. Membangkitkan Kembali Semangat “Marhobas” di Pesta Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Siahaan | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Membangkitkan Kembali Semangat “Marhobas” di Pesta Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Siahaan

Membangkitkan Kembali Semangat “Marhobas” di Pesta Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Siahaan

Written By Beritasimalungun on Saturday, 20 July 2019 | 07:48

"Marjagal".
Jambi-Tradisi “Marhobas” untuk mempersiapkan menu Pesta Pernikahan anak kini kembali dibangkitkan oleh Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Sihaan yang beralamat di Jalan Raden Wijaya No 68 RT 27/RW 06 Kebun Kopi, Kota Jambi. Betapa tidak, tradisi “marhobas” yang sudah mulai hilang dari Kumpulan Marga di perkotaan akibat maraknya bisnis catering, kini kembali “dibangkitkan” oleh Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi.

Dengan Motto “Sapanganbei Manoktok Hitei” Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi dengan sukarela “marhobas” dalam mempersiapkan menu Pesta Pernikahan Edy Jhohan Purba SH anak dari Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Sihaan dengan Saurma Br Barasa SE Putri dari T Barasa/ Br Siagian dari Jalan TP Sriwijaya Lorong Kejayaan RT 19 No 10, Kota Jambi. 

Pemberkatan Pernikahan dilaksanakan di Gereja HKBP Kotabaru Jambi, Sabtu 20 Juli 2019 Pukul 09.00 WIB dan Pesta Adat diadakan di Gedung Puri Gracia Raiisa Komplek SMAN 6 Kotabaru Jambi, Sabtu 20 Juli 2019 Pukul 13.00 WIB. 

Dalam mempersiapkan Menu Pesta, Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi “Marhobas” masak arsik ikan mas di Rumah Keluarga Bp Sidauruk/ Br Purba Pakpak Sukarejo Kota Jambi, Jumat 19 Juli 2019. 

Tampak Ibu-Ibu Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi semangat dalam mempersiapkan menu ikan arsik ikan mas tersebut. Ibu-Ibu lanjut usia hingga kawula muda membaur dan saling tolong menolong dengan penuh kegembiraan dalam “marhobas” ini.

Selanjutnya pada Sabtu 20 Juli 2019 subuh, Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi juga dengan semangat Motto “Sapanganbei Manoktok Hitei” “marjagal” di rumah Rumah Keluarga Bp Sidauruk/ Br Purba Pakpak Sukarejo Kota Jambi.

Kebersamaan yang dibalut kekeluargaan dalam “marhobas” melahirkan kembali budaya gotong royong sesama anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi, tidak hanya dalam dukacita, namun juga dalam sukacita.

Semoga tradisi “Marhobas” yang kembali dikobarkan anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi tetap berkelanjutan dengan rasa penuh sukacita dan rasa kekeluargaan. Dan pada akhirnya Segenap Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru Panogolan se Kota Jambi Mengucapkan Selamat Membina Rumah Tangga Baru kepada Edy Jhohan Purba SH dengan Saurma Br Barasa.

Dan kepada kedua orang tua mempelai Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Sihaan dan T Barasa/ Br Siagian diberikan usia yang panjang hingga “Sayurmatua Patogutogu Pahompu”. (Asenk Lee Saragih)
Selamat Membina Rumah Tangga Baru kepada Edy Jhohan Purba SH dengan Saurma Br Barasa.
Gallery Foto  “Marhobas” di Pesta Keluarga St J Purba Pakpak/ Br Siahaan . Foto-Foto dari Group WA Purba Pakpak Jambi



 



























































Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.