. Bupati Simalungun JR Saragih Baru Punya Niat Kembangkan Obyek Wisata Tinggi Raja | BeritaSimalungun
Home » , , » Bupati Simalungun JR Saragih Baru Punya Niat Kembangkan Obyek Wisata Tinggi Raja

Bupati Simalungun JR Saragih Baru Punya Niat Kembangkan Obyek Wisata Tinggi Raja

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 31 January 2017 | 09:18

Panorama Air hangat Tinggi Raja Silaukahean, Kabupaten Simalungun. Dok BS

BeritaSimalungun.com, Silaukahean
-Bupati Simalungun JR Saragih baru punya niat untuk mengembangkan obyek Wisata Air Panas Tinggi Raja di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Padahal Obyek wisata itu sudah menjadi andalan tanpa pembangunan di Simalungun selama ini.

Selain memiliki destinasi wisata Danau Toba yang sudah mendunia, juga memiliki obyek wisata air hangat Tinggi Raja yang telah berumur ratusan tahun di Kecamatan Silau Kahean. Namun, masih harus dikembangkan dengan akses dan fasilitas untuk para wisatawan yang datang.(Baca Juga: Aset Pariwisata Simalungun Yang Terabaikan)

Bupati Simalungun, JR Saragih dalam kunjungan kerjanya bersama beberapa Kepala Dinas terkait,  Senin (30/01/2017) di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun mengatakan, upaya pengembangan ini juga akan berkesinambungan dengan upaya percepatan pembangunan infrastruktur ke destinasi wisata utama yaitu Danau Toba. Terlebih lagi upaya ini sudah menjadi program nasional melalui pemerintah pusat.(Baca Juga:Kawah Putih Tinggi Raja Tak Boleh Dikelola Jadi Obyek Wisata)

“Tiga Raja ini nantinya akan kami tata menjadi desa wisata dengan akan dibangun rumah adat Simalungun, wahana permainan, penginapan sekaligus permandian air panas yang melibatkan masyarakat hingga kantor Dinas Pariwisata untuk memantau langsung seluruh aktifitas wisata disini,” tegas Bupati Simalungun.

“Yang pertama tentunya akses atau jalan menuju Tiga Raja yang akan dikembangkan dan dibenahi. Karena melalui jalan ini juga dapat menuju bandara Kualanamu dengan jarak 80 KM saja. Dengan target dimulainya pekerjaan pada tahun ini juga,” papar JR Saragih.(Baca Juga: Melihat Keajaiban Kawah Biru Tinggi Raja Simalungun)

Ditambahkan juga oleh JR Saragih, nantinya di sekeliling obyek wisata air hangat Tinggi Raja akan dihijaukan hingga menjadi latar belakang hutan alami dengan kerindangan pohon-pohon yang asri nan menyegarkan.(Baca Juga: Pemkab Simalungun Abaikan Obyek Wisata Tinggi Raya Kawah Putih)

Sementara dari Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman, Benny Saragih turut menjelaskan, pengembangan obyek wisata Tiga Raja menjadi desa wisata ini akan mengunakan dana dari APBD Kabupaten Simalungun tahun 2017 yang juga harus selesai pada tahun ini dengan perkiraan sebesar Rp 35 Milyar. Dan akan dibuka tendernya pada bulan Maret mendatang.


“Selain untuk pelebaran dan perbaikan jalan, mulai dari Simpang Pangarubuan di Pematang Raya ke Wiahaan kemudian Simpang Uluan hingga Nagari Dolok. Dana tersebut juga akan digunakan untuk pembuatan gapura selamat datang di desa wisata hingga tulisan-tulisan besar di bukit-bukit sebagai penunjuk arah menuju Tiga Raja untuk dapat memudahkan para wisatawan,” tutup Benny. (SM)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.