. Ini 12 Manfaat Sihala (Gentjung Dan Rias) Bagi Manusia | BeritaSimalungun
Home » , » Ini 12 Manfaat Sihala (Gentjung Dan Rias) Bagi Manusia

Ini 12 Manfaat Sihala (Gentjung Dan Rias) Bagi Manusia

Written By Beritasimalungun on Friday, 7 June 2019 | 13:35

Ini 12 Manfaat Sihala (Gentjung Dan Rias) Bagi Manusia.
Beritasimalungun-Mungkin anda belum begitu familiar dengan nama Gentjung atau Rias (Bahasa Batak Toba) atau Kecombrang (Indonesia) dan (Sihala dalam bahasa Batak Simalungun). Biasanya suku Batak Toba pada umumnya mengenal dan pernah mengkomsumsi gentjung ini baik dirumah maupun rumah makan khas Toba.

Aroma dan rasa gentjung ini justeru menawarkan rasa yang khas dan nikmat ketika punya kemampuan untuk mengolahnya menjadi bahagian dari santapan makan keluarga. Disisi lain gentjung punya khasiat lainnya untuk kesehatan, silahkan dishare dan dinikmati manfaatnya:

1. Membersihkan Darah

Manfaat kecombrang yang pertama adalah kemampuannya yang dapat membersihkan darah. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyehatkan tubuh dengan cara membersihkan darah. Sehingga aliran darah akan menjadi lebih lancar sehingga tidak ada organ tubuh yang terganggu akibat darah yang kurang bersih.

2. Mengatasi Bau Badan

Khasiat kecombrang yang terdapat di bagian batangnya dapat dijadikan sebagai sabun, yang dapat menghasilkan busa dan bau yang wangi. Dengan begitu kecombrang dapat digunakan untuk mengurangi serta mengatasi bau badan yang Anda alami.

3. Melancarkan ASI

Manfaat kecombrang untuk wanita menyusui yaitu dapat digunakan untuk melancarkan produksi ASI (Air Susu Ibu). Anda dapat mengkonsumsi bunga kecombrang baik diolah sebagai rempah atau menjadi lalapan yang bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan produksi ASI.

4. Mengatasi Beragam Masalah Kulit

Bunga kecombrang dapat digunakan untuk mengatasi beragam masalah pada kulit seperti penyakit campak, cacar, dan beberapa jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan karena kekurangan vitamin, virus, maupun dikarenakan bakteri.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Bunga kecombrang mengandung berbagai mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dan mineral yang terkandung di dalamnya juga dapat digunakan untuk menguatkan gigi dan membentuk gigi yang kuat dan sehat.

6. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah diketahui bahwa kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan tubuh Anda menjadi kurang fit. Salah satu cara untuk mempertahankan cairan tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi bunga kecombrang.

Hal ini dikarenakan bunga kecombrang mengandung air dan mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan atau karena cuaca yang panas.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Oleh karena itu otak harus selalu dijaga nutrisinya agar pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak tersuplai dengan baik. Dengan mendapat nutrisi yang terpenuhi, maka fungsi otak dapat meningkat.

8. Mengobati Luka

Manfaat kecombrang yang selanjutnya yaitu dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi luka, selain menggunakan obat-obatan kimiawi. Hal ini dikarenakan kecombrang memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu mencegah terjadinya infeksi pada yang bagian yang terluka.

9. Cocok Sebagai Menu Diet

Kecombrang memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, yaitu sekitar 1mg per 1 ons. Dengan begitu dapat dipastikan bahwa sayuran kecombrang ini tidak akan membuat Anda mengalami kegemukan. Sehingga, combrang ini sangat ideal untuk dikonsumsi sebagai menu diet Anda.

10. Menetralkan Asam Lambung

Jika Anda memiliki masalah pada lambung, terutama asam lambung berlebih, Anda dapat segera mengkonsumsi kecombrang atau yang disebut dengan bunga honje ini untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kecombrang mengandung suatu senyawa yang berperan secara efektif untuk mengatasinya.

11. Mampu meningkatkan selera makan sekalipun disisi lain mampu untuk mengurangi berat badan.

12. Menjadi tanaman hias tanpa mengurangi keindahan pekarangan bila di tanam sesuai dengan kebutuhan.
Silahkan dicoba. (FB-Tulang Sam)
 
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.