Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Hardiknas di Simalungun, Wakil Bupati Amran Sinaga Hanya Bacakan Pidato Mendikbud

Wakil Bupati Simalungun didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Resman Saragih serta beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2017. 
BeritaSimalungun.com, Raya-Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 di Kabupaten Simalungun dipusatkan di lapangan SD Negeri 091317 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Selasa (2/05/2017. Pelaksanaan Hardikanas tersebut dilakukan dalam upacara nasional. 

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dan sebagai Komandan Upacara Andre Sinaga, salah seorang siswa SMA Negeri 1 Raya. 

Upacara dalam rangka peringatan Hardiknas tersebut ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan hening cipta dan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Pembina Upacara. 

Untuk pembacaan Pembukaan UUD 1945 disampaikan Efri Agam Damanik yang juga siswa SMA Negeri 1 Raya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi mengatakan, peringatan Hardiknas tahun 2017 mengangkat tema “Percepat Pendidikan yang merata dan berkualitas”. Tema tersebut erat kaitannya dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. 

Dikatakan, dalam rangka mewujudkan visi Presiden RI di bidang pendidikan, kementerian pendidikan dan kebudayaan melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tatanan konseptual maupun menejeril. 

Dalam tatatan konseptual, saat ini sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi pondasi dan ruh pendidikan nasional. Untuk pembentukan karakter harus terus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar (Basic Education). 

Kemudian pada jenjang pendidikan lanjut harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi semaksimal mungkin dalam membekali dirinya dengan keterampilan yang berdaya kompetisi tinggi untuk menghadapi dunia abad 21. 

Hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggilah peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri tegak diantara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang. 

Reformasi pendidikan nasional merupakan proses panjang, sehingga perlu dilaksanakan secara sistematis, procedural, dan bertahap serta dukungan maupun partisipatid semua jajaran pelaksana pendidikan bahkan warga Indonesia sendiri. 

Diharapkan hasil reformasi pendidikan tersebut berbuah manis sehingga dapat dinikmati oleh anak dan cucu kita dimasa depan serta untuk kemajuan dan keunggulan bangsa Indonesia diantara bangsa-bangsa lain di dunia. Dalam reformasi pendidikan nasional ini kerja keras yang konstruktif serta pengabdian yang tulus sangat diharapkan. 

“Mari bersama-sama kita menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan di Negara kita," katanya. 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Simalungun didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Resman Saragih serta beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2017. 

Untuk mata pelajaran IPA juara I, II dan III berturut-turut yaitu Farhan Zahrial Purba (SDN 097822 Kampung Korem), Puspa Laviola Istiqomah (SDN 095137 Bah Kapul) dan Ayu Melati Sukma (SDN 097806 Karang Sari. 

Pada mata pelajaran Matematika juara I, II dan III berturut-turut yaitu Morgan Adar Teodosius Malau (SD Swasta Abdi Sejati Perdagangan), Nanda Samuel Sipayung (SDN 094144 Mardingding) dan Tri Widi Andini (SDN 091608 Tapian Dolok). (BS-SN)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments