. Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar

Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 26 April 2018 | 20:59

Pembukaan Perayaan HUT Siantar 147 dimulai dengan "Tortor Maranggir", membersihkan diri oleh Putri Raja Siantar mengawali acara.
BeritaSimalungun, Pematangsiantar-Ragam Seni Budaya Simalungun semarakkan pembukaan Perayaan HUT Ke 147 Kota Pematangsiantar, Senin (23/4/2018). Ribuan masyarakat meyaksikan pertunjukan akbar Seni Budaya Simalungun dari Sanggar Sihoda tersebut. 

“Setetes dedikasi buat Siantar. Siang tadi Pembukaan Perayaan HUT Siantar 147 dimulai dengan "Tortor Maranggir", membersihkan diri oleh Putri Raja Siantar mengawali acara. Menyusul tortor dari kerajaan Tanah Jawa "Sirintak Hotang", Tortor "Mardogei" dari Kkerajaan Panei kerajaan Dolok Silou "Taur-taur", Kerajaan Raya "Tangis-tangis", Kerajaan Purba "Parultop-ultop", kerajaan Silimakuta "Tortor Gobar" disaksikan ribuan warga terutama anak sekolah yang juga akan turut mengikuti sejumlah turnamen jalengkat, dll,” tulis Kamson Nicholson Napitu.

Mengakhiri pagelaran pembukaan, lantunan lagu Simalungun “Sipungkah Huta” yang dipopulerkan Yeyen marbun dinyanyikan bersama seluruh team termasuk pembina dan pelatih Sanggar Sihoda. 

Dua kali masuk reff, rasa haru menyelimuti sanubari, bernyanyi terbata-bata tak sanggup mengucapkan lafal tiap kata. nyaris ! menjatuhkan air mata, terutama saat Walikota Pematangsiantar bersama jajarannya disertai sejumlah punggawa kota ini merapat dengan team Sanggar Sihoda, berhadap-hadapan menyanyikan lagu. 

Setelah bersalaman dengan semua team Sanggar Sihoda sekitar 50an anggota yang turut tampil, Walikota Siantar membuka perayaan dengan pelepasan balon ke udara.

Tekad, komitmen dan perjuangan menjadi doa dan harapan merebut masa depan dengan “Sapangambei Manoktok Hitei dalam Habonaron do Bona”.

“Tiada gading yang tak retak, demikian juga Sanggar Sihoda dalam penampilan perdana di Kota Siantar. Jika ada saran dan masukan konstruktif kami tampung. Terimakasih, Salam kreatif. Horas horas horas!,” tulis Kamson Nicholson Napitu.

Sementara Jordi Purba mengaku dirinya ditelepon Sekdakot Pematangsiantar. Beliau sampaikan appresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak Sanggar Sihoda dan pembimbingnya. “Kata beliau, Siantar bangga punya sanggar seperti Sihoda. Semoga kedepan bisa terus bekerjasama,” ujar Jordi Purba. (BS)

Sumber: FB-Kamson Nicholson Napitu
 









 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.