}); Beritaduka, Dr Cosmas Batubara Tutup Usia | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Beritaduka, Dr Cosmas Batubara Tutup Usia

Beritaduka, Dr Cosmas Batubara Tutup Usia

Written By Beritasimalungun on Thursday, 8 August 2019 | 07:20

Dr Cosmas Batubara dalam satu seminar "Simalungun Tbe Besst" di Kantor Bina Manajemen Jalan Menteng Raya No 9 Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2016. Foto Dok
Beritasimalungun-Drs Cosmas Batubara, Menteri Perumahan Rakyat era Presiden Soeharto (Orde Baru) selama 4 periode, tutup usia di RSCM Kencana Jakarta, Kamis 8 Agustus 2019 Pukul 03.27 WIB karena sakit. 

Kabar Dukacita ini disampaikan oleh anak Almarhum yang diteruskan Jefri Purba digroup WA “Sambung Rasa Haranggaol” Kamis (8/8/2019) Pukul 05.17 WIB.

“Berita Duka: Telah meninggal dunia dengan tenang Bapak Dr Cosmas Batubara pada hari Kamis, 8 Agustus 2019 pukul 03.27 di RSCM Kencana. Kami yang berduka, Cypriana Pudyati Hadiwidjana, Artur & Rika Batubara, Robert dan Prisca Andriessen, Heber dan Elfrida Batubara, Hendra Batubara.
Cucu: Dika, Arya, Nathan, Lauren, Breeana,” tulis pesan di WA tersebut.

“Keluarga Besar  Haranggaol Horisan Se Jabodetabek Mengucapkan Turut Berduka cita atas dipanggilnya Bapak Dr Cosmas Batubara ke Rumah Bapak di Surga, semoga Keluarga yang di tinggal diberikan kekuatan dan penghiburan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, Amen, “ tulis Samuel Purba, Ketua Keluarga Besar  Haranggaol Horisan Se Jabodetabek.

Dr Cosmas Batubara adalah Putra Simalungun yang lahir di Desa Purba Saribu, Kecamatan Horisan Haranggaol, Kabupaten Simalungun, Sumut. Belakangan Dr Cosmas Batubara sakit dan dirawat intensif. 


Baca: "Sinden" Simalungun Disawer Dr Cosmas Batubara Dengan Dolar
Baca: Dr Cosmas Batubara Seminar "Simalungun The Best"
Dr Cosmas Batubara dalam satu seminar "Simalungun Tbe Besst" di Kantor Bina Manajemen Jalan Menteng Raya No 9 Jakarta Pusat, Selasa 26 Januari 2016. Foto Dok

Biografi Dr Cosmas Batubara
Dr Cosmas Batubara. Foto Wikipedia
Mengutip dari https://id.wikipedia.org, Cosmas Batubara lahir di Purbasaribu, Simalungun, Sumatera Utara, 19 September 1938, adalah seorang politikus Indonesia. Di masa Mahasiswanya dia adalah Ketua Presidium Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Ketua Presidium KAMI Pusat. 

Dia adalah Pelopor Gerakan Mahasiswa Angkatan 66 yang disegani. Ia pernah menjabat Menteri Muda Urusan Perumahan Rakyat, Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Menteri Tenaga Kerja, ketiganya dalam masa pemerintahan presiden Soeharto. 

Ia menikah dengan R.A. Cypriana Hadiwijono dan dikaruniai 2 putra dan 2 putri. Ia telah memiliki sebuah otobiografi politik yang berjudul Cosmas Batubara: Sebuah Otobiografi Politik yang diterbitkan dibawah Penerbit Buku Kompas di Jakarta, Maret 2007.


Kenangan Ny St RK Purba Pakpak


Mengetahui kabar dukacita itu, Nt St RK Purba Pakpak Boru Sitepu menghubungi Penulis menayakan kabar tersebut. Dia menyebutkan bahwa (Alm) Dr Cosmas Batubara satu angkatan 66 dengan (Alm) St RK Purba Pakpak (Meningal Senin 17 Juni 2019) juga dengan Abdul Gafur. 

“Saat kami di Jakarta, Alm St RK Purba diajak Alm Cosmas Batubara masuk dunia politik. Namun saya melarang Bapak. Saya bilang kita jadi pengusaha saja. Bahkan Bapak dulu sempat diajak jadi anggota DPR, tapi ditolak karena saat itu gaji DPR sedikit,” tutur P Br Sitepu mengisahkan.

Menurut Ny St RK Purba Br Sitepu, terakhir jumpa dengan istri Cosmas Batubara (R.A. Cypriana Hadiwijono) beberapa bulan lalu di Jakarta. Juga sempat mengajak agar Alm St RK Purba saat sakit berobat ke Jepang, seperti yang dilakukan Alm Cosmas Batubara.

“Mereka pergi (St RK Purba, Cosmas Batubara) dalam waktu berdekatan. Kami keluarga Besar St RK Purba Pakpak mengucapkan Turut Berdukacita atas meninggalnya Dr Cosmas Batubara. Semoga keluarga yang ditinggal tabah dan tegar,” ucap Ny St RK Purba P Br Sitepu.
(Asenk Lee Saragih)
Pertemuan terakhir Pengurus kumpulan Haranggaol Horisan se jabodetabek dengan Bapak Dr Cosmas Batubara (kelima dari kiri) pada bulan April 2019 di Rumah dr Darwan Purba di cendana Meneteng Jakarta Pusat. Foto WA “Sambung Rasa Haranggaol”.


 
Share this article :

Post a Comment