. Pemberitaan JR Saragih Dipecat dari Ketua Terpilih DPD Partai Demokrat Sumut Bukan Hoax | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Pemberitaan JR Saragih Dipecat dari Ketua Terpilih DPD Partai Demokrat Sumut Bukan Hoax

Pemberitaan JR Saragih Dipecat dari Ketua Terpilih DPD Partai Demokrat Sumut Bukan Hoax

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 11 April 2017 | 14:56

JR Saragih.IST
BeritaSimalungun.com-Pemberitaan Ketua terpilih Partai Demokrat Sumatera Utara Jopinus Ramli (JR) Saragih yang juga Bupati Simalungun direkomendasikan Komisi Pengawas (Komwas) DPP Partai Demokrat untuk dipecat ternyata bukan hoax. Usulan pemecatan itu jelas tertuang dalam surat Komwas Partai Demokrat Nomor : 188/KOMWAS.PD/XII/2016 tertanggal 23 Desember 2016 yang ditandatangani oleh H Achmad Yahya, SE, MM (Ketua) dan Drs Deddy Suardy, MH (Sekretaris).

Dalam surat yang ditujukan kepada Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat H Amir Syamsudin, SH, MH meminta Musda III Partai Demokrat Sumut harus dibatalkan dan diulangi pelaksanaannya dibawah bimbingan DPP Partai Demokrat dan dilaksanakan berdasarkan mekanisme dan ketentuan yang berlaku sesuai AD/ART, kode etik, PO, dan Juklak Partai Demokrat.

Selain JR Saragih, Komwas juga meminta Tahan Manahan Panggabean dan Meilizar Latief, masing-masing diberhentikan dari jabatan Wakil Ketua dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut.

Surat rekomendasi Komwas memuat dua poin, membicarakan “Politik Uang” dalam penyelenggaraan Musda III, sehingga Komwas merekomendasikan JR Saragih, Tahan Panggabean dan Meilizar Latief, diberikan sanksi pemberhentian tetap dari kepengurusan Partai Demokrat.

Ketua Forum Penyelamat Partai Demokrat Sumut, Muhammad Yusuf Tambunan didampingi Sekretaris Bonar Sembiring Depari dan kader Demokrat lainnya, Akmal Samosir dan Nurhasanah kepada wartawan, Rabu (5/4/2017) menjelaskan, rekomendasi ini diberikan Komwas ke Dewan Kehormatan kemudian ditembuskan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua BPOKK. “Kami peroleh salinannya dari Jakarta,” sebutnya.

Dikatakan Yusuf Tambunan, Forum Penyelamat bersama 12 Ketua DPC Partai Demokrat di Sumatera Utara adalah pihak yang melaporkan pelanggaran dan praktik politik uang dalam memuluskan, JR Saragih menjadi Ketua DPD Demokrat Sumut.

Terkait rekomendasi Komwas, Ketua Umum DPP Partai Demokrat-Susilo Bambang Yudhoyono memberikan disposisi, dan meminta Ketua Dewan Kehormatan, Sekjen, Ketua Komwas, Ketua BPOKK agar duduk bersama untuk mencari solusi. “Hilangkan subjektifitas masing-masing,” tulis SBY disposisinya tertanggal 7 Maret 2017.

Sebelumnya secara terpisah, anggota Komwas DPP Partai Demokrat Ishak yang dikonfirmasi, membenarkan rekomendasi Komisi Pengawas Partai Demokrat. “Dalam waktu dekat ini, hasil rekomendasi Komwas akan dibahas oleh DPP Partai Demokrat dan Mahkamah Kehormatan Partai Demokrat,” ujarnya.

Di bagian lain, Sekretaris Forum Penyelamat Partai Demokrat Sumut Bonar Sembiring Depari didampingi Akmal Samosir dan Nurhasanah menyatakan, terkait rekomendasi Komwas itu, pihaknya sudah melayangkan dua surat, masing-masing Nomor : 09/A/FP PD-SU/III.2017 dan Nomor : 09/A/FP PD-SU/III.2017 tertanggal 27 Maret 2017, kepada JR Saragih, Meilizar Latief dan Tahan Manahan, agar menghentikan semua kegiatan kepartaian DPD Partai Demokrat Sumatera Utara.

Kedua surat itu secara tegas mengingatkan, JR Saragih, Hj Meilizar Latief, dan Tahan Manahan Panggabean untuk tidak melakukan segala kegiatan kepartaian mengatasnamakan Ketua DPD Partai Demokrat Sumut. Pasalnya, hasil rekomendasi Komwas Partai Demokrat telah diberikan sanksi berupa pemberhentian tetap dari kepengurusan Partai Demokrat.

Selain itu, Forum Penyelamat Partai Demokrat Sumut juga meminta agar Kantor DPD Partai Demokrat Sumut di Jalan Abdullah Lubis, Medan ditutup, dan segera mencabut seluruh tindakan yang bersifat administrasi maupun operasional, karena SK bernomor 299/SK/DPP.PD/DPD/XI/2016 legalitasnya diragukan, sebab dari hasil investigasi, disinyalir tanda tangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat dalam SK itu dipalsukan.

Silverius Bangun Bantah

Menanggapi pemberitaan itu, Wakil Direktur Eksekutif DPD Partai Demokrat Sumut Silverius Bangun membantah soal pemecatan Jr Saragih dari Ketua DPD Partai Demokrat Sumut terpilih.

“Sehubungan dengan pemberitaan dari rekan rekan media tentang Pemberhentian Ketua DPD Partai Demokrat Dr JR Saragih, Meilijar Latief dan Tahan Manahan Panggabean, maka perkenankanlah saya menyampaikan klarifikasi sbg berikut:

1. Dr. JR Saragih, SH, MM adalah Kader dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara yang sah sesuai dengan Surat Keputusan DPP Partai Demokrat Nomor 299/SK/DPP.PD/DPD/XI/2016, tanggal 30 November 2016

2. Meilizar Latif adalah kader dan Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara

3. Tahan M Panggabean adalah Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara

4. Informasi yang sengaja disebar oleh beberapa pihak tentang pemberhentian pengurus DPD Partai Demokrat Sumut adalah informasi yang TIDAK BENAR

5. Sebagai kader mengharapkan semua pihak yang berkepentingan untuk berfikir untuk membesarkan partai demokrat terutama menyambut verifikasi faktual yang sudah di depan mata.

6. Kepada semua kader kami harapkan peran sertanya untuk tetap menjaga suasana kondusif

7. Sebagai kader marilah berjalan dalam aturan sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

8. Tetap semangat dan ayo kt sukseskan KTA 100 ribu di bulan april 2017,” tulis Silverius Bangun.


(BS-01)
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.