}); Wahana Permainan Air Hadir di Danau Toba Parapat | BeritaSimalungun
Home » , » Wahana Permainan Air Hadir di Danau Toba Parapat

Wahana Permainan Air Hadir di Danau Toba Parapat

Written By Beritasimalungun on Friday, 15 June 2018 | 10:08

Wahana Permainan di Air Hadir Di Danau Toba Parapat
BeritaSimalungun, Parapat-Sebagai kota tujuan wisata Danau Toba tentu kehadiran sejumlah industri pendukungnya sangat dinantikan masyarakat sekitar terlebih bagi para wisatawan, sehingga kesan Danau Toba yang membosankan dengan pemandanganhanya itu-itu saja bisa bervariasi dengan kehadiran wahana lain yang menawarkan tempat bermain di air (permukaan air Danau).

Wahana Permainan di Air Hadir Di Danau Toba Parapat
Lalu, perihal kehadiran Water Fun Nine di areal permukaan Danau Toba tepat dihamparan Siantar Hotel Parapat yang berdekatan dengan Pantai Bebas parapat, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumu dan saat ini masih tahapan pemasangan dan finishing, sepertinya memiliki beberapa unit jenis ‘taman bermain terapung’.

Kepada wartawan Erlina yang mengaku sebagai urusan Publik Relation wahana permainan ini menyampaikan bahwa taman bermain air apung yang saat ini disediakan di kota Parapat merupakan wahana satu-satunya terbesar di Indonesia selain di Bali, katanya.

“Taman bermain apung ini paling besar di Indonesia dan bahkan Asia karena jumlah jenis permainan ratusan unit dan berada langsung di tempat terbuka bahkan bearada di tengah Danau Toba ,” ujarnya.

Nantinya setiap pengunjung yang ingin bermain didalamnya akan dibebankan tiket Rp 55.000/orang disaat hari biasa (low season) dan pada High season (hari libur) dibebankan tiket Rp 85.000/orang dan waktu bermainnya pun hanya 1 jam.

Dengan harga tiket itu maka semua jenis permainan dapat dinikmati dan dicoba dengan waktu yang sudah ditetapkan dengan sistem menggunakan alat yang dilingkarkan pada pergelangan tangan, bila waktunya sudah habis, maka secara otomatis nomor yang berada ditangannya akan berbunyi (alaram), jadi kita Fair Play, Ujar Erlina warga Binjai itu.

Erlina juga meyakinkan bahwa dengan adanya taman bermain Water Fun yang akan menetap di Danau Toba Parapat adalah bagian dari kerjasama pemilik wahana ini dengan pihak Badan Otorita Danau Toba (BODT) serta Kementerian Parawisata, dan sebagai wujud kepedulian Kementerian Pariwisata Pusat maupun Presiden Joko Widodo yang menyertakan Danau Toba diantara Top Ten Destinasi Wisata di Indonesia, serta dukungan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang berasal dari Tapanuli dengan motto “Marsipature Huta Na Be”, Imbuhnya.

Wahana yang direncanakan dibuka untuk umum dimulai tanggal 15 Juni 2018, Ujar Andi, saat memantau sejumlah pemasangan ambal menuju wahana tersebut di Hotel Siantar Parapat, serta memanggil tim Basarnas untuk melatih penjaga wahana.

Andi mengatakan tidak tahu harga nilai nominal semua wahananya itu. “Saya tidak tahu nilai nominalnya, karena tokenya dirumah lah, saya hanya pekerja disini," ujar  WNI turunan itu.

Camat Girsip James Siahaan ytang dikonfirmasi terkait areana bermain ini justru merasa baru tahu. 
 
Wahana Permainan di Air Hadir di Danau Toba Parapat
“Saya baru tahu disana bakal ada wahana permainan itu, sebab jauh hari sebelumnya mereka itu tidak pernah menyampaikan hasratnya kepada kita. Silahkan mereka main tembak ke pusat sana, tetapi kita sebagai Pemerintah setempat bersama Uspika, Tokoh Masyarakat dan rekan lainnya wajar mengetahui apa saja yang akan bertumbuh kembang dikota ini," sebutnya. 

"Dan jangan disaat ada persoalan muncul lalu kita yang ditumbalkan untuk mengatasi permasalahan disana, yang jelas kita senang ada permainan itu, tetapi apa salahnya kita saling menghormati, sebagai penghusaha mereka kita hargai dan sebagai masyarakat dan unsur pimpinan di Kecamatan ini kitapun haruslah saling memahami juga demi perkembangan wisata kita, namun kita akan lihat percobaan mereka dan sedang kita arahkan untuk ikut mekanisme perjanjiannya,” katanya.

Pihak management wahana Water Fun Nine (WaterFun9) Andi saat dikonfirm, mengatakan hari ini pukul 17.00 Wib kami sudah mengundang Camat, Kapolsek Parapat dan Anggotanya untuk mencoba menikmati wahana ini nanti sore, kami juga sudah menyampaikan sama mereka dan kita akan jelaskan kembali nanti, Ujarnya.

Ditanya izin wahana di danau toba ini, Andi mengatakan sudah mengantongi izin dan lengkap. Akan tetapi saat ditanya perihal pemasangan ‘kondom jala’ sebagai pengamanan dibawah permainan itu, Andi mengatakan tidak perlu dan justru kelak membahayakan para pengunjungnya, sebab 1 orang petugasnya akan mengawasi 10-20 orang pengunjung yang bermain.
Tim Basarnas Torang Hutahean yang memberikan pelatihan kepada petugas yang akan menjaga wahana tersebut mengatakan, bahwa kedalaman Danau Toba lokasi wahana tersebut diperkirakan mencapai kedalaman 20 m.

“Pun demikian semua pengunjung tetap diberi pelampung kusus dan tetaplah menjaga kemanan dan kenyamanan bermain," kata Torang.

Sebenarnya, wahana Aqua Adventure Track seperti ini sudah terlebih dulu berada didaerah-daerah lain seperti di daerah Batam kepulauan Riau, konsepnya dirancang dengan proses pembangunan kawasan rekreasi terbaik dan berstandar internasional. 

Dengan mentransisikan kawasan pusat golf dan resort pantai Palm Springs Batam menjadi kawasan yang nyaman untuk keluarga dan memiliki hiburan yang edukatif, Sea Forest Adventure menjadi destinasi terbaik bagi para keluarga, turis dan masyarakat yang ingin menikmati suasana indah dan nyaman dengan panorama golf dan pemandangan pinggir pantai sambil merasakan pelayanan dan berbagai hiburan yang berkualitas.

 “Akankah Danau Toba ini mapu bersaing dengan standar yang sudah terlebih dulu hadir diluar sana, semoga berhasil," ujar salah seorang warga Parapat, B Sinaga (55) di Siantar Hotel Parapat. (BS)


Share this article :

Post a Comment