Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Saat Jokowi Nginap di Sorong, Listrik Mati

BeritaSimalungun-Hari Selasa lalu, saya menginap di satu hotel di Kota Sorong, Papua. Malam itu saya rasakan sendiri listrik mati tiga kali. Tiga kali mati lampu di hotel tempat saya menginap.

Padahal, esok harinya, Rabu 20 Desember, saya meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire berkapasitas 20 Megawatt dan PLTMG Jayapura 50 MW. Saya juga meluncurkan 74 desa baru berlistrik Papua dan Papua Barat. Peresmian dan peluncuran desa berlistrik ini digelar di Kelurahan Kali Bobo, Nabire.

Papua memang masih kekurangan pasokan listrik. Dari 3.000 desa yang belum teraliri listrik di Indonesia, yang paling banyak di tanah Papua sebanyak 2.000 desa. Pemerintah sedang mengatasi masalah ini. Saya yakin listrik akan menerangi seluruh tanah Papua pada tahun 2019 mendatang.

Membangun listrik pada sebuah desa di Papua memerlukan anggaran yang lebih besar. Jika di tempat lain anggarannya satu miliar untuk satu desa, membangun listrik di desa-desa Papua memerlukan biaya dua miliar setiap desa. Medannya bergunung-gunung. Kalau mau bawa tiang listrik saja harus “nyebur”, lalu tiangnya digotong ke atas bukit. Tapi seberat apapun, medan harus bisa kita taklukan, agar desa-desa di Papua terang benderang.(FB-Presiden Joko Widodo-21 Desember 2017). Foto: Biro Pers Setpres

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments