Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Deli Serdang

BeritaSimalungun.com, Medan- Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 menangkap seorang terduga teroris di Desa Ajibaho Kecamatan Biru Biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (21/12/2016).

Penangkapan itu diduga berdasarkan pengembangan dari lanjutan pemeriksaan terhadap terduga teroris yang merencanakan aksi teror di Istana Negara dan rumah ibadah saat perayaan Natal.

"Memang ada penangkapan. Tugas kami membantu melakukan pengamanan. Terduga teroris yang ditangkap sedang diinterogasi Densus," ujar Kapolres Deli Serdang, AKBP Robert Da Costa.

Namun, Robert tidak memberikan penjelasan lebih rinci atas penangkapan terduga teroris tersebut. polisi meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi adanya aksi teror dari kelompok aliran keras itu.

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan meminta seluruh camat, lurah sampai kepala desa untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pendatang baru di daerah tersebut.

"Mulai dari kepala desa sampai kepala dusun, sebaiknya memperhatikan wilayahnya masing - masing," ujar Anshari Tambunan melalui juru bicaranya, Haris Binar Ginting, Rabu (21/12).

Ditambahkan, seluruh perangkat pemerintahan terkecil di daerah, sebaiknya memantau setiap pendatang baru. Untuk melakukan ini, perangkat daerah itu sebaiknya merangkul masyarakat.

"Peranan masyarakat untuk mencegah masuknya kelompok teroris, seperti penangkapan yang dilakukan Densus 88, sangat besar. Jangan sampai masyarakat kecolongan," katanya.

Menurutnya, kepala dusun maupun kepala desa segera mengidentifikasi setiap pendatang baru di wilayahnya masing - masing. Masyarakat pun perlu dilibatkan dalam melakukan pengawasan.

Teroris di 4 Wilayah

Detasemen Khusus (Densus) Anti-teror 88 Polri menggerebek sebuah rumah kontrakan yang berisi kawanan terduga teroris, di Babakan, Setu, Tangerang Selatan, Rabu (21/12). Tiga orang terduga teroris tewas dalam penggerebekan tersebut. Satu orang teroris masih hidup. Polisi juga menemukan bom dalam penggerebekan tersebut.

Kepala Biro Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, penggerebekan tersebut merupakan tindak lanjut dari penangkapan kelompok teroris pada sejumlah lokasi di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan akan menuju lokasi tempat kejadian perkara untuk mengecek sejauh mana penggerebekan tersebut.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan mengatakan, di Tangerang, dari hasil penggerebekan tersebut, ditemukan beberapa barang bukti berupa benda yang diduga rakitan bom, selongsong peluru.

Dijelaskannya, proses penggerebekan rumah terduga teroris dilakukan pada Rabu (21/12) sekitar pukul 09.00 WIB di sebuah kontrakan yang berlamat di RT 002/RW 01 desa Babakan, kecamatan Setu.

Tiga Terduga Teroris Tewas, 1 Diamankan di Tangerang Selatan

Detasemen Khusus 88/Antiteror melakukan penggerebekan terduga teroris di Kampung Curug RT 2 RW 1, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Dalam penggrebekan yang diwarnai baku tembak itu satu orang terduga teroris berinisial A diamankan sementara tiga terduga teroris lainnya berinisial O, I, dan H tewas.

"Ada empat orang di dalam rumah itu, tiga tewas dan satu berhasil diamankan," kata Kepala Bagian Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono di Mabes Polri Rabu (21/12).

Saat ini, Awi melanjutkan, pihaknya tengah menunggu informasi lebih lanjut dari TKP terkait peristiwa penggerebekan tersebut. Termasuk plot pelaku teror, jaringan, dan barang buktinya. (SP)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments