. Hardiknas di Simalungun, Wakil Bupati Amran Sinaga Hanya Bacakan Pidato Mendikbud | BeritaSimalungun
Home » , , » Hardiknas di Simalungun, Wakil Bupati Amran Sinaga Hanya Bacakan Pidato Mendikbud

Hardiknas di Simalungun, Wakil Bupati Amran Sinaga Hanya Bacakan Pidato Mendikbud

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 3 May 2017 | 07:43

Wakil Bupati Simalungun didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Resman Saragih serta beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2017. 
BeritaSimalungun.com, Raya-Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 di Kabupaten Simalungun dipusatkan di lapangan SD Negeri 091317 Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Selasa (2/05/2017. Pelaksanaan Hardikanas tersebut dilakukan dalam upacara nasional. 

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi dan sebagai Komandan Upacara Andre Sinaga, salah seorang siswa SMA Negeri 1 Raya. 

Upacara dalam rangka peringatan Hardiknas tersebut ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh pasukan pengibar bendera yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan hening cipta dan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Pembina Upacara. 

Untuk pembacaan Pembukaan UUD 1945 disampaikan Efri Agam Damanik yang juga siswa SMA Negeri 1 Raya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi mengatakan, peringatan Hardiknas tahun 2017 mengangkat tema “Percepat Pendidikan yang merata dan berkualitas”. Tema tersebut erat kaitannya dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. 

Dikatakan, dalam rangka mewujudkan visi Presiden RI di bidang pendidikan, kementerian pendidikan dan kebudayaan melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tatanan konseptual maupun menejeril. 

Dalam tatatan konseptual, saat ini sedang diupayakan agar karakter kembali menjadi pondasi dan ruh pendidikan nasional. Untuk pembentukan karakter harus terus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar (Basic Education). 

Kemudian pada jenjang pendidikan lanjut harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi semaksimal mungkin dalam membekali dirinya dengan keterampilan yang berdaya kompetisi tinggi untuk menghadapi dunia abad 21. 

Hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggilah peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri tegak diantara bangsa-bangsa maju yang lain di masa yang akan datang. 

Reformasi pendidikan nasional merupakan proses panjang, sehingga perlu dilaksanakan secara sistematis, procedural, dan bertahap serta dukungan maupun partisipatid semua jajaran pelaksana pendidikan bahkan warga Indonesia sendiri. 

Diharapkan hasil reformasi pendidikan tersebut berbuah manis sehingga dapat dinikmati oleh anak dan cucu kita dimasa depan serta untuk kemajuan dan keunggulan bangsa Indonesia diantara bangsa-bangsa lain di dunia. Dalam reformasi pendidikan nasional ini kerja keras yang konstruktif serta pengabdian yang tulus sangat diharapkan. 

“Mari bersama-sama kita menggerakkan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan di Negara kita," katanya. 

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Simalungun didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Resman Saragih serta beberapa pimpinan SKPD menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Simalungun tahun 2017. 

Untuk mata pelajaran IPA juara I, II dan III berturut-turut yaitu Farhan Zahrial Purba (SDN 097822 Kampung Korem), Puspa Laviola Istiqomah (SDN 095137 Bah Kapul) dan Ayu Melati Sukma (SDN 097806 Karang Sari. 

Pada mata pelajaran Matematika juara I, II dan III berturut-turut yaitu Morgan Adar Teodosius Malau (SD Swasta Abdi Sejati Perdagangan), Nanda Samuel Sipayung (SDN 094144 Mardingding) dan Tri Widi Andini (SDN 091608 Tapian Dolok). (BS-SN)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.