}); Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar

Seni Budaya Simalungun Semarakkan Pembukaan HUT Ke 147 Pematangsiantar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 26 April 2018 | 20:59

Pembukaan Perayaan HUT Siantar 147 dimulai dengan "Tortor Maranggir", membersihkan diri oleh Putri Raja Siantar mengawali acara.
BeritaSimalungun, Pematangsiantar-Ragam Seni Budaya Simalungun semarakkan pembukaan Perayaan HUT Ke 147 Kota Pematangsiantar, Senin (23/4/2018). Ribuan masyarakat meyaksikan pertunjukan akbar Seni Budaya Simalungun dari Sanggar Sihoda tersebut. 

“Setetes dedikasi buat Siantar. Siang tadi Pembukaan Perayaan HUT Siantar 147 dimulai dengan "Tortor Maranggir", membersihkan diri oleh Putri Raja Siantar mengawali acara. Menyusul tortor dari kerajaan Tanah Jawa "Sirintak Hotang", Tortor "Mardogei" dari Kkerajaan Panei kerajaan Dolok Silou "Taur-taur", Kerajaan Raya "Tangis-tangis", Kerajaan Purba "Parultop-ultop", kerajaan Silimakuta "Tortor Gobar" disaksikan ribuan warga terutama anak sekolah yang juga akan turut mengikuti sejumlah turnamen jalengkat, dll,” tulis Kamson Nicholson Napitu.

Mengakhiri pagelaran pembukaan, lantunan lagu Simalungun “Sipungkah Huta” yang dipopulerkan Yeyen marbun dinyanyikan bersama seluruh team termasuk pembina dan pelatih Sanggar Sihoda. 

Dua kali masuk reff, rasa haru menyelimuti sanubari, bernyanyi terbata-bata tak sanggup mengucapkan lafal tiap kata. nyaris ! menjatuhkan air mata, terutama saat Walikota Pematangsiantar bersama jajarannya disertai sejumlah punggawa kota ini merapat dengan team Sanggar Sihoda, berhadap-hadapan menyanyikan lagu. 

Setelah bersalaman dengan semua team Sanggar Sihoda sekitar 50an anggota yang turut tampil, Walikota Siantar membuka perayaan dengan pelepasan balon ke udara.

Tekad, komitmen dan perjuangan menjadi doa dan harapan merebut masa depan dengan “Sapangambei Manoktok Hitei dalam Habonaron do Bona”.

“Tiada gading yang tak retak, demikian juga Sanggar Sihoda dalam penampilan perdana di Kota Siantar. Jika ada saran dan masukan konstruktif kami tampung. Terimakasih, Salam kreatif. Horas horas horas!,” tulis Kamson Nicholson Napitu.

Sementara Jordi Purba mengaku dirinya ditelepon Sekdakot Pematangsiantar. Beliau sampaikan appresiasi setinggi-tingginya kepada anak-anak Sanggar Sihoda dan pembimbingnya. “Kata beliau, Siantar bangga punya sanggar seperti Sihoda. Semoga kedepan bisa terus bekerjasama,” ujar Jordi Purba. (BS)

Sumber: FB-Kamson Nicholson Napitu
 









 
Share this article :

Post a Comment