Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Niar Damanik dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun

Niar Damanik (kiri) dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun. FB
BeritaSimalungun-Boelang Silampei Simalungun, adalah penutup kepala bagi kaum Hawa di Batak Simalungun. Kain ini dikenakan oleh para wanita biasa dan anak-anak bangsawan mengenakannya sebagai kain. Garis sampingnya berwarna merah tua, garis memanjang pada bagian tengah berwarna merah.

Hiou Boelang-boelang. Kain penutup kepala ini berwarna merah tua. Garis tengahnya memiliki tiga garis memanjang berwarna putih kelabu dengan bagian penutup berwarna putih kelabu, penuh bentuk simetris sebagai ragam hias. 

Pada ujung luarnya, kain ini memiliki jumbai panjang yang memberikan kesan dominan. Kain ini dikenakan oleh wanita yang sudah menikah dan hanya dibuat di Simalungun. 

Boelang Silampei Simalungun sudah lama tak lagi digunakan kaum wanita di Simalungun seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan doelonya Boelang Silampei Simalungun ini biasa digunakan sehari-hari oleh kaum wanita di Simalungun. 

Namun kini, ada dua sosok wanita yang tetap gencar mempromosikan atau mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun hingga zaman moderan sekarang ini. Disetiap moment dan kegiatan apa saja, kedua sosok wanita ini tak luput dan selalu percaya diri mengenakan Boelang Silampei Simalungun.
Wajah Boru Simalungun Mengenakan Boelang Silampei.
Adalah Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung. Kedua wanita Ber-Ahab (Militansi) Simalungun ini tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan bagi kaum Perempuan Simalungun agar mau dan percaya diri dalam memakai Boelang Silampei Simalungun sebagai kekayaan Budaya Daerah. 

Dari penelusuran linimasa sosial mereka dan catatan penulis, banyak sudah cara-cara yang mereka lakukan dalam mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun. Baik itu acara-acar besar seperti di Pagelaran Seni Budaya Simalungun April 2018 lalu di Taman Mini Jakarta dan juga Pesparawi Seksi Wanita GKPS Se Indonesia di Pematangsiantar Oktober 2017 lalu. 

Kedua sosok ini, Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung tak luput mengenakan Boelang Silampei Simalungun pada kedua acara besar tersebut. Ada juga yang sudah mengikuti jejak mereka. 

Misalnya salah satu kontingen Pesparawi Wanita saat itu serentak mengenakan Boelang Silampei Simalungun. Bahkan Seksi Wanita GKPS Jambi juga pernah mengenakan Boelang Silampei Simalungun saat peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi akhir Oktober  2017 lalu.

Bahkan kedua sosok wanita Simalungun ini, selalu mengenakan Boelang Silampei Simalungun dan juga selalu memosting gamber mereka lewat linimasa sosial media untuk lebih mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun. 
Gadis Simalungun Cantik Ini Mengenakan Bulang Silampei pada Pagelaran Budaya Simalungun di Teater Garuda TMII Jakarta Sabtu 21 April 2018-Photo Asenk Lee Saragih.
Penulis sengaja mengutip sejumlah gambar keduanya dan photo lainnya yang mengenakan Boelang Silampei Simalungun. Apa yang dilakukan Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung bukan karena dibayar pihak lain, namun karena niat dan ketulusan dalam mengabadikan Boelang Silampei Simalungun kepada Wanita Simalungun dimana sajapun berdomisili. 

Hal ini sebagai gerakan mencintai Seni Budaya Simalungun sebagai kekayaan Aset Bangsa yang harus diabadikan. Salut Buat Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung. Keduanya Pantas Menjadi Duta Boelang Silampei Simalungun. (Asenk Lee Saragih)
 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments