}); Pembuatan Video 10 Tari Tortor Simalungun Dalam Rangka HUT 146 Pematangsiantar | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , , » Pembuatan Video 10 Tari Tortor Simalungun Dalam Rangka HUT 146 Pematangsiantar

Pembuatan Video 10 Tari Tortor Simalungun Dalam Rangka HUT 146 Pematangsiantar

Written By Beritasimalungun on Monday, 3 April 2017 | 14:38


Koreografi Baru “Tor-tor Krincing Krincing Hanuman" Simalungun

BeritaSimalungun.com-Dalam rangka menyambut HUT ke 146 Pematangsiantar, Sanggar Budaya Rayantara melakukan pembuatan Videi 10 Tortor Simalungun. Pelatih tor tor, Opung Raminah Garingging (83 tahun) menguasai 30an tari Simalungun yang pernah ia eksplorasi selama bertahun tahun.

Ia sendiri mendalami semua jenis tor tor tersebut selama dihunjuk menjadi pelatih di Rumah Bolon Pematang Purba pada era 90 - an. Awal pijakan dasar pengetahuan tarinya berasal dari warisan pengetahuan tradisi turun temurun sebagai hasusuran Tuan Sorbadolog, keturunan Raja Raya Tuan Rondahaim Saragih.

Muhar Omtatok salah satu pelaku tradisi dan pengamat Budaya Simalungun menyatakan ada 70 tor tor Simalungun yang belum dieksplorasi dan diperlihatkan kembali. Ia meminta Sanggar Budaya Rayantara lebih rajin meneliti dan mengunjungi banyak pelaku tradisi ke berbagai pelosok tanah Simalungun, mulai dari Simalungun atas, Simalungun bawah hingga perbatasan dengan Melayu.

Sangat disayangkan, bila semua kekayaan seni tradisi Simalungun tersebut tidak diarsipkan dengan rapi agar kelak menjadi jembatan pengetahuan bagi generasi berikutnya. Apalagi, kita sering melihat pada banyak pementasan tari Simalungun yang ditampilkan remaja dan kaum muda sudah lebih Melayu atau bersifat joget, sangat jauh dari khas dan akar gerakan dasar tari Simalungun.

Beberapa tari Simalungun kami persembahkan dalam bentuk yang lebih sakral, yaitu Tukkot Malehat. Juga adopsi "Tari kreasi baru" untuk mengikuti perkembangan zaman hingga koreografi yang kami dalami sendiri dalam perjalanan spiritual nusantara, "Tor tor krincing krincing Hanuman" Simalungun setelah mengunjungi Taman Kera Sibaganding, Parapat.

Jadwal Pelaksanaan

Kegiatan pembuatan video tari "10 Tor Tor Simalungun" dilaksanakan tepat untuk memperingati HUT KOTA SIANTAR ke-146, Hari/Tanggal: Senin 24 April 2017 lokasi : Lapangan Adam Malik dan Taman Perumahan Mega Land Jalan  Sang Naualuh.

Tim, crew dan panortor Sanggar Budaya Rayantara : Pelatih Tor Tor : Opung Raminah Garingging .

Manajer : Sultan Saragih. Panortor : Adeline Napitupulu, Rorezky, Marista Saragih Sijabat, Ira Saragih Simarmata, Gracella, Owen, Jhon Willy Manurung, Ricardo Sidabutar, Albert Samuel, Dicky Tondang.


Kostum & Make Up: Bu Sri - Steph Salon Angga Munthe. Transportasi dan izin lokasi Mardi Purba Dasuha dan Hensen Zinolo Sinaga Bonor. Property Sully Sinaga.

Tim video: Darma Purba - Falanty Art Studio Jalan Sisingamangaraja (depan USI).

Tor tor yang ditampilkan : Tukkot Malehat, Imbou Manibung, Sitalasari, Manduda, Ija Juma Tidahan, Haroan Bolon, Tor Tor Sombah, Balang Sahua, Bodat Nahaudanan, Tor tor "Krincing krincing Hanuman" Simalungun.

Bantuan Donasi

Keseluruhan kegiatan mulai dari persiapan latihan, pembuatan video, edit hasil akhir hingga penggandaan cetak copy album DVD "10 tor tor simalungun" hingga 50 keping DVD membutuhkan dana sebesar Rp.25.000.000 (Dua puluh lima juta rupiah).

Sanggar Budaya Rayantara dalam menggunakan akal sehat, tentu tidak mampu membiayai semua kegiatan rekaman video tari tersebut. Kami beruntung memiliki mitra dan sponsor dari Falanty Art Darma Purba Studio dan Lovelysimalungun.com yang siap membantu hingga membuat kami senantiasa berani "menerobos" keterbatasan.

Partisipasi masih dibutuhkan, kami memohon bantuan donasi agar seri 1, Video Tari "10 Tor tor Simalungun" dapat terus berkelanjutan, tidak masalah besar kecil tapi kepedulian kita bersama untuk pelestarian seni tradisi. 

Baik hanya Rp 50.000, atau Rp100.000, atau Rp 150.000 atau lebih kami terima dengan senang hati, sebagai kompensasi dan ucapan terima kasih, setiap donasi akan kami muat nama dan logo sponsor dalam cover dan halaman dalam album DVD "10 Tor Tor Simalungun", juga pengiriman ke alamat yang bersangkutan.

Bantuan dapat dikirim melalui rekening :  Bank BRI Sanggar Budaya Rayantara no rek : 0113-01-024308-53-6. Bank Mandiri an. Sri Sultan Saragih no rek : 107 - 00 - 0561170 – 4. Mari kita lestarikan tradisi, atas perhatian dan bantuan semua pihak kepada sanggar, kami ucapkan terima kasih.

Viva Simalungun . Pematangsiantar, 3 April 2017
(Ttd: Sultan Saragih II. Manajer Hp. 085276322782).


Share this article :

Post a Comment