bertuliskan "Om Telolet Om." 

Ketika "bus telolet" lewat, mereka akan berteriak "Om Telolet Om" supaya sopirnya mau membunyikan klakson. Kebiasaan ini sempat beberapa kali direkam menggunakan smartphone lalu diunggah ke media sosial, sehingga mulai populer sejak November lalu.

Remix Lagu Buatan DJ Tersohor
Orang Indonesia patut diacungi jempol karena kegigihannya mengirim meme "Om Telolet Om" ke akun Twitter berbagai disc jockey (DJ) terkenal mancanegara, seperti The Chainsmokers, Zedd, dan Dillon Francis. 

Ternyata para DJ tersebut lebih "gila" lagi karena selain mem-posting tweet berisikan "Om Telolet Om", mereka juga membuat remix lagu dari suara klakson bus tersebut. 

Bahkan duo DJ Riggi dan Piros pun sampai berniat mengadakan tur dengan nama "Om Telolet Om" dan membuat kaus dari meme tersebut. Portal berita Billboard.com pun sampai membuat daftar 6 remix terbaik "Om Telolet Om".

Presiden Juga Menjadi Sasaran
Sempat beredar sebuah screenshot dari tweet Presiden Obama yang mengatakan,"I think 'Telolet' is a new weapon from Indonesia. OMG" (Saya rasa "Telolet" adalah senjata baru dari Indonesia. Ya ampun). 

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, tweet tersebut tidak ditemukan di akun Twitter Obama, entah sudah dihapus atau sebenarnya hanya pengeditan netizen saja. Yang jelas, saat ini netizen masih ramai membombardir kolom komentar di akun Instagram Obama, Jokowi, dan juga Donald Trump.

Kegilaan Tim Sepakbola Eropa

Para olahragawan, tepatnya pemain sepakbola, juga ikut demam "Om Telolet Om. Klub sepakbola asal Spanyol, Real Madrid, mengunggah foto Cristiano Ronaldo dengan piala, yang ber-caption "Om Telolet Om". 

Klub sepakbola Tottenham Hotspur asal Inggris pun tidak mau kalah dengan ikut mem-posting video berisikan para pemainnya di dalam bus. Tim asal Jerman, Bayern Muenchen, juga mengunggah video serupa. Bus yang berisikan para pemain mencoba membunyikan klaksonnya, tetapi sayang tidak berbunyi "telolet".

Kontes Bus Telolet
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa ia akan menggelar kontes "bus telolet" yang kemungkinan akan dilaksanakan tiga minggu lagi. Seperti apa kira-kira jalannya kontes tersebut? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Wifi First Media
First Media yang menyediakan layanan TV berlangganan dan broadband internet, juga terkena virus "Om Telolet Om." 

Potongan gambar di atas menunjukkan nama wifi First Media di kantornya yang bertempat di BeritaSatu Plaza. Provider internet tentunya harus update dengan tren terbaru di dunia maya.

Euforia "Om Telolet Om" sepertinya tidak akan berakhir dalam waktu dekat, terutama setelah melihat antusiasme para musisi, baik di Indonesia maupun mancanegara. Demikian juga dengan kontes yang bakal digelar menteri perhubungan. Apakah Anda tertarik untuk ikut meramaikan, atau malah terinspirasi untuk membuat karya seni dari meme ini?

(BeritaSatu.com)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments