Home » , , , , » Dr Sortaman Saragih Merebut Kembali Tiket Ke Senayan

Dr Sortaman Saragih Merebut Kembali Tiket Ke Senayan

Written By Berita Simalungun on Thursday, 4 October 2018 | 17:56

132 Caleg DPR RI Perebutkan 10 Kursi Jatah Dapil III Sumut di Senayan
Dr Sortaman Saragih SH MARS.
Siantar, BS-Sebanyak 132 orang Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) III yang meliputi Kota Pematangsiantar-Kabupaten Simalungun-Kabupaten Karo-Kabupaten Dairi-Kabupaten Langkat-Kota Binjai-Kabupaten Pakpak Bharat-Kabupaten Batubara-Kabupaten Asahan -Kota Tanjung Balai akan memperebutkan 10 kursi jatah Dapil Sumut III di Senayan pada Pileg April 2019. 

Dapil Sumut III ini tergolong merupakan dapil paling ketat antarcalon Caleg DPR RI. Pasalnya sejumlah nama yang popular mencuat di dapil III, terutama caleg yang masih duduk sebagai Anggota DPR RI.


Sejumlah nama caleg Patahana dari Dapil Sumut III yakni lain Nasril Bahar dari Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 1, Hinca Panjaitan dari Demokrat nomor urut 1, Dr Junimart Girsang dari PDIP nomor urut 2, Martin Hutabarat dari Gerindra nomor urut 1, HM Ali Umri dari Nasdem nomor urut 1, Dr Capt Anthoni Sihombing dari Golkar nomor urut 2, Ali Wongso Sinaga dari Golkar nomor urut 5.


Kemudian caleg yang diperhitungkan bisa mendulang suara yakni Dr Sortaman Saragih dari Perindo nomor urut 4 dan Drs Djarot Saiful Hidayat dari PDIP nomor urut 1. Pada pemilu 2014 lalu, Dr Sortaman Saragih yang saat itu maju dari Gerindra unggul dari satu partainya Martin Hutabarat. 

Hasil pleno KPU Provinsi Sumatera Utara saat itu perolehan suara untuk Sortaman Saragih tercatat 29.945 suara dan Martin Hutabarat tercatat 29.925 suara. Namun saat Pleno KPU Pusat suara Dr Sortaman Saragih berkurang sebanyak 47 suara dan gagal duduk di Senayan dan mendudukkan Martin Hutabarat. 

Caleg pendatang baru yang cukup diperhitungkan di Dapil Sumut III adalah Drs Djarot Saiful Hidayat. Setelah kalah di Pilgubsu Juni 2017 lalu, mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat ini jadi caleg nomor urut 1 dibuat PDIP di Dapil Sumut III. 

Diharapkan pemilih saat Pilgubsu Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus bisa berlabuh kepada Djarot pada Pileg Rabu 17 April 2019.   

Keunggulan masing-masing caleg dapat dilihat dari kemampuan dan antusiasme mereka dalam menjaring massa. 

Pileg April 2019 sebanyak 132 Caleg DPR RI Dapil Sumut III terbagi dari PKB 10 Caleg, Gerindra 10 Caleg, PDIP 10 Caleg, Golkar 10 Caleg, NasDem 10 Caleg, Partai Garuda 2 Caleg, Partai Berkarya 6 Caleg, PKS 8 Caleg, Perindo 10 Caleg, PPP 10 Caleg, PSI 10 Caleg, PAN 10 Caleg, Hanura 9 Caleg, Demokrat 10 Caleg, PBB 5 Caleg, PKPI 2 Caleg. (Asenk Lee Saragih)
 
Share this article :

Post a Comment