}); Ikan Mas Danau Toba | BeritaSimalungun
Home » , , , » Ikan Mas Danau Toba

Ikan Mas Danau Toba

Written By Beritasimalungun on Thursday, 21 June 2018 | 14:16

IKAN MAS UKURAN JUMBO DI DANAU TOBA.FB
BeritaSimalungun, Parapat-Ikan mas adalah salah satu ikan kesukaan orang Batak khususnya di seputaran Danau Toba. Dalam danau tersebut ada beragam spesis ikan seperti nila, perak, lele dan sebagainya. 

Dulu masih banyak ditemukan mujahir, pora2, sapet bahkan asasa. Ada juga mariring yang mirip ikan teri. Dalam perkawinan adat Batak, ikan mas memegang peranan penting. Inilah santapan kedua mempelai dalam sepiring berdua. Diramu sedemikian rupa sehingga enak dicicipi. 

Kenapa ikan mas?

Menurut hemat saya, memang ikan inilah yang paling cocok. Selain nikmat, ukurannya memenuhi standar. Lele terlalu kecil. Apalagi mujahir. Selain kurus, ukurannya paling sebesar jari telunjuk orang dewasa. Dan mudah pula didapat.

Semasa saya masih usia kanak2, kami sering melihat ikan mas hilir mudik berombongan di dekat tepian pantai. Tapi belum pernah melihat langsung di dalam air berukuran jumbo.

Tapi bukan berarti ikan mas di Danau Toba tidak memilikinya. Meski jarang, beberapa kali kami melihat nelayan seberang (Pulau Samosir) datang ke Parapat menjajakan tangkapannya. Ikan mas seberat di atas 10 kg. Sanking beratnya, sang penjaja terpaksa memikulnya di punggung belakang.

Maklumlah, kehidupan ekonomi pada masa itu belum secerah sekarang. Dengan kata lain, tak sanggup membelinya meski pun air liur sudah keburu ngences melihatnya. 

Karena tak mampu, maka terjadilah binda. Yaitu, usaha bersama beberapa tetangga, saling mengumpulkan uang lalu mengerjakannya bersama-sama. Alhasil, keluarga pun bisa menikmati dan menyantap ikan mas "raksasa" tersebut.

Tak ada yang aneh. Normal2 saja. Bahkan anak2 yang turut menyantap ikan tersebut, di kemudian hari banyak yang berhasil bahkan menjadi petinggi.

Memang, namanya juga jaman now, keadaan tentu banyak berubah. Mungkin sesuatu yang aneh apabila menemukan ikan mas seberat di atas 10 kg. Kenapa? Tentunya tak lepas dari kondisi alam habitatnya. 

Terlepas apa penyebabnya, yang jelas air Danau Toba sudah tercemar. Selain faktor predator, rusaknya lingkungan tentu membuat populasi ikan Danau Toba kian berkurang. 

Maka itu sulit ditemukan ikan mujahir. Yang kita lihat sekarang adalah familinya yaitu nila. Begitu juga pora2 dengan ikan perak sekarang.

Jadi, tak ada yang aneh dengan ikan mas Danau Toba. Ah, jadi teringat marbinda pada jaman old. Tuak...mana tuak....(FB-
Sarido Ambarita)
IKAN MAS UKURAN JUMBO DI DANAU TOBA.FB


IKAN MAS UKURAN JUMBO DI DANAU TOBA.FB

IKAN MAS UKURAN JUMBO DI DANAU TOBA.FB

IKAN MAS UKURAN JUMBO DI DANAU TOBA.FB
Share this article :

Post a Comment