. Festival Danau Toba Digelar Berbasis Keunikan Geopark Sipinsur | BeritaSimalungun
Home » , » Festival Danau Toba Digelar Berbasis Keunikan Geopark Sipinsur

Festival Danau Toba Digelar Berbasis Keunikan Geopark Sipinsur

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 6 December 2017 | 08:18

BeritaSimalungun, Medan- Festival Danau Toba (DFT) 2017 yang dilaksanakan di Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan pada 5-9 Desember 2017 ditargetkan mampu mendatangkan 5000 pengunjung.

“Diantaranya akan hadir wisatawan mancanegara yang didatangkan Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Danau Toba (BOPKDT)”, ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Elisa Marbun saat konferensi pers di Medan pada Senin, 4 Desember 2017. Nantinya wisatawan mancanegara akan disediakan paket perjalanan dari Singapura ke Silangit selama dua hingga empat hari.

Mengenai lokasi didaerah Sipinsur yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Elisa mengatakan mereka ingin menampilkan keindahan Danau Toba dari sisi yang lain. Termasuk mempromosikan Sipinsur sebagai salah satu geosite dari Geopark Kaldera Toba.

“Untuk itu  penyelenggaran FDT 2017 akan berbasis geopark,” kata Elisa.

Unggul, Sekretaris Panitia Penyelenggaraan FDT 2017 mengatakan, besok agenda festival adalah perlombaan lintas alam sepanjang 9.2 kilometer dan pemilihan Ucok-Butet Geopark di Sipinsur.

Dilanjutkan dengan pagelaran Menghunti Tandok oleh 1000 Tandok dari kaum ibu yang ada di kabupaten Humbahas dan tarian missal lima puak di Sumatera Utara. Tidak lupa, ulos sebagai simbol masyarakat Batak akan digunakan saat penyambutan para tamu di Komplek Wisata Sipinsur.Puluhan wanita membawa wadah berisi beras (tandok) pada Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) di Balige, Tobasa, Sumatera Utara, 21 Agustus 2016. 

Berbagai perlobaan akan mendomisi pelaksanaan FDT pada hari ketiga, 8 Desember 2017. Mulai dari perlombaan paduan suara di Aula kantor Bupati Humbahas, perlombaan seruling di Komplek Wisata Sipinsur, lomba renang diperairan Danau Toba, Kecamatan Bakti Raja hingga perlombaan Dragon Boat di Pantai Bebas Bakara.

Pada malam hari, dilanjutkan dengan hiburan rakyat dan penampilan budaya dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

FDT akan ditutup pada Sabtu, 9 Desember 2017. “Penutupan akan dilaksanakan pada sabtu dengan pengumuman dari berbagai perlombaan yang telah berlangsung sebelumnya”, tutup Unggul.(BS)


Sumber: TEMPO.CO 







 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.