. Gerakan Patunggung Simalungun(GPS) | BeritaSimalungun
Home » , , » Gerakan Patunggung Simalungun(GPS)

Gerakan Patunggung Simalungun(GPS)

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 27 November 2018 | 09:24


Oleh: Dearmando Damanik 

Simalungun bersatu dalam mendukung pembangunan Tugu Sangnawaluh Raja Siantar Damanik, ada segelintir orang yang merasa lahir dan berbuat di Siantar yang menolak Pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh dan meminta kepada Walikota untuk memeindah kan Tugu tersebut dengan alasan yang tidak masuk akal.

Sementara Pembangunan Tugu tersebut telah disetujui melalui prosedur yang legal dengan surat Walikota dan Peletakan Batu pertama pada tanggal 10 Nov 2018 bersamaan dengan pelaksaan Harungguan Bolon I(Hb I) Tuppuan Damanik Boru Panagolan Indonesia TDBP Indonesia. Pelaksaanaan Pembangunan juga telah teken Kontrak oleh pihak ketiga dengan menggunakan anggaran Pemerintah.

Dan perlu kita ketahui bahwa pada saat peletakan batu pertama pendirian Tugu di hadiri oleh Walikota,Ketua MUI dan Ketua DPRD kota sendiri.

Namun setelah Tugu di mulai di kerjakan ada sekelompok orang yg merasa keberatan dan meminta Tugu untuk di pindahkan,yg lebih mirisnya dalam orasi tersebut yang hadir justru orang-orang yang bukan suku Simalungun.

Kearifan lokal yang ada ingin digeser dan terindikasi ingin menghilangkan sejarah pendiri kota sianrar sendiri dengan memakai cara intimidasi.

Dalam irasinya bila Walikota tidak memindahkan pembangunan maka organisasi tsb akan menurunkan massa dalam jumlah yang lebih besar.

Untuk itu Gerakan Patunggung Simalungun merasa terusik dengan kejadian itu dan merasa perlu membuat PENEGASAN dengan apa yang terjadi di Tanoh Habonaron Do Bona - Sapangambei Manoktok Hitei yang kami cintai.

Tidak ada istilah Pemindahan lagi untuk Pembangunan Tugu Raja Siantar kami sepakat sebagai Simada Talun dan Juga keturunan Raja Marpitu yang ada di Siantar - Simalungun untuk membela leluhur kami yang juga termasuk icon dan sekaligus Raja Siantar yg menurut kami wajar untuk di Hargai dan menentukan Hak kami di Tanah kaami diami.

Kami menghargai ke beragaman yang ada namun kami juga tidak mentolelir sekelompok orang yang mau mengusik keberadaan kearifan lokal yang ada di tabah leluhur kami.

Dengan ini juga :
Hubatta haganupan na Mangahap Simalungun pakon hita Hasusuran Raja Marpitu na adong i Siantar - Simalugun on ase riap ma hita na laho Patunggung kon tanoh Hasusuran ta.

Roh ma hita na laho mambaen acara Harungguan Bolon Patunggung Simalungun bani ari Senin 3 Desember 2018, anjanah Manortor. On ma songon tugah tugah hu banta Haganup hita na sapangahapan bani Tanoh Habonaron Do Bona - Sapangambei Manoktok Hitei...Hita do simada Talun ..Hita do targoran si Pukkah Huta....Horas...Horas...Horas.
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.