Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi-Siantar-Tarutung Masuk PSN

BeritaSimalungun-Pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi–Pematang Siantar–Prapat–Tarutung–Sibolga masuk daftar salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Perpres No.3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Pembangunan jalan tol itu tercatat sepanjang 200 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp19,77 triliun.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, ada 17 proyek jalan tol yang akan masuk dalam daftar itu. Sebanyak 16 proyek di antaranya sudah direncanakan sesuai dengan Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 – 2019.

Ke-17 proyek tol itu totalnya berbiaya investasi sebesar Rp232,06 triliun untuk sepanjang 1.533,1 kilometer.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna kepada wartawan di Jakarta baru-baru ini menyebutkan, 17 proyek itu telah memenuhi syarat kriteria dasar untuk masuk ke dalam daftar PSN, seperti izin teknis dan syarat dokumen yang lengkap.

Dengan masuknya proyek-proyek tersebut ke dalam PSN, maka dalam pelaksanaannya nanti akan diprioritaskan dalam penganggaran serta mendapatkan jaminan atau pun dana talangan, seperti talangan lahan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dalam proyek tol. Sehingga pembangunannya akan lebih pasti.

Janji Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menuntaskan akses menuju destinasi kelas dunia di Danau Toba, Sumatera Utara, terbukti. Dalam hitungan hari, aktivasi Bandara Silangit dan jalur kereta dari Medan ke Pematangsiantar serta ada jalan tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi yang siap beroperasi.

“Selain jalur udara, yang dibangun Bandara Silangit dan Sibisa, jalur darat juga dikebut pemerintah. Tanggal 19 Juni 2017, jalan tol Medan-Kuala Namu (KNO)-Tebing Tinggi sudah siap beroperasi,” terang Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Hiramsyah S Thaib didampingi Kepala Badan Pelaksana Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba Arie Prasetyo.

Kualitas jalannya pun dibangun dengan standar dunia. Tidak asal-asalan. Lebar jalur dari Tebingtinggi ke Siantar diperlebar. Siantar ke Parapat juga diperlebar. Parapat ke Sibolga juga diperlebar. Endingnya, wisawatan mancanegara yang ingin ke Danau Toba via Kuala Namu tidak lagi menghabiskan waktu lama. Cukup dua jam, wisatawan sudah bisa tiba ke Danau Toba dari Kuala Namu.

Faktanya, banyak keistimewaan Danau Toba yang layak dijadikan tujuan wisata kelas dunia. Dari mulai tampilan rumah adat, seni budaya, makam raja-raja Batak, semuanya ada di sana. Pengunjung dapat menemukan wisata alam, budaya, sejarah, kuliner, hingga spiritual sekaligus.(BS)





Sumber: MetroSiantar.com

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments