Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Melirik Kampung Budaya Sarimatondang Sidamanik

Sanggar Rayantara bekerja sama dengan hasusuran Tuan Djorhatim Damanik-Sarimatondang (Sipukkah Huta) akan mengelola jalur kampung di sekitar Sarimatondang. Kerjasama ini agar dapat menjadi sebuah kampung budaya yang memperlihatkan pelestarian seni tradisi dan budaya Simalungun. FB
BeritaSimalungun-Sanggar Rayantara bekerja sama dengan hasusuran Tuan Djorhatim Damanik-Sarimatondang (Sipukkah Huta) akan mengelola jalur kampung di sekitar Sarimatondang. Kerjasama ini agar dapat menjadi sebuah kampung budaya yang memperlihatkan pelestarian seni tradisi dan budaya Simalungun.

Lahan akan ditata menjadi tempat untuk bengkel kerajinan ornamen, pisou Simalungun, TENUN Hiou, Gelanggang Dihar, Tortor hingga menanam berbagai tanaman TRADISI seperti Sihala (kincung), Silanjuyang, Bangun bangun, Jahe, Silanglangkabungan, bagot, nenas dll. 

Arena permainan tradisional anak anak akan dibuka dan tersedia bagi pengunjung termasuk arena pertunjukan Seni TRADISI, sehingga bisa menjadi ajang pembelajaran budaya bagi remaja dan generasi muda. 

Diantara keterbatasan, kita tetap berani melangkah dan membuat terobosan dari banyak sisi, mohon dukungan juga untuk program wisata TRADISI Maranggir di Bah Damanik yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Jayalah Simalungun.(FB-Sanggar Rayantara)





Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments