Info Terkini

10/recent/ticker-posts

JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut

JR Saragih “Promo Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumut

Bupati JR Saragih didampingi istri bersama Wakil Bupati Amran Sinaga dan Wakil Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani menghadiri acara Gebyar Budaya Simalungun.(Istimewa)
  
Bupati JR Saragih bersama Wakil Bupati Amran Sinaga dalam acara Gebyar Budaya Simalungun.(Istimewa)
BeritaSimalungun.com, Medan-Bupati Simalungun JR Saragih mendapat “panggung” dalam “promo” “Semangat Baru Sumut” di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2017 di Kota Medan, Jumat (24/3/2017). Kabupaten Simalungun siap berpesta kekayaan budaya, pariwisata dan alam di PRSU 2017.

Di malam Pesta Budaya Kabupaten Simalungun yang dilakukan di PRSU di Medan dibuka oleh Bupati Simalungun JR Saragih dan Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga. Kemeriahan ini diwarnai dengan beberapa tarian diantaranya tarian Tor-tor sombah, tarian Haroan Bolon hingga para finalis puteri Pariwisata Simalungun. Tak ketinggalan Bupati Simalungun JR Saragih juga menyumbang satu lagu yang berjudul Elvi.

Pahala Sinaga selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun menuturkan, melalui PRSU 2017 ini bisa memajukan pariwisata sebagai unggulan dan daya tarik untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak.

“Kita ingin terus mempromosikan media dan budaya dari seluruh etnis dan budaya di Simalungun, sebagai rekreasi masyarakat Simalungun dan Sumatera Utara. Kita juga mengajak investor untuk datang ke Simalungun," katanya.

Sementara Wakil Bupati Amran Sinaga menambahkan, berbagai kegiatan yang dilakukan di PRSU 2017 ini dikemas melalui budaya Simalungun selain potensi daerah, yakni potensi pertanian hingga industri lainnya bisa ditunjukkan kepada khalayak Sumatera Utara.

“Ini lah Simalungun dengan 31 kecamatan yang kaya beragam sektor mulai dari 70 persen diisi pertanian, belum lagi potensi lainnya. Kita ingin investor welcome untuk memberikan harapan dalam memajukan Simalungun khususnya di pariwisata," lanjutnya.

Amran mengutarakan, Simalungun juga menjadi tuan rumah di Pra Musrenbang yang diadakan di Parapat, Kecamatan Girsang Sirpangan Bolon. Dengan masuk di zona dataran tinggi maka diperlihatkan pula keindahan dFanau Toba melalui Parapat.

Menurutnya, potensi ini terus dikembangkan melalui budaya daerah dan di seluruh hotel di Parapat juga dipenuhi dengan pakaian adat, sehingga nilai budaya sangat kental serta memiliki ciri khas. "Marilah diikuti dengan seksama dan akan bisa menghibur masyarakat Simalungun dan provinsi Sumatera Utara," tuturnya.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun juga angkat bicara dalam PRSU ini. Menurut Dadang Pramono dari Komisi IV menuturkan, melalui PRSU ini bisa membuat masyarakat di seluruh Sumatera Utara semakin mencintai budaya Simalungun, sehingga bisa memberikan energi positif sebagai pendukung pariwisata Danau Toba.

Dadang menuturkan, melalui budaya akan bisa menunjukkan moral bangsa, karena budaya itu santun, bisa menggugah perasaan, serta Simalungun terangkat dengan budaya. Apalagi, di seluruh hotel di Simalungun khususnya di Parapat menggunakan atribut pakaian budaya Simalungun.

"Dengan adanya atribut Simalungun, maka akan memudahkan mengenalkan kepada wisatawan bukan sebatas atribut tapi bisa menjelaskan arti pakaian adat yang dipakai," tegasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Simalungun lainnya yakni John Damanik menambahkan. PRSU 2017 menjadi modal utama untuk Simalungun sebagai tuan rumah guna mengembangkan budaya yang berkaitan dengan destinasi Badan Otorita Toba.


“Kita berharap PRSU tidak hanya dilakukan di Kota Medan saja melainkan di tempat wisata khususnya Danau Toba, sehingga akan memancing wisatawan datang lebih besar lagi," ucap anggota dewan pria dari Partai Gerindra tersebut. (BS)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments