}); Wagner Damanik Janji Benahi SMA Plus PMS Raya | BeritaSimalungun
Home » , , » Wagner Damanik Janji Benahi SMA Plus PMS Raya

Wagner Damanik Janji Benahi SMA Plus PMS Raya

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 10 July 2019 | 18:55

Kuliah Umum dan Wawasan Kebangsaan Irjen Pol Drs M Wagner Damanik MAP di USI.
Beritasimalungun-SMA Plus PMS Raya pernah jadi kebanggaan Simalungun. Karena SMA Plus PMS Raya kala itu merupakan sekolah unggulan yang banyak menciptakan anak didik berprestasi, bahkan lulusannya banyak masuk PTN.

Balon Bupati Simalungun St Irjen Pol (Purn) Drs Maruli Wagner Damanik memberikan pendapat soal SMA Plus PMS Raya di Group WA Forum Diskusi Simalungun (FDS).

Berikut ini pendapat  Wagner Damanik: SMA Plus PMS selama ini dikelola PMS yang diketuai oleh Bupati Simalungun selaku Ketua PMS. Yang mendirikannya oleh Alm Jabanten Damanik ketika menjabat Bupati Simalungun. 

Pengelolanya Lawei Salmon Sinaga. Ketika itu banyak yang diterima baik di ITB maupun UI dan siswa-siswanya adalah putra-putri Simalungun tanpa dipungut bayaran karena jumlahnya-pun tidak banyak.

Namun belakangan ini sepertinya pengelolaannya lebih berorientasi kepad profit dan sudah dikenakan biaya serta siswanya justru banyak dari luar Simalungun. Hasilnya yang kita lihat sekarang ini kurang dapat bersaing dengan SMA Plus lainnya. Orang-orang yang berkompeten baik yang dulu maupun sekarang ini masih ada di group FDS. Ini sekedar informasi, kalau salah mohon dikoreksi.

Saya sedikit paham mengenai SMA Plus PMS  saat baru pendiriannya. Ketika pendiriannya saya menjabat Wakapolres Simalungun dan sering mendampingi Abang saya Alm Jabanten Damanik.

Beliau dengan niat yang tulus mendirikan SMA Plus tersebut, sekalipun dengan dana yang sangat terbatas. Bahkan saya ingat ketika Rombongan Siswa Lemhannas RI berkunjung ke SMA tersebut yang langsung diundang oleh Bupati Simalungun Alm Jabanten Damanik.

Dengan harapan mereka memberi bantuan, dan itu terjadi. Saya waktu itu mendampingi Bupati Simalungun. Saat itu pengelolanya Lawei Salmon Sinaga. Saya hanya melihat niat ketulusan Alm Jabanten Damanik membangun SDM Simalungun agar mampu bersaing masuk PTN di Jawa, hasilnya memang cukup luar biasa. 

Harapan kita ke depan SMA Plus ini bisa bersaing dengan Sekolah DEL dan SMA Plus Soposurung Balige. Semua ini tergantung siapa pemimpin kelak di Simalungun.(Asenk Lee)
 
Share this article :

Post a Comment