. Niar Damanik dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , » Niar Damanik dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun

Niar Damanik dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 15 May 2018 | 17:06

Niar Damanik (kiri) dan Anita Martha Hutagalung Pantas Jadi Duta Bulang Silampei Simalungun. FB
BeritaSimalungun-Boelang Silampei Simalungun, adalah penutup kepala bagi kaum Hawa di Batak Simalungun. Kain ini dikenakan oleh para wanita biasa dan anak-anak bangsawan mengenakannya sebagai kain. Garis sampingnya berwarna merah tua, garis memanjang pada bagian tengah berwarna merah.

Hiou Boelang-boelang. Kain penutup kepala ini berwarna merah tua. Garis tengahnya memiliki tiga garis memanjang berwarna putih kelabu dengan bagian penutup berwarna putih kelabu, penuh bentuk simetris sebagai ragam hias. 

Pada ujung luarnya, kain ini memiliki jumbai panjang yang memberikan kesan dominan. Kain ini dikenakan oleh wanita yang sudah menikah dan hanya dibuat di Simalungun. 

Boelang Silampei Simalungun sudah lama tak lagi digunakan kaum wanita di Simalungun seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan doelonya Boelang Silampei Simalungun ini biasa digunakan sehari-hari oleh kaum wanita di Simalungun. 

Namun kini, ada dua sosok wanita yang tetap gencar mempromosikan atau mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun hingga zaman moderan sekarang ini. Disetiap moment dan kegiatan apa saja, kedua sosok wanita ini tak luput dan selalu percaya diri mengenakan Boelang Silampei Simalungun.
Wajah Boru Simalungun Mengenakan Boelang Silampei.
Adalah Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung. Kedua wanita Ber-Ahab (Militansi) Simalungun ini tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan bagi kaum Perempuan Simalungun agar mau dan percaya diri dalam memakai Boelang Silampei Simalungun sebagai kekayaan Budaya Daerah. 

Dari penelusuran linimasa sosial mereka dan catatan penulis, banyak sudah cara-cara yang mereka lakukan dalam mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun. Baik itu acara-acar besar seperti di Pagelaran Seni Budaya Simalungun April 2018 lalu di Taman Mini Jakarta dan juga Pesparawi Seksi Wanita GKPS Se Indonesia di Pematangsiantar Oktober 2017 lalu. 

Kedua sosok ini, Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung tak luput mengenakan Boelang Silampei Simalungun pada kedua acara besar tersebut. Ada juga yang sudah mengikuti jejak mereka. 

Misalnya salah satu kontingen Pesparawi Wanita saat itu serentak mengenakan Boelang Silampei Simalungun. Bahkan Seksi Wanita GKPS Jambi juga pernah mengenakan Boelang Silampei Simalungun saat peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi akhir Oktober  2017 lalu.

Bahkan kedua sosok wanita Simalungun ini, selalu mengenakan Boelang Silampei Simalungun dan juga selalu memosting gamber mereka lewat linimasa sosial media untuk lebih mengkampanyekan Boelang Silampei Simalungun. 
Gadis Simalungun Cantik Ini Mengenakan Bulang Silampei pada Pagelaran Budaya Simalungun di Teater Garuda TMII Jakarta Sabtu 21 April 2018-Photo Asenk Lee Saragih.
Penulis sengaja mengutip sejumlah gambar keduanya dan photo lainnya yang mengenakan Boelang Silampei Simalungun. Apa yang dilakukan Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung bukan karena dibayar pihak lain, namun karena niat dan ketulusan dalam mengabadikan Boelang Silampei Simalungun kepada Wanita Simalungun dimana sajapun berdomisili. 

Hal ini sebagai gerakan mencintai Seni Budaya Simalungun sebagai kekayaan Aset Bangsa yang harus diabadikan. Salut Buat Niar Br Damanik dan Anita Martha Br Hutagalung. Keduanya Pantas Menjadi Duta Boelang Silampei Simalungun. (Asenk Lee Saragih)
 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.