. JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , » JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut

JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut

Written By Beritasimalungun on Saturday, 25 March 2017 | 21:13

JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut

Bupati JR Saragih didampingi istri bersama Wakil Bupati Amran Sinaga dan Wakil Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani menghadiri acara Gebyar Budaya Simalungun.(Istimewa)
  
Bupati JR Saragih bersama Wakil Bupati Amran Sinaga dalam acara Gebyar Budaya Simalungun.(Istimewa)
BeritaSimalungun.com, Medan-Bupati Simalungun JR Saragih mendapat “panggung” dalam “promo” “Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017 di Kota Medan, Jumat (24/3/2017). Kabupaten Simalungun siap berpesta kekayaan budaya, pariwisata dan alam di PRSU 2017.

Di malam Pesta Budaya Kabupaten Simalungun yang dilakukan di PRSU di Medan dibuka oleh Bupati Simalungun JR Saragih dan Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga. Kemeriahan ini diwarnai dengan beberapa tarian diantaranya tarian Tor-tor sombah, tarian Haroan Bolon hingga para finalis puteri Pariwisata Simalungun. Tak ketinggalan Bupati Simalungun JR Saragih juga menyumbang satu lagu yang berjudul Elvi.

Pahala Sinaga selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun menuturkan, melalui PRSU 2017 ini bisa memajukan pariwisata sebagai unggulan dan daya tarik untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak.

“Kita ingin terus mempromosikan media dan budaya dari seluruh etnis dan budaya di Simalungun, sebagai rekreasi masyarakat Simalungun dan Sumatera Utara. Kita juga mengajak investor untuk datang ke Simalungun," katanya.

Sementara Wakil Bupati Amran Sinaga menambahkan, berbagai kegiatan yang dilakukan di PRSU 2017 ini dikemas melalui budaya Simalungun selain potensi daerah, yakni potensi pertanian hingga industri lainnya bisa ditunjukkan kepada khalayak Sumatera Utara.

“Ini lah Simalungun dengan 31 kecamatan yang kaya beragam sektor mulai dari 70 persen diisi pertanian, belum lagi potensi lainnya. Kita ingin investor welcome untuk memberikan harapan dalam memajukan Simalungun khususnya di pariwisata," lanjutnya.

Amran mengutarakan, Simalungun juga menjadi tuan rumah di Pra Musrenbang yang diadakan di Parapat, Kecamatan Girsang Sirpangan Bolon. Dengan masuk di zona dataran tinggi maka diperlihatkan pula keindahan dFanau Toba melalui Parapat.

Menurutnya, potensi ini terus dikembangkan melalui budaya daerah dan di seluruh hotel di Parapat juga dipenuhi dengan pakaian adat, sehingga nilai budaya sangat kental serta memiliki ciri khas. "Marilah diikuti dengan seksama dan akan bisa menghibur masyarakat Simalungun dan provinsi Sumatera Utara," tuturnya.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun juga angkat bicara dalam PRSU ini. Menurut Dadang Pramono dari Komisi IV menuturkan, melalui PRSU ini bisa membuat masyarakat di seluruh Sumatera Utara semakin mencintai budaya Simalungun, sehingga bisa memberikan energi positif sebagai pendukung pariwisata Danau Toba.

Dadang menuturkan, melalui budaya akan bisa menunjukkan moral bangsa, karena budaya itu santun, bisa menggugah perasaan, serta Simalungun terangkat dengan budaya. Apalagi, di seluruh hotel di Simalungun khususnya di Parapat menggunakan atribut pakaian budaya Simalungun.

"Dengan adanya atribut Simalungun, maka akan memudahkan mengenalkan kepada wisatawan bukan sebatas atribut tapi bisa menjelaskan arti pakaian adat yang dipakai," tegasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun lainnya yakni John Damanik menambahkan. PRSU 2017 menjadi modal utama untuk Simalungun sebagai tuan rumah guna mengembangkan budaya yang berkaitan dengan destinasi Badan Otorita Toba.


“Kita berharap PRSU tidak hanya dilakukan di Kota Medan saja melainkan di tempat wisata khususnya Danau Toba, sehingga akan memancing wisatawan datang lebih besar lagi," ucap anggota dewan pria dari Partai Gerindra tersebut. (BS)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.