Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mahasiswa FBS Unimed (Suwandonadi Manullang) “Best Participant” Global Peace Youth Leadership Camp


Suwandonadi Manullang saat mempresentasikan Action Plan didepan para peserta dan pembicara, 21/05/2017. Foto IST

BeritaSimalungun.com, Bandung-Dalam kegiatan Youth Leadership Camp yang diselenggarakan Global Peace Foundation Indonesia (GPFI) di Bandung, 19-21 Mei 2017 lalu, Suwandonadi Manullang (21), mahasiswa Fakultas Budaya dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (Unimed), ditetapkan oleh penyelenggara sebagai “Best Participant”.

Global Peace Youth Leadership Camp merupakan program yang menyediakan sebuah platform bagi kaum muda untuk belajar tentang kepemimpinan, juga bertukar pikiran dan memberikan pengalaman belajar melalui pengabdian di tengah masyarakat. Selain itu, camp ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan karakter, pemahaman akan nilai dan kebajikan untuk pemimpin muda.

“Pada tanggal 19-21 Mei 2017, saya selaku delegasi Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Sumatera Utara (Sumut), dinobatkan sebagai "Best Participant" pada kegiatan bertajuk "Global Peace Youth Leadership Camp 2017" yang diselenggarakan oleh Global Peace Foundation Indonesia. "Global Peace Youth Leadership Camp 2017" ini diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, dengan Tema “Moral and Innovative Leadership for Peace and Development,” tulis Suwandonadi Manullang.

Peserta kegiatan berjumlah 15 orang, berasal dari berbagai daerah dari penjuru Nusantara dan juga di antaranya terdapat peserta dari Malaysia.

“Peserta camp ini berasal dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri. Terdapat 8 peserta yang berasal dari Sulawesi Selatan, 3 dari Jawa Barat, 1 peserta dari Jawa Tengah, 1 peserta dari Jakarta, 1 peserta dari Malaysia, dan 1 peserta dari Sumatera Utara”, terang  Sonya, selaku Youth Supervisor dari GPFI.

Sonya menambahkan, tujuan yang lebih spesifik dari Global Peace Youth Leadership Camp kali ini adalah untuk mempersiapkan pemuda menjadi pemimpin yang bermoral dan inovatif. Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin banyak pemuda yang ambil bagian dalam mewujudkan kemajuan. Seluruh peserta Global Peace Youth Leadership Camp ini mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sangat antusias.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini, akan semakin banyak pemuda yang ambil bagian untuk memajukan diri sendiri, komunitas, bangsa dan bahkan dunia. Mereka sangat antusias dan konsentrasi dalam setiap sesi yang ada, baik saat workshop, Service in Action, dan Action Plan”, papar Sonya.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu peserta, Amaliyah (21) dari Cirebon Jawa Barat. “Programnya sangat menarik. Kami sangat antusias mengikutinya. Harapannya tetap dilaksanakan ke depan nanti,” kata Amaliyah.

Penetapan Best Participant ini didasari oleh berbagai hal sebagai penilaian, diantaranya kreativitas, disiplin, public speaking, dan keseriusan.

“Pemilihan Best Participant ini kami lakukan dengan mempertimbangkan Kreativitas, Public Speaking, Management Waktu (Kedisplinan), Keaktifan dan Keseriusan dalam mengikuti serangkaian kegiatan dari awal hingga akhir,” papar Muhammad Mahmudi selaku Koordinator kegiatan.

Suwandonadi Manullang, mahasiswa asal Humbang Hasundutan yang membidangi Riset dan Teknologi di Senat Mahasiswa Unimed ini mengaku kaget dan bangga, dapat mengharumkan nama Unimed dan Sumut.

“Saya kaget dan sekaligus haru ketika mendengar nama saya ditetapkan sebagai Best Participant. Peserta Global Peace Youth Leadership Camp ini sangat luar biasa dan berbakat. Adalah sebuah kebanggaan bisa mendapatkan penghargaan ini,” sebut Suwandonadi.

Suwandonadi mengakui pencapaiannya kali ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. “Ini semua bukan karena saya sendiri. Dukungan dari orangtua dan saudara, Unimed, Bank BNI ’46 Kantor Kas Unimed, Kolam Renang Unimed, dan bahkan Gojek sangat membantu saya, sehingga dapat optimal dalam megikuti kegiatan ini,” sebut Suwandonadi  menyampaikan ucapan terimakasihnya. (BS-Rel)



Suwandonadi dan peserta lainnya, saat melaksanakan Service in Action di sekitaran Jl. Pakur, Bandung 20/05/2017. Foto IST

Suwandonadi Manullang, pasca promosi Sustainable Development Goals di Taman Hutan Raya, Bandung, 21/5/2017. Foto IST

Suwandonadi dan peserta lainnya, saat melaksanakan Service in Action di sekitaran Jl. Pakur, Bandung 20/05/2017. Foto IST

Suwandonadi Manullang, pasca promosi Sustainable Development Goals di Taman Hutan Raya, Bandung, 21/5/2017. Foto IST
Peserta dan penyelenggara Youth Leadership Camp berfoto bersama di Taman Hutan Raya Bandung, 20/5/2017 . Foto IST

Suwandonadi Manullang saat mempresentasikan Action Plan di depan para peserta dan pembicara, 21/05/2017. Foto IST

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments