Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jokowi Bahas Soal Rohingya dengan Sekjen PBB Antonio Guterres

BeritaSimalungun-Krisis kemanusiaan di Rakhine State di Myanmar senantiasa menjadi topik yang hangat dalam kunjungan saya ke Vietnam dan Filipina, tiga hari ini. Kemarin, di sela-sela perhelatan KTT ASEAN di Manila, saya pun membahas soal Rohingya dengan Sekjen PBB Antonio Guterres. 

Beliau menghargai peran Indonesia yang membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di sana. Kami memiliki kekhawatiran yang sama. Jika tidak selesai, krisis ini akan berdampak pada stabilitas dan keamanan kawasan. 

Krisis yang berkelanjutan juga akan melahirkan radikalisme dan bahkan meningkatnya ancaman terorisme. Sebagai tindak lanjutnya, saya dan Sekjen PBB mendorong penyelesaian segera MOU Repatriasi antara Myanmar dan Bangladesh. 

Selain soal Rakhine State, kepada Sekjen PBB saya juga menitipkan harapan agar PBB lebih berkontribusi mewujudkan impian rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan penuh. 

Kemerdekaan penuh Palestina memang tidak mudah, namun, saya berharap di bawah kepimpinan Antonio Guterres, soal Palestina dapat mengalami kemajuan yang signifikan. Sikap Indonesia jelas: akan terus membantu Palestina mewujudkan impiannya sebagai negara merdeka.(FB-Presiden Joko Widodo-14 November 2017)·

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments