. Satgas Pangan Polres Simalungun Sidak Harga Pangan di Tanah Jawa | BeritaSimalungun
Home » , , » Satgas Pangan Polres Simalungun Sidak Harga Pangan di Tanah Jawa

Satgas Pangan Polres Simalungun Sidak Harga Pangan di Tanah Jawa

Written By Beritasimalungun on Saturday, 11 August 2018 | 05:44

Ketua Tim Satgas Pangan Ipda Panji Nugraha STK dan anggota bersama Disperindag Simalungun gelar Sidak di Pekan Tanah Jawa.

Pardagangan, BS-Tim Satgas Pangan Kabupaten Simalungun yang digawangi oleh Polres Simalungun, dipimpin oleh Ipda Panji Nugraha STK bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Simalugun, Kamis (9/8/2018) sekira pukul 10.30 WIB, menggelar sidak ke Pasar Pekan Tanah Jawa, Kelurahan Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa.

Kegiatan tersebut selain merupakan rutinitas berkala yang dilakukan oleh Tim Satgas, juga untuk menangkal terjadinya lonjakan harga kebutuhan masyarakat yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, khususnya lonjakan terhadap harga daging ayam dan telur, yang terjadi beberapa hari terakhir ini.

Dengan berbekal acuan dari Kementrian Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia dengan Nomor: 27/M-Dag/PER/5/2017, yang mengatur bahwa acuan harga daging ayam ras sebesar Rp 32.000,-/Kg, dan harga acuan telur ayam ras sebesar Rp 18.000,-/Kg, Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan lansung ke pedagang.

Saat ditemui dilokasi kegiatan, Ketua Tim Ipda Panji Nugraha STK mengatakan, “Kegiatan kami merupakan bagian dari monitoring langsung terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat, dengan tujuan agar stabilitas harga pangan di Kabupaten Simalungun dapat terjaga, sehingga masyarakat pun dapat tenang dan nyaman dalam membelinya”, kata Panji.

“Kemarin sempat ada isu harga daging ayam dan telur melonjak sangat tinggi di wilayah Kabupaten Simalungun. Untuk itu kami bersama Disperindag Kabupaten Simalungun melakukan sidak kemari, Pasar Pekan Tanah Jawa ini. Hasilnya hari ini kami tidak menemukan adanya lonjakan harga yang melambung tinggi”, jelasnya lagi.

“Harga daging ayam dan telur masih dalam ambang batas normal, dan telur yang dijual pun adalah telur ayam broiller (ayam eropa). Begitu juga juga dengan harga-harga bahan pokok lainnya, semuanya masih normal kami temukan dilapangan”, tambahnya.

Berikut harga-harga bahan pokok yang dijual di Pekan Tanah Jawa dari hasil Sidak Tim Satgas Pangan Polres Simalungun. Harga 1 papan berisi 30 butir telur Rp 40.000,-, dengan eceran per butir antara Rp 1.400,- hingga Rp 1.500,-. Harga Daging Ayam Broiller Rp 32.000,-/Kg. Harga Daging Ayam Kampung Rp 55.000,-/Ekor. Harga Ayam Merah Rp 50.000,-/Ekor.

Kemudian harga Daging Sapi Rp 120.000,-/Kg, Harga Cabe Merah Rp 28.000,-/ Kg, Harga Cabe Rawit Rp 32.000,-/Kg, Harga Bawang Merah Rp 25.000,-/Kg, Harga Bawang Putih Rp 20.000/Kg, dan Harga Tomat Rp 7.500,-/Kg. Dari semua harga yang didapat oleh Tim Satgas Pangan tersebut masih terpantau normal dan tidak ada yang naik melambung tinggi.

“Dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada para pedagang agar jangan coba-coba melakukan spekulasi harga yang tidak sesuai dengan ketentuan, dengan tentunya tetap menjaga kualitasnya bahan bahan pokok”, kata Perwira termuda jebolan Akpol yang menjabat Kanit Idik II/Tipieter-Ekonomi, Satreskrim Polres Simalungun.(*)

Sumber: MetroSiantar.com 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.