}); Jalan Haranggaol Nasibmu Kini | BeritaSimalungun

Jalan Haranggaol Nasibmu Kini

Written By Beritasimalungun on Sunday, 7 April 2019 | 09:55

“Tutup Dulu Keramba, Baru Jalan Diperbaiki” 
Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro
Oleh: Asenk Lee Saragih

Haranggaol, BS-Keluhan pengguna jalan dan warga Haranggaol, Kecamatan Horisan Haranggaol, Kabupaten Simalungun soal kerusakan parah jalan sepanjang 10 KM dari Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan  terus menyeruak di sosial media. Bahkan usaha dengan swadaya oleh warga Haranggaol untuk mengatasi darurat kerusakan jalan Haranggaol rupaya tak bertahan lama.

Sudah hampir 10 tahun lamanya, kerusakan jalan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan  terus dipelihara. Bahkan ada juga kalimat-kalimat nyeleneh dari warganet yang menyebutkan “Sebelum Tutup Usaha Keramba di Haranggaol, Jalan Tak Akan Diperbaiki Pemkab Simalungun”.  

Tak tahu siapa awalnya menghembuskan kalimat yang kurang enak dibaca ini. Kalimat yang memprovokasi penggiat usaha Keramba Jaring Apung (KJA) di Haranggaol dengan Pemkab Simalungun dalam hal ini Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih.

Namun pada kenyataanya memang demikian adanya. Sejak adanya usaha KJA di Pantai Danau Toba Haranggaol, selama itu pula kondisi Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan kondisinya rusak parah. 

Ada yang menyebutkan, mobilisasi truk-truk penganggut pakan ikan KJA dan sebaliknya truk penganggkut ikan hasil KJA dari Haranggaol  membuat jalan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan  rusak. 

Juga ada menuliskan di lini masa sosial media, bahkan retribusi truk-truk penganggut pakan ikan KJA dan sebaliknya truk penganggkut ikan hasil KJA dari Haranggaol  tidak masuk ke PAD Simalungun. Loh ko bisa begitu? Ini perlu dijelaskan oleh pihak terkait. 

Sebenarnya pada Tahun 2017 lalu mulai ada titik cerah soal perbaikan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan yang diprogramkan Pemkab Simalungun.
Namun, proyek pekerjaan kerusakan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol-Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun tak sesuai janji Bupati Simalungun JR Saragih. Kerusakan jalan lintas sepanjang sekitar 10 Km itu kini hanya mendapat alokasi anggaran untuk pekerjaan 3,7 Km dengan nilai kontrak Rp 7,8 Miliar.

Proyek pekerjaan kegiatan pemeliharaan berkala ini dikerjalan oleh PT Rumah Ukir Mulia dengan nilai kontrak fisik Rp 7,1 Miliar dari Dana Alokasi Khusus APBD Simalungun TA 2017 dengan panjang jalan 3.720 meter x 4 meter kualitas hotmix dengan waktu pekerjaan 150 hari kalender yang dimulai SPMK 2 Agustus 2017.

“Papan proyek resmi dari Dinas terkait Pemkab Simalungun ini jelas merujuk angka 3.700 m (3,7 km ) Sementara Jalan Rusak Sisanya (JRS) itu 7.300M (7,3Km). Mungkin yang dimaksud dengan mulus dan nyaman menuju Seribudolok itu dengan mengunduh aplikasi Gojek Kopter. Naik kopter sisanya. Padahal jalan yang diperbaiki hanya 1/3 dari panjang jalan. Itupun yang diperbaiki sisi yang masih baik. Menyisakan lebih panjang sisi yang lebih buruk dan dengan biaya dan waktu kerja yang aduhai aduhai,” tulis Darma Purba, warga Haranggaol.

Darma Purba juga mengkritisi isi berita dari media lokal yang menuliskan pembangunan Jalan Sirpang Haranggaol-Haranggaol Horisan yang akan mulus. Sebelumnya Bupati Simalungun JR Saragih medio Maret 2017 lalu berjanji kalau jalan lintas Sirpang Haranggaol-Haranggaol Horisan akan dibangun sekaligus. Namun pada kenyataanya hanya sepertiganya saja.

“Rasanya pewarta tidak mungkin tidak memahami prinsip-prinsip dasar Jurnalisme. Jangan-jangan menulis hanya dengan metode apa katanya atau apa kau bilang,” ujar Darma Purba.

Isi Berita

Berikut ini kutipan dari www.siantarnews24jam.co.id soal pemberitaan perbaikan jalan Sirpang Haranggaol-Haranggaol Horisan. Setelah dinantikan begitu lama, akhirnya Pemkab Simalungun memperhatikan kondisi jalan menuju Haranggaol, Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun.

“Kami menyambut baik perhatian dan kepedulian Pemkab Simalungun atas pembangunan jalan menuju haranggaol ini,” kata Libet Ronal Sinaga, Sabtu (2/9/2017) lalu.

Dengan diperbaikinya jalan menuju Haranggaol tersebut, maka akan mempermudah dan memberi rasa nyaman bagi penguna jalan yang melintas menuju Saribudolok.“Dengan kondisi jalan yang semakin baik, kita berharap agar jalan tersebut di perbaiki sesuai dengan RAP,” sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan penguna jalan Daniel Sinaga menyambut baik atas perbaikan jalan menuju haranggaol tersebut. Sebab, jalan itu juga bisa merupakan alternatif menuju Saribudolok. Dengan peningkatan dan perbaikan jalan yang dilakukan pemerintah, akan mempermudah akses menuju Saribudolok. 

“Tentu juga memudahkan pengangkutan hasil bumi, sehingga harga semakin baik. Kita sangat berterima kasih kepada Bupati JR Saragih yang memperbaiki jalan tersebut. Karena apa yang dicita-citakan masyarakat selama ini berharap jalan diperbaiki, akhirnya terealisasi. Jalan akan jauh lebih nyaman, tidak ada lagi batu berserakan di badan jalan. Kita selaku pengguna jalan berterima kasih kepada JR Saragih sebagai Bupati Simalungun,” kata Daniel Sinaga.

Fakta Dilapangan

Namun apa yang diungkapkan Libet Ronald Sinaga dan Daniel Sinaga tak terbukti hingga memasuki bulan April 2019 ini. Bahkan kondisi jalan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan semakin parah. 

Adapun aksi gotong royong yang dilakukan warga Haranggaol selama ini hanya sebagai penanganan darurat saja pada titik-titik jalan yang rusak parah. Hal itu dilakukan agar akses transportasi angkutan pakan dan hasil KJA dari Haranggaol lancer. 

Kembali lewat linimasa sosial media, Doni Siboro membagikan lima foto truk pengangkut pakan ikan KJA dari hasil foto Nelson Malau dan Fredy Sidauruk yang terbalik di Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan, Jumat April 2019 Pagi.

Foto truk terbalik itu menunjukkan, begitu parahnya kerusakan Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan kini. Bahkan upaya dari Dinas PU Kabupaten Simalungun untuk memberikan “Pertolongan Dadurat” pada jalan rusak itu seperti tak ada.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Simalungun Dapil Haranggaol, Anggota DPRD Sumatera Utara dapil Simalungun, Anggota DPR RI Dapil Sumut III (Termasuk Kabupaten Simalungun) tak bisa berbuat banyak, bahkan hanya sebagai penikmat foto-foto kerusakan jalan Haranggaol.

Sebagai pengingat, setidaknya ada Anggota DPR RI Dapil Sumut III (Termasuk Kabupaten Simalungun) seperti Junimart Girsang (PDIP), Martin Hutabarat (Gerindra), Anthon Sihombing (Golkar), Ansory Siregar (PKS), Nasril Bahar (PAN), Fadly Nurzal (PPP), Rudi Hartono Bangun (Demokrat), Ali Umri (NasDem), Samsudin Siregar (Hanura) yang bisa ikut andil dalam menyuarakan kondisi kerusakan jalan Haranggaol ini. 

Walaupun bukan pada bidang mereka, namun sebagai mitra konstituen (Pemilih), Anggota DPR RI Dapil Sumut III itu bisa memberikan masukan kepada Pemkab Simalungun (Bupati JR Saragih) dan Gubernur Sumut atau Dinas PUPR Provinsi Sumut. Namun pada faktanya, mereka hanya ingin meraup suara sekali dalam 5 tahun saja. Sesudahnya “Selamat Tinggal”.

Memasuki Pemilu Rabu 17 April 2019, warga Haranggaol Khususnya, dan Masyarakat Pemilih di Kabupaten Siantar-Simalungun Umumnya, Penulis Mengajak Untuk Memilih Cerdas. Jangan lagi Pilih Para “Wakil Rakyat Pecundang” Ini. Sudah Saatnya Ganti Seluruh Anggota DPRD, DPRD Sumut dan DPR RI yang memiliki Dapil Haranggaol Sekitarnya dan Kabupaten Simalungun Seluruhnya. 

Semoga Dengan Tak Menunggu Lama Lagi, Jalan Lintas Sirpang Haranggaol, Kecamatan Purba-Haranggaol Horisan Bisa Mulus dan Presiden Joko Widodo Singgah ke Haranggaol. Semoga. (Penulis Warga Asal Haranggaol-Tinggal di Jambi).
Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Truk Pengangkut Pakan Ikan KJA Haranggaol terguling saat melintasi Jalan Haranggaol, Jumat (5/4/2019). Foto FB Doni Siboro

Share this article :

Post a Comment