}); Rancangan Pembangunan Desa di Simalungun Disosialisasikan | BeritaSimalungun
Home » , , , » Rancangan Pembangunan Desa di Simalungun Disosialisasikan

Rancangan Pembangunan Desa di Simalungun Disosialisasikan

Written By Beritasimalungun on Thursday, 26 January 2017 | 08:28

Sosialisasi Penyusunan RPJMDes Kabupaten Simalungun.IST
BeritaSimalungun.com, Raya-Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Simalungun menggelar Sosialisasi Penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) kepada seluruh Desa di Kabupaten Simalungun. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 23-25 Januari 2017 bertempat di Auditorium Johan G Garingging Simalungun City Hotel Pematang Raya.

Para peserta terdiri camat, pangulu, bendahara desa, PD, dan PLD yang dibagi dalam tiga gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh 12 Kecamatan, gelombang kedua 12 Kecamatan, dan gelombang ketiga 7 Kecamatan.

JR Saragih Bupati Simalungun menyampaikan, perlunya Sinkronisasi Rencana Pembangunan Kabupaten dengan Pembangunan Desa. “Pembangunan infrastruktur jalan bersifat tuntas per ruas jalan,” katanya, Selasa (24/1/2017).

Bappeda menyampaikan materi Digitasi bank data perencanaan pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa. Pemerintah nmanagori perlu menyampaikan rencana untuk diinput ke peta digital.

Sementara itu, BPMPN menyampaikan materi Pengelolaan Dana Desa (DD) Simalungun.

Menurut BPMPN, dari tahun 2015-2017 terus meningkat. Pengelolaan tahun ini akan tertib administrasi. Penyusunan RPJMDes termasuk dalam Kewenangan desa sesuai dengan visi kerja mengabdi desa sesuai nawacita point ketiga. 

Wewenang desa sesuai 4 bidang, yaitu penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Seluruh proses perencanaan harus terekam.

Acara ini bertujuan untuk memperlengkapi Pemerintah Desa menyusun perencanaan Pembangunan Desa sesuai dengan kewenangannya dengan mengacu pada perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota.(SD)
Share this article :

Post a Comment