. Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Deli Serdang | BeritaSimalungun
Home » , » Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Deli Serdang

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Deli Serdang

Written By Beritasimalungun on Monday, 26 December 2016 | 09:40

BeritaSimalungun.com, Medan- Detasemen Khusus (Densus) Antiteror 88 menangkap seorang terduga teroris di Desa Ajibaho Kecamatan Biru Biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (21/12/2016).

Penangkapan itu diduga berdasarkan pengembangan dari lanjutan pemeriksaan terhadap terduga teroris yang merencanakan aksi teror di Istana Negara dan rumah ibadah saat perayaan Natal.

"Memang ada penangkapan. Tugas kami membantu melakukan pengamanan. Terduga teroris yang ditangkap sedang diinterogasi Densus," ujar Kapolres Deli Serdang, AKBP Robert Da Costa.

Namun, Robert tidak memberikan penjelasan lebih rinci atas penangkapan terduga teroris tersebut. polisi meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi adanya aksi teror dari kelompok aliran keras itu.

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan meminta seluruh camat, lurah sampai kepala desa untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pendatang baru di daerah tersebut.

"Mulai dari kepala desa sampai kepala dusun, sebaiknya memperhatikan wilayahnya masing - masing," ujar Anshari Tambunan melalui juru bicaranya, Haris Binar Ginting, Rabu (21/12).

Ditambahkan, seluruh perangkat pemerintahan terkecil di daerah, sebaiknya memantau setiap pendatang baru. Untuk melakukan ini, perangkat daerah itu sebaiknya merangkul masyarakat.

"Peranan masyarakat untuk mencegah masuknya kelompok teroris, seperti penangkapan yang dilakukan Densus 88, sangat besar. Jangan sampai masyarakat kecolongan," katanya.

Menurutnya, kepala dusun maupun kepala desa segera mengidentifikasi setiap pendatang baru di wilayahnya masing - masing. Masyarakat pun perlu dilibatkan dalam melakukan pengawasan.

Teroris di 4 Wilayah

Detasemen Khusus (Densus) Anti-teror 88 Polri menggerebek sebuah rumah kontrakan yang berisi kawanan terduga teroris, di Babakan, Setu, Tangerang Selatan, Rabu (21/12). Tiga orang terduga teroris tewas dalam penggerebekan tersebut. Satu orang teroris masih hidup. Polisi juga menemukan bom dalam penggerebekan tersebut.

Kepala Biro Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Rikwanto mengatakan, penggerebekan tersebut merupakan tindak lanjut dari penangkapan kelompok teroris pada sejumlah lokasi di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan akan menuju lokasi tempat kejadian perkara untuk mengecek sejauh mana penggerebekan tersebut.

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ayi Supardan mengatakan, di Tangerang, dari hasil penggerebekan tersebut, ditemukan beberapa barang bukti berupa benda yang diduga rakitan bom, selongsong peluru.

Dijelaskannya, proses penggerebekan rumah terduga teroris dilakukan pada Rabu (21/12) sekitar pukul 09.00 WIB di sebuah kontrakan yang berlamat di RT 002/RW 01 desa Babakan, kecamatan Setu.

Tiga Terduga Teroris Tewas, 1 Diamankan di Tangerang Selatan

Detasemen Khusus 88/Antiteror melakukan penggerebekan terduga teroris di Kampung Curug RT 2 RW 1, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Dalam penggrebekan yang diwarnai baku tembak itu satu orang terduga teroris berinisial A diamankan sementara tiga terduga teroris lainnya berinisial O, I, dan H tewas.

"Ada empat orang di dalam rumah itu, tiga tewas dan satu berhasil diamankan," kata Kepala Bagian Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiyono di Mabes Polri Rabu (21/12).

Saat ini, Awi melanjutkan, pihaknya tengah menunggu informasi lebih lanjut dari TKP terkait peristiwa penggerebekan tersebut. Termasuk plot pelaku teror, jaringan, dan barang buktinya. (SP)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.