Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Indonesia Merancang Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)

BeritaSimalungun-Beberapa pemimpin negara Islam bertemu saya di konferensi Organisasi Kerja Sama Islam beberapa waktu lalu, dan memberi saran yang menggelitik. Kata mereka: "Generasi muda Indonesia yang dikirim ke Timur Tengah sebaiknya belajar ekonomi, perdagangan atau perminyakan. Sebaliknya, generasi muda Timur Tengah belajar mengenai Islam ke Indonesia.”

Kita pun sudah merencanakan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang dimulai pertengahan tahun 2018 ini. Peraturan Presiden pembangunan UIII sudah saya tanda tangani lebih setahun lalu.

Kemarin, saya memimpin rapat terbatas di Jakarta untuk mengetahui perkembangan pembangunannya. UIII ini akan dibangun di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat di atas lahan seluas 143 hektare. Anggaran pembangunannya total Rp3,9 triliun yang bersumber dari APBN dan hibah dari negara-negara lain.

UIII ini dibentuk bukan hanya untuk menjawab kebutuhan domestik, tetapi untuk menjawab kebutuhan masyarakat internasional, serta memperkokoh kepemimpinan Indonesia di dunia internasional, terutama umat Islam internasional. 

Bila telah rampung pada tahun 2022, kampus itu akan menonjolkan pengajaran mengenai peradaban dan ilmu-ilmu Islam yang berkembang di Indonesia. Hal itu dianggap baik oleh negara-negara tetangga, sebagaimana yang mereka sampaikan di pertemuan OKI dulu itu.(FB-Presiden Joko Widodo) 19 Januari 2018. Foto: Biro Pers Setpres

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments