Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mata Ni Horja Kahiyang-Bobby Hari ini, Jokowi Hadir Sebagai Raja

BeritaSimalungun, Jakarta - Hari ini merupakan mata ni horja atau puncak pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu Siregar dan Bobby Nasution. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir. Dalam jadwal acara yang dilihat detikcom, Sabtu (25/11/2017), mata ni horja akan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. 

Acara digelar di kediaman keluarga Bobby di Bukit Hijau Regency, Taman Setiabudi (BHR Tasbi), Medan. Presiden Jokowi dijadwalkan hadir bersama Ibu Negara Iriana. Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka beserta istri Selvi Ananda serta putranya Jan Ethes juga bakal hadir. Belum diketahui apakah putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, bakal hadir atau tidak. 

Pihak keluarga Nasution sebelumnya menyebut, kedatangan Jokowi ke acara mata ni horja ini bukanlah sebagai presiden atau mertua, melainkan raja. "Pak Jokowi datang bukan sebagai orang, tetapi sebagai raja," kata Pemangku Adat Tapanuli Selatan, Pandapotan Nasution, dalam jumpa pers pada Kamis (23/11/2017). 

Jokowi, dalam rangkaian adat ini, dianggap sebagai raja, bukan sekadar mertua. Soalnya, mertua dalam konsep adat ini adalah pihak keluarga ibu Bobby yang bermarga Siregar. Kahiyang pun sudah diadati menjadi boru Siregar. 

Jokowi dalam prosesi ini juga nantinya akan ikut memberikan nasihat kepada Kahiyang dan Bobby. Ini akan menjadi penuntun mereka dalam menjalani bahtera rumah tangga ke depan. 

"Pak Jokowi akan berikan nasihat pada kedua pengantin dan setelah itu mereka akan menutup dengan Tortor sembari memberi hormat kepada semuanya dan gordang ditutup dan selesai upacara adat," kata pihak keluarga Bobby yang juga Menko Perekonomiam, Darmin Nasution.(Dtk)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments