Home » , , , » Lapas Bakal Dibangun di Pematangsiantar

Lapas Bakal Dibangun di Pematangsiantar

Written By Beritasimalungun on Thursday, 2 August 2018 | 18:47

Kota Pematangsiantar.
Siantar, BS-Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II, Pematangsiantar, Mananti Sianturi bersama rombongan pejabat dari PTPN III mendatangi kantor Walikota Pematangsiantar. Kehadiran mereka disambut oleh Asisten I, Leonardo Simanjuntak dan Asisten II, Akhir Harahap, Kamis (2/8/2018). Kedatangan Kalapas dan pihak PTPN III dalam rangka rencana pembangunan Lapas di Kota Pematangsiantar.

Berkaitan dengan itu Leonardo Simanjuntak menyatakan akan menyampaikan usulan tersebut kepada Walikota sehingga dapat dipelajari dengan baik. Hanya saja, dalam pertemuan itu pihak Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar belum mendapatkan informasi secara deteil lokasi rencana pembangunan Lapas. Untuk itu, perlu kehati-hatian.

Hal paling penting, kata Leonardo Simanjuntak adalah koordinasi dengan pihak perencana Pemko Pematangsiantar yaitu kaitannya dengan Ruang Terbuka Ruang Wilayah (RTRW).

“Perlu ada kecocokan. Jangan nanti dibangun malah berbenturan dengan RTRW Kota Pematangsiantar. Nanti usulan mereka (Kalapas dan pihak PTPN III-red) akan kita sampaikan ke Walikota. Tunggu pulanglah beliau,” terangnya.

Ketika dipertanyakan mengenai lahan mana yang akan dihibahkan pihak PTPN III untuk lokasi Lapas, kata Leonardo Simanjuntak, belum ada kepastian. Namun jika lahan yanh dimaksud adalah eks PTPN III yang ada di Tanjung Pinggir, maka tentu harus dilakukan terlebih dahulu pemindahan aset. 

“Itu kan belum dialihkan menjadi aset Pemko. Makanya harus jelas titik lokasinya dan lahan yang mana mau dipergunakan. Jangan nanti menimbulkan masalah,” katanya.

Sementara Kalapas Kelas IIB Pematangsiantar, Mananti Sianturi enggan memberikan penjelasan terkait dengan rencana tersebut.(*)

Sumber: MetroSiantar.com
Share this article :

Post a Comment