Home » , , » Kerjasama dengan UEM, HKBP Peringati Hari Perubahan Iklim Dunia di Pangururan

Kerjasama dengan UEM, HKBP Peringati Hari Perubahan Iklim Dunia di Pangururan

Written By Beritasimalungun on Monday, 12 December 2016 | 06:12

Biopori: Wakil Kepala Departemen Asia UEM Pdt Petrus Sugito didampingi Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt Debora Sinaga MTh membuat lubang biopori di halaman HKBP Bolon Pangururan pada peringatan Hari Perubahan Iklim Dunia, Minggu (4/12/2016). SIB

BeritaSimalungun.com, Samosir-Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Bolon Pangururan memperingati "Hari Perubahan Iklim Dunia " dipimpin oleh Kepala Departemen Diakonia Pdt Debora Sinaga MTh didampingi Pdt Petrus Sugito, Pdt Erwin Hutauruk STh staf khusus Diakonia dan Pdt HKBP Bolon Pangururan Ramli Sihombing STh, pada Minggu (4/12/2016).

Sebelum ibadah, diawali dengan acara peringatan hari perubahan iklim dunia, para pendeta bersama ruas (jemaat) membuat sumur resapan (lubang biopori) dan menanam pohon di seputar lokasi  HKBP Bolon Jalan Gereja Pangururan.

Di sela-sela acara penanaman pohon sekaligus dibuat pelatihan singkat pembuatan sumur resapan atau biopori membantu penyerapan air sekaligus bentuk kepedulian memelihara bumi yang kita tinggali.

Dalam khotbahnya Wakil Kepala Departemen Asia UEM (United Evangelical Mission)  Pdt Petrus Sugito menyebutkan, manusia tentunya menginginkan hidupnya berkelanjutan, dan begitu juga ciptaan Tuhan yang lainnya perlu juga berkelanjutan karena itu kita harus menggunakan dan memeliharanya dengan baik.

Sementara itu Pdt HKBP Bolon Resort Pangururan Ramli Sihombing yang ditemui SIB, Kamis (8/12/2016) di kediamannya Jalan Gereja Pangururan mengatakan pembuatan sumur resapan tersebut adalah untuk membantu  penyerapan air ke perut bumi. 

"Pembuatan sumur resapan sudah dilaksanakan di lokasi gereja namun yang sukses masih di satu lokasi sementara lokasi lainya tanahnya bercampur batu jadi tidak bisa dan nanti akan dilaksanakan lagi di lokasi gereja HKBP lainnya," sebut Pdt Ramli.

Lebih lanjut Pdt Ramli mengatakan bahwa pembuatan sumur resapan tersebut adalah  atas usulan dari Departemen Diakonia HKBP kantor pusat bekerjasama dengan UEM Regional Asia  seiring  terjadinya musim kering yang melanda wilayah Samosir satu tahun terakhir ini.

"Acara peringatan Hari Perubahan Iklim Dunia  dengan thema perobahan iklim diwarnai dengan  penanaman pohon untuk penghijauan HKBP Bolon Pangururan dan selanjutnya akan dilakukan penanaman pohon ke gereja HKBP lainnya sekaligus pembuatan sumur resapan," ujar Pdt Ramli.(SIB)
Share this article :

Post a Comment