Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Unimed Satu-satunya Kampus Akreditasi A di Sumut

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. 
BeritaSimalungun.com, Medan-Universitas Negeri Medan (Unimed) menggoreskan sejarah baru. Setelah enam dekade bergerilya di jalur pendidikan, kali ini kampus hijau sukses menunjukkan keperkasaannya dengan menyabet akreditasi A untuk institusi.

Kabar gembiranya lagi, Unimed satu-satunya institusi pendidikan tinggi di Sumatera Utara yang meraih akreditasi A, mengungguli berbagai Perguruan Tinggi lainnya di Sumut.

Tak pelak, seluruh civitas akademika Unimed dilabur rasa bangga. Ini bagai kemarau setahun yang disiram hujan sehari. Segala perjuangan yang melelahkan pada akhirnya berujung manis.

Rektor Unimed senang dan bangga atas capaian ini. Kendati bangga dan senang, prestasi ini sekaligus juga menjadi pelecut semangat. “Kami semakin termotivasi untuk memberikan layanan akademik dan semakin mendatangkan salam sejahtera bagi bangsa Indonesia, khususnya Sumatera Utara,” kata Rektor melalui Humasnya M Surip.

Informasi ini, terang Surip, diumumkan langsung oleh Menristek Dikti di Jakarta, Rabu (28/12/2016) sekitar pukul 20.00 WIB. Informasi ini resmi dikirim oleh Dr Zainuddin Mukhtar, Staf Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Abdul Hamid M.Pd ke pihak Humas Unimed.

Lebih jauh Surip menjelaskan, raihan ini tak lepas dari kerja keras pimpinan Unimed, khususnya Rektor Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Ia berjerih lelah, mempersiapkan tim, membangun sarana-prasarana, membangun kapasitas dosen, dan membantu kelengkapan berkas-berkas. “Luar biasa perjuangan Pak Rektor. Ia bahkan ikut terjun,” puji Surip.

Surip menambahkan, capaian prestasi ini sebenarnya kejelian dan kehebatan Syawal Gultom  memberdayakan program Kemenristekdikt yang memberikan kesempatan bimbingan teknis kepada 30 PTN/PTS yang nilai akreditasi institusinya mendekati A.

“Ketiga puluh institusi ini dikumpulkan, lalu diberi bimbingan teknis. Ini  kerjasama antara Kemristekdikti dengan BAN PT. 30 PTN/PTS ini lalu diberi waktu sekitar 6 bulan untuk membenahi kampusnya masing-masing, sebelum divisitasi,” terangnya.

Setelah itu diuji, hasilnya, ternyata hanya 50 persen PTN/PTS yang berhasil meraih Akreditasi A. Unimed salah satunya yang sukses menunjukkan sekelabat gemilangnya. Unimed benar-benar mampu memenuhi semua  standar dari BAN PT dengan skor terbaik. Akreditasi Unimed pun kini sejajar dengan kampus-kampus ternama sepasti UI atau ITB. (BS-2/SD)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments