. Putri Dari Pdt J Wismar Saragih Ikut Rayakan Pesta Olobolob (J-116) GKPS 2019 | BeritaSimalungun
Home » , , , » Putri Dari Pdt J Wismar Saragih Ikut Rayakan Pesta Olobolob (J-116) GKPS 2019

Putri Dari Pdt J Wismar Saragih Ikut Rayakan Pesta Olobolob (J-116) GKPS 2019

Written By Beritasimalungun on Sunday, 15 September 2019 | 20:21

Putri dari Pdt J Wismar Saragih Pdt Minaria Br.Sumbayak STh ikut bersama Pada Pesta Olobolob (J-116) GKPS Resort Cililitan yang dilaksanakan di Gedung Sejahtera, Cipayung, Jakarta, Minggu (15/9/2019). (FB)
Beritasimalungun, Jakarta-Putri dari Pdt J Wismar Saragih Pdt Minaria Br.Sumbayak STh ikut bersama Pada Pesta Olobolob (J-116) GKPS Resort Cililitan yang dilaksanakan di Gedung Sejahtera, Cipayung, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

St Jaberkat Purba menuliskan kisah Pdt Minaria Br.Sumbayak STh yang selalu ikut Pesta Olobolob meski dalam kondisi lansia dan memakai kursi roda (sepeda dorong).


St Jaberkat Purba: Inang ini selalu hadir dalam setiap perayaan Jubileum (Olob-olob) GKPS, masuk nya Injil ke tanah Simalungun, Sep 1903. Pendeta Pertama dari kalangan Simalungun, adalah ayah beliau, Pdt J.Wismar Saragih.

Ibu ini adalah pensiunan Pendeta (Emeritus) di HKBP. Suaminya adalah Pdt.Dr.W.Sihite, pernah menjadi Pendeta Resort di HKBP Tebet. 

Beberapa tahun setelah Pendeta W.Sihite meninggal, ibu ini melayani di HKBP yang sama hingga pensiun- maaf kalau tidak pas. Setelah Inang ini pensiun, dia banyak berkunjung dan beribadah di GKPS.

Dalam masa tuanya ini, Inang ini rajin menulis, salah satu buku nya berjudul "Suara Dari Mimbar", sudah terbit hingga seri ke-30 (tahun 2018), berisi khotbah (Jamita) yang ditulis dalam bahasa Batak Toba dan Indonesia. Selain itu buku tersebut berisi pengetahuan penting tentang iman Kristen.

Saat ini, walau sudah di kursi roda pun Inang ini harus hadir di Pesta Olob-olob. Katanya, harusnya minggu lalu nya dia pergi, tapi lupa nggak ada yang mengingatkan. Untung masih ada hari ini, 15 September 2019.

Tahun ini dia bersama kami di Resort Cililitan, di Gedung Sejahtera, yang di-panitia-i oleh GKPS Cipayung. Tahun ini, inang ini berumur 90 tahun (lahir 7 Juni 1929). Beliau adalah putri bungsu Pdt.J.Wismar Saragih, dia adalah Pdt.Minaria Sihite Br Sumbayak STh.

Longlife, Inang, biarlah Tuhan menopangmu sehingga tetap kuat untuk melayani umat dan semoga engkau menjadi teladan dan nasehat bagi kami.

Tuhan juga mengasihi keluarga yang merawatnya. Memang, Penyebaran Injil di Simalungun, tidak lepas dari keluarga Pdt J.Wismar Saragih. Wajar, dalam setiap Pesta Olob-Olob GKPS termasuk mengenang jasa beliau. Selamat Olob-Olob ma, Inang.(FB-Jaberkat Purba)·
Putri dari Pdt J Wismar Saragih Pdt Minaria Br.Sumbayak STh ikut bersama Pada Pesta Olobolob (J-116) GKPS Resort Cililitan yang dilaksanakan di Gedung Sejahtera, Cipayung, Jakarta, Minggu (15/9/2019).(FB)
St Jaberkat Purba: Selamat marpesta Olob2 GKPS di Resort Cililitan.
Bersama Sekjem Pdt. Paul U.Munthe, dalam busana Simalungun.

Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.