Home » , , » Gerakan Patunggung Simalungun(GPS)

Gerakan Patunggung Simalungun(GPS)

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 27 November 2018 | 09:24


Oleh: Dearmando Damanik 

Simalungun bersatu dalam mendukung pembangunan Tugu Sangnawaluh Raja Siantar Damanik, ada segelintir orang yang merasa lahir dan berbuat di Siantar yang menolak Pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh dan meminta kepada Walikota untuk memeindah kan Tugu tersebut dengan alasan yang tidak masuk akal.

Sementara Pembangunan Tugu tersebut telah disetujui melalui prosedur yang legal dengan surat Walikota dan Peletakan Batu pertama pada tanggal 10 Nov 2018 bersamaan dengan pelaksaan Harungguan Bolon I(Hb I) Tuppuan Damanik Boru Panagolan Indonesia TDBP Indonesia. Pelaksaanaan Pembangunan juga telah teken Kontrak oleh pihak ketiga dengan menggunakan anggaran Pemerintah.

Dan perlu kita ketahui bahwa pada saat peletakan batu pertama pendirian Tugu di hadiri oleh Walikota,Ketua MUI dan Ketua DPRD kota sendiri.

Namun setelah Tugu di mulai di kerjakan ada sekelompok orang yg merasa keberatan dan meminta Tugu untuk di pindahkan,yg lebih mirisnya dalam orasi tersebut yang hadir justru orang-orang yang bukan suku Simalungun.

Kearifan lokal yang ada ingin digeser dan terindikasi ingin menghilangkan sejarah pendiri kota sianrar sendiri dengan memakai cara intimidasi.

Dalam irasinya bila Walikota tidak memindahkan pembangunan maka organisasi tsb akan menurunkan massa dalam jumlah yang lebih besar.

Untuk itu Gerakan Patunggung Simalungun merasa terusik dengan kejadian itu dan merasa perlu membuat PENEGASAN dengan apa yang terjadi di Tanoh Habonaron Do Bona - Sapangambei Manoktok Hitei yang kami cintai.

Tidak ada istilah Pemindahan lagi untuk Pembangunan Tugu Raja Siantar kami sepakat sebagai Simada Talun dan Juga keturunan Raja Marpitu yang ada di Siantar - Simalungun untuk membela leluhur kami yang juga termasuk icon dan sekaligus Raja Siantar yg menurut kami wajar untuk di Hargai dan menentukan Hak kami di Tanah kaami diami.

Kami menghargai ke beragaman yang ada namun kami juga tidak mentolelir sekelompok orang yang mau mengusik keberadaan kearifan lokal yang ada di tabah leluhur kami.

Dengan ini juga :
Hubatta haganupan na Mangahap Simalungun pakon hita Hasusuran Raja Marpitu na adong i Siantar - Simalugun on ase riap ma hita na laho Patunggung kon tanoh Hasusuran ta.

Roh ma hita na laho mambaen acara Harungguan Bolon Patunggung Simalungun bani ari Senin 3 Desember 2018, anjanah Manortor. On ma songon tugah tugah hu banta Haganup hita na sapangahapan bani Tanoh Habonaron Do Bona - Sapangambei Manoktok Hitei...Hita do simada Talun ..Hita do targoran si Pukkah Huta....Horas...Horas...Horas.
Share this article :

Post a Comment