}); Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut | BeritaSimalungun
Home » , » Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut

Irjen Martuani: Tembak Teroris Bom Thamrin Hingga Pj Gubernur Sumut

Written By Beritasimalungun on Thursday, 25 January 2018 | 16:19

Irjen Martuani Sormin.
BeritaSimalungun-Jakarta - Tak hanya Irjen Iriawan, Irjen Martuani Sormin juga diusulkan jadi penjabat (Pj) gubernur). Irjen Martuani diusulkan jadi Pj Gubernur Sumatera Utara. Bagaimana perjalanan karirnya? Martuani ke posisi Pj Gubernur Sumut bak pulang kampung. Sebab, Martuani merupakan putra Batak dengan marga sormin. 

Aksi Martuani Sormin yang dingat masyarakat yaitu saat terjadi ledakan bom dan serangan bersenjata api dari kelompok teroris di Thamrin, Jakarta Pusat, Januari 2015 lalu. Saat itu, Martuani yang perpangkat Kombes ikut melakukan penanganan cepat. Bahkan, mobil dinas Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya itu sempat dilempar bom oleh Afif Cs.

22 peluru Martuani habis dalam penanganan aksi teroris itu. Yang lebih haru, saat itu istrinya sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto.

"Waktu ledakan pertama, itu saya melihat asap dari kanan saya dari Starbucks Coffee. Sopir saya bilang 'Pak ada ledakan', waktu itu saya sempat mengira ah ledakan kompor gas itu," jelas Martuani saat dihubungi detikcom, Senin (18/1/2016).
Aksi Irjen Martuani (saat itu Kombes) saat baku tembak dengan teroris bom Thamrin.Aksi Irjen Martuani (saat itu Kombes) saat baku tembak dengan teroris bom Thamrin. Foto: AFP Photo
Saat ini, Martuani menjabat Kepala Divisi Propam (Propam) Polri. Jabatan itu diembannya sejak Juli 2017.

Sebelum menjadi orang nomor satu di Divisi Propam, dia pernah menjabat kepala biro di divisi itu. Dia jadi Kepala Biro Paminal (Karo Paminal) Divisi Propam pada 2016. 

Sebelum ke Kadiv Propam, Sormin bertugas sebagai Kapolda Papua Barat. Dia jadi Kapolda Papua Barat selama sekitar 7 bulan.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan Irjen Martuani diusulkan jadi Pj Gubernur Sumut karen masa jabatan Tengku Erry akan segera berakhir.

"Dalam pengarahannya, Bapak Wakapolri menyampaikan ada dua perwira tinggi Polri yang dipercaya untuk memimpin sementara dua wilayah provinsi, yaitu Jawa Barat dan Sumatera Utara," ujar Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul kepada wartawan, Kamis (25/1/2018). (BS)


Sumber: Detik.com

Share this article :

Post a Comment