}); Dukung Destinasi Danau Toba, Pemkab Simalungun Beli Speedboat dan JetSki | BeritaSimalungun
Home » , » Dukung Destinasi Danau Toba, Pemkab Simalungun Beli Speedboat dan JetSki

Dukung Destinasi Danau Toba, Pemkab Simalungun Beli Speedboat dan JetSki

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 31 January 2017 | 19:46

Rocket Boat - Speed Boat Cruises - Virginia Bea. Google.

Pemilik Hotel-Restoran di Parapat Diminta Patuh Kepada Kebijakan JR Saragih

BeritaSimalungun.com, Parapat-Guna mendukung destinasi wisata Daau Toba di Parapat Simalungun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun akan membeli  Speedboat dan JetSki untuk disewakan kepada wisatawan. Kedua penunjang wisata itu akan direalisasikan tahun 2017 ini juga.

Sementara itu, pemilik hotel, restoran dan kafe yang posisinya berada di pinggiran atau di bibir Danau Toba Parapat diminta untuk patuh terhadap kebijakan Bupati Simalungun JR Saragih. Karena Pemkab Simalungun melarang pemilik usaha untuk mengklaim jalan menuju ke tempat usaha yang dikelola adalah bagian kawasannya.

“Kita sudah mulai sosialisasikan ke para pemilik hotel, kafe maupun resto yang posisinya di bibir Danau Toba. Mereka tidak berhak mengklaim bahwa jalan ini bagian dari kawasan mereka. Kami tegaskan bahwa kawasan Danau Toba adalah milik pemerintah,” ujar Bupati Simalungun Jopinus Ramli  (JR) Saragih saat meninjau kawasan infrastrukur Danau Toba Parapat, Jumat 27/1/2017) lalu.

Menurut JR Saragih, para wisatawan kerab mengeluh atau merasakan adanya sekat disaat mereka berwisata ke Parapat. Itu dilakukan agar wisatawan dapat mengakses secara bebas dan tidak tersekat-sekat.

Pemerintah Kabupaten Simalungun kata dia terus berupa mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata unggulan. Konsepnya, bagaimana wisatawan betah dan rindu akan Danau Toba yang berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian masyarakat.

JR Saragih yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara terpilih ini mengatakan, dalam tiga tahun terakhir pihaknya fokus membenahi Parapat dan kawasan Danau Toba. Dan tahun 2017 ini Pemkab Simalaungun tengah mengerjakan lima hal. Salah satunya adalah memindahkan kantor Dinas Pariwisata dari Pamatangraya ke Parapat. Kemudian, rencana membangun wahana permainan anak.

“Orang tua mereka dapat menikmati Danau Toba, kemudian anak-anak dapat menikmati wahana bermain secara nyaman dan aman,” katanya.

Selain itu, tahun 2017 ini, Pemkab Simalungun tengah menyiapkan speedboat besar yang diperuntukan bagi wisatawan yang ingin mengelilingi Danau Toba secara aman, nyaman dan elegan.

“Sampai akhir tahun 2017, Pemkab Simalungun menargetkan speedboat tersebut sudah dapat dinikmati wisatawan. Dan kami pun menyiapkan Jet Ski untuk olah raga air, bagi para wisatawan,”tandasnya.


Upaya lain yang akan diwujudkan oleh JR Saragih dalam mengelola destinasi Danau Toba adalah membangun Kedai Kuliner dengan ciri khas Simalungun di kawasan Parapat. “Simalungun, memiliki kuliner khas, diantaranya dolung-dolung, kopi, teh, dll. Jadi, nanti wisatawan itu dapat menikmati kuliner sambil manortor,” ujarnya. (BS-1)
Share this article :

Post a Comment