. Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut | BeritaSimalungun
Home » , » Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut

Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut

Written By Beritasimalungun on Thursday, 25 January 2018 | 16:19

Irjen Martuani Sormin.
BeritaSimalungun-Jakarta - Tak hanya Irjen Iriawan, Irjen Martuani Sormin juga diusulkan jadi penjabat (Pj) gubernur). Irjen Martuani diusulkan jadi Pj Gubernur Sumatera Utara. Bagaimana perjalanan karirnya? Martuani ke posisi Pj Gubernur Sumut bak pulang kampung. Sebab, Martuani merupakan putra Batak dengan marga sormin. 

Aksi Martuani Sormin yang dingat masyarakat yaitu saat terjadi ledakan bom dan serangan bersenjata api dari kelompok teroris di Thamrin, Jakarta Pusat, Januari 2015 lalu. Saat itu, Martuani yang perpangkat Kombes ikut melakukan penanganan cepat. Bahkan, mobil dinas Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya itu sempat dilempar bom oleh Afif Cs.

22 peluru Martuani habis dalam penanganan aksi teroris itu. Yang lebih haru, saat itu istrinya sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"Waktu ledakan pertama, itu saya melihat asap dari kanan saya dari Starbucks Coffee. Sopir saya bilang 'Pak ada ledakan', waktu itu saya sempat mengira ah ledakan kompor gas itu," jelas Martuani saat dihubungi detikcom, Senin (18/1/2016).
Aksi Irjen Martuani (saat itu Kombes) saat baku tembak dengan teroris bom Thamrin.Aksi Irjen Martuani (saat itu Kombes) saat baku tembak dengan teroris bom Thamrin. Foto: AFP Photo
Saat ini, Martuani menjabat Kepala Divisi Propam (Propam) Polri. Jabatan itu diembannya sejak Juli 2017.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Divisi Propam, dia pernah menjabat kepala biro di divisi itu. Dia jadi Kepala Biro Paminal (Karo Paminal) Divisi Propam pada 2016. 

Sebelum ke Kadiv Propam, Sormin bertugas sebagai Kapolda Papua Barat. Dia jadi Kapolda Papua Barat selama sekitar 7 bulan.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan Irjen Martuani diusulkan jadi Pj Gubernur Sumut karen masa jabatan Tengku Erry akan segera berakhir.

"Dalam pengarahannya, Bapak Wakapolri menyampaikan ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua wilayah provinsi, yaitu Jawa Barat dan Sumatera Utara," ujar Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan, Kamis (25/1/2018). (BS)


Sumber: Detik.com

Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.