}); Kapal Pembangkit Listrik Terbesar | BeritaSimalungun
Home » » Kapal Pembangkit Listrik Terbesar

Kapal Pembangkit Listrik Terbesar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 25 May 2017 | 11:57


BeritaSimalungun.com-Dua dari empat kapal pembangkit tenaga listrik buatan Kar Powership Turki telah diberangkatkan dari Galangan Kapal Tuzla Sedef, Istanbul, Turki, menuju Indonesia .

Dalam siaran pers di Jakarta, Senin (14/11), pelepasan empat kapal itu pada Minggu (13/11) dihadiri oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Binali Yidrim, Menteri Transportasi, Kelautan dan Komunikasi Ahmet Arslan dan Ketua Galangan Kapal Sedef Metin Kalkavan.



Dua dari empat kapal yang dilepas untuk berlayar adalah Karadeniz Powership Osman Khan yang akan berlabuh di Afrika Barat, Ghana, serta Karadeniz Powership Onur Sultan akan berlabuh di Myanmar. Kedua kapal ini diklaim sebagai kapal pembangkit listrik terbesar lantaran berkapasitas masing-masing 480 MW.

Dua kapal lainnya, yakni Karadeniz Powership Gokhan Bey dan Karadeniz Powership Yasin Bey, yang memiliki kapasitas 120 MW siap berlayar ke Indonesia.

Direktur Kar Powership Asia Pacific Ufuk Berk mengatakan kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Gokhan Bey telah tiba di Lombok sekitar pertengahan Desember 2016.

Karadeniz Powership Yasin Bey yang diluncurkan bersama Gokhan Bey akan berlayar menuju Ambon setelah kapal Gokhan Bey dan Dogan Bey berlayar.

Yasin Bey akan tiba di Ambon sesuai waktu yang direncanakan sekitar kuartal pertama tahun 2017.

Dogan Bey akan berlayar setelah Gokhan Bey setelah semua persiapan selesai dengan catatan kondisi laut dan cuaca yang baik di perjalanan. Perusahaan asal Turki itu telah dikenal sebagai produsen kapal listrik yang membantu memasok kebutuhan listrik dunia.

Kapal-kapal buatannya dikembangkan untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan listrik dari berbagai negara. Kapal pembangkit tenaga listrik itu sepenuhnya dirancang oleh insinyur dari Turki dan dibangun di Tuzla dan Yalova, Istanbul.

Kapal pembangkit tenaga listrik sudah dikontrak untuk memasok 27 persen tenaga listrik untuk Lebanon, 22 persen untuk Ghana, 16 persen untuk Zambia dan 31 persen untuk Sulawesi Utara, sama besarnya dengan tambahan pasokan 15 persen dari total pembangkit listrik Irak dengan tiga kapal pembangkit tenaga listrik selama enam tahun terakhir.

CEO Karadeniz Holding Orhan Karadeniz mengklaim pihaknya memiliki armada kapal pembangkit tenaga listrik terbesar di dunia.
“Kami merupakan perusahaan pertama di Turki yang mengekspor listrik. Di atas prestasi ini, kami juga telah membangun armada kapal pembangkit tenaga listik pertama dan terbesar dengan jumlah 13 kapal pembangkit tenaga listik dan memiliki kapasitas 2.700 MW,” jelasnya.

Ia menambahkan, kapasitas kapal akan mencapai 4.500 MW dengan penambahan 14 kapal pembangkit tenaga listrik yang akan diproduksi 2017.


“Kapasitas yang kami miliki ini lebih tinggi dari pada negara-negara lain di dunia. Sebagai pengusaha yang berasal dari Turki, kami sangat bangga dengan proyek kapal pembangkit tenaga listrik ini karena melibatkan usaha keras insinyur, pekerja, galangan kapal, bank, penanam modal dan lebih dari 2.000 pegawai,” pungkasnya. (Net)
Share this article :

Post a Comment