Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pasangan Cabup-Cawalkot di Sumut Tes Narkoba

Ilustrasi Pilkada Serentak 2018. (Antara)

BeritaSimalungun, Medan - Pasangan bakal calon bupati dan calon wali kota, di Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 menjalani tes bebas narkoba di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, Minggu (14/1/2018).

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Cagub Sumut dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL di Medan, mengatakan, para calon kepala daerah dari delapan kabupaten/kota itu, diperiksa oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut.

Peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) itu, menurut dia, dari Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Dairi, Kabupaten Batubara, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kota Padang Sidempuan.

"Ada 62 bakal calon bupati dan calon wali kota, yang melaksanakan pemeriksaan bebas narkoba di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan (Kemkes)," ujar Ramlan.

Ia mengatakan, pemeriksaan tes narkoba itu, merupakan persyaratan sebagai calon kepala daerah dan harus dilaksanakan.

Tes narkoba tersebut, merupakan kelanjutan dari pemeriksaan jantung,, pemeriksaan rontgen paru-paru dan dilanjutkan fisikologi, serta tanya jawab (wawancara).

Kemudian, pemeriksaan darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan teliga (pendengaran), penciuman, urologi, bedah dan pemeriksaan penunjang seperti elektrokardiogram (EKG).

"Pemeriksaan tersebut, telah dilaksanakan pada Sabtu (13/1) oleh tim dokter ahli dari RSUP Haji Adam Malik Medan," ucapnya.

Ramlan menyebutkan, pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati dan calon wali kota itu, juga ditangani puluhan dokter yang tergabung dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut.

Selain itu, juga petugas BNN Sumut dan Tim Fisikologi.

"Seluruh tim pemeriksan kesehatan tersebut, merupakan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional," kata mantan Ketua IDI Medan itu.

Data diperoleh, 62 orang bakal calon bupati/calon wakil bupati, calon wali kota/calon wakil wali kota, di Provinsi Sumut, dan beberapa di antaranya, yakni pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Dairi, Deprianto Sitohang-Azhar Bintang, dan Eddy Berutu-Jimmi Sihombing.

Kemudian, pasangan cabup Deliserdang, yakni Sofyan Nasution-Jamilah, Mion Tarigan-Zainal Arifin, Haji Ashari Tambunan-Haji Muhammad Ali Yusuf Siregar.

Pasangan calon dari Tapanuli Utara, yakni Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat-Prengki Simanjuntak dan Nikson Nababan-Sarlandi Hutabarat.

Pasangan calon dari Langkat, yakni Irham-Ahmad Zaitnur,Djohar Arifin-Iskandar, Rudi Hartono- Budiono, pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Padanglawas, Haji Ali Sutan Harahap-Haji Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Pasangan calon dari Batubara adalah Zahir-Oky Ikbal Frima, dan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Padang Lawas Utara, Andar Amin Harahap-Hariro Harahap.(BS)




Sumber: ANTARA

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments