}); Surat Terbuka Birgaldo Sinaga Untuk Bapak Presiden Jokowi... | BeritaSimalungun
Home » , , » Surat Terbuka Birgaldo Sinaga Untuk Bapak Presiden Jokowi...

Surat Terbuka Birgaldo Sinaga Untuk Bapak Presiden Jokowi...

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 24 April 2019 | 18:16

ILUSTRASI
Beritasimalungun-Pak Jokowi yang baik. Tidak banyak kabupaten yang memenangkan bapak hingga di atas angka 90 persen.

Inilah 6 Kabupaten di Tanah Batak yang memenangkan Jokowi Amin dengan  Kab Samosir sebagai juara pertama memberikan kemenangan Jokowi-Amin 97,67 persen.   Persentase tertinggi se Indonesia.

1. Kab. SAMOSIR /Pangururan = 97,67% .
2. Kab. TOBASA /Balige = 95,58% .
3. Kab. HUMBAHAS /DolokSanggul = 95,51%
4. Kab .TAPUT /Tarutung = 94,08  %
5. Kab. KARO/Kabanjahe = 91,50 %
6 . Kab. DAIRI /Sidikalang = 89,56% .

Di seluruh Pulau Sumatera,  hanya kampung halaman saya Tanah Batak  yang memberi angka kemenangan untuk #01 begitu fantastis yaitu 95 persen. Tidak ada kabupaten lain di Pulau Sumatera yang begitu mencintai dan menyayangi Pak Jokowi selain warga Tanah Batak.

Setiap hari doa dan pengharapan akan kemenangan Jokowi Amin bergema di ruang-ruang rumah keluarga masyarakat Tanah Batak.  Setiap hari di pasar rakyat,  di lapo,  di pertemuan paguyuban adat nama Pak Jokowi kencang dibincangkan.

Ibu-ibu pedagang pasar hanya tahu nama Pak Jokowi saja.  Mereka bersenandung sambil berjualan tentang betapa bangganya mereka pada Pak Jokowi.

Ada getar iman,  doa dan pengharapan menjulang dibisikkan dari setiap bibir warga Tanah Batak di sana.  Tentang apa itu mimpi pembangunan yang membawa perubahan Tanah Batak. Masih banyak kemiskinan dan ketimpangan di sana.

Pak Jokowi di Tanah Batak kesetiaan telah terbukti.  5 tahun lalu warga Tanah Batak juga memenangkan Jokowi-JK dengan angka di atas 90 persen.  Kesetiaan itu karena Pak Jokowi juga setia pada setiap helaan nafas rakyat Indonesia. Helaan nafas rakyat senafas dengan helaan nafas Pak Jokowi. Mereka  menaruh harap banyak pada pundak Pak Jokowi.

Sebagai relawan Pak Jokowi di Jakarta yang juga orang Batak,  saya ingin menyuarakan suara saudara2 saya dari tanah kelahiran saya. Tanah Batak memberi cinta begitu besar kepada Pak Jokowi.  Dalam cinta yang besar itu ada harapan dinantikan.  Harapan yang wajar sejatinya.  Harapan seperti seorang anak pada ayahnya. Ketika ayahnya dapat piala kemenangan si anak berharap ada oleh-oleh dibawa ke rumah.

Apakah oleh-oleh  kemenangan itu?

Banyak yang perlu dibangun di tanah kelahiran saya Pak.  Banyak sekali. Kemiskinan dan ketimpangan pembangunan masih jauh dibanding kabupaten Sumut lainnya.  Apalagi dibanding Pulau Jawa. Belum lagi pembangunan sumber daya manusia yang perlu diselaraskan dengan perubahan abad industri 4.0.

Oh Ya Pak Jokowi, mewakili perasaan warga Tanah Batak di kampung halaman saya,  Bapak Jokowi pastilah sudah mendengar ada seorang gubernur yang di daerahnya bapak ditolak hampir mutlak di sana.

Sudahlah Pak Jokowi memberi cinta dan perhatian begitu besar, tetap saja semua cinta perhatian yang Pak Jokowi berikan tak dianggap.  Rasanya apa yang bapak berikan seperti besi rongsokan saja buat orang2 di sana.  Setiap hari bapak dicibir,  difitnah,  dihujat,  dicemooh,  dihina dan direndahkan.

Saya tahu hati Pak Jokowi seluas samudra.  Kami tahu jiwa Pak Jokowi setinggi angkasa. Meskipun dihina,  difitnah, dihujat,  dicemooh,  direndahkan,  dicaci maki Pak Jokowi masih sanggup tersenyum manis di sana.  Pak Jokowi masih bisa menelan masakan khas asal sana.

Tapi Pak Jokowi... Tanpa mengurangi rasa hormat dan bermaksud menggurui.  Bolehlah untuk kali ini anak2 Bapak yang sangat mencintai dan mendukung Bapak mendapat cinta yang lebih besar juga dari Bapak.  Wajar dong Pak kalau seorang ayah memberi cinta yang lebih besar pada anak yang mencintai ayahnya daripada yang setiap hari mencaci maki dan menolak kedatangan bapak.

Saya kira permintaan dan harapan  Tanah Batak tidaklah diluar batas ya Pak.  Namun jikapun tidak bisa terwujud janganlah Pak Jokowi khawatir. Orang Batak itu mudah meleleh hatinya Pak.  Mereka tahu dan mengerti mana merpati dan mana ular.  Selagi Pak Jokowi tulus seperti merpati Pak Jokowi akan tetap jadi presiden seumur hidup di hati orang Batak.

Demikian Pak Jokowi surat terbuka ini saya sampaikan.  Semoga Pak Jokowi semakin sehat dan  kuat dalam menjaga republik ini tetap berdiri kokoh seperti cita-cita leluhur pendiri bangsa kita.

Tuhan memberkati Indonesia. Salam perjuangan penuh cinta. (Birgaldo Sinaga)
Share this article :

Post a Comment