}); Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Sandang Gelar Baru Master Seni | BeritaSimalungun
Home » , , , » Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Sandang Gelar Baru Master Seni

Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Sandang Gelar Baru Master Seni

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 4 September 2019 | 18:38

Sang “Maestro Simalungun” Triadil Saragih Sandang Gelar Baru Master Seni. (Foto Istimewa)
Beritasimalungun-Triadil Saragih S.Pd, M.Sn adalah salah satu “Simalungun youth Motivator” bagi kaum milenial Simalungun. Sosok pemuda yang sangat mencintai kesenian Simalungun dan selalu berjuang untuk terus mengangkat dan memperkenalkan kesenian Simalungun dikencah Nasional maupun Internasional.


“Kita sebagai generasi milenial Simalungun sangat terinspirasi dari sosok Triadil Saragih. Beliau memiliki kepribadian yang sangat pintar, baik, ramah dan mampu menyesuaikan diri kemanapun ia pergi. Triadil adalah sosok pemuda yang sangat sederhana. Tapi saya bangga dari kesederhanaannya, sekarang ia sudah mendapatkan gelar Master Seni di Pascasarjana Insitut Kesenian Jakarta 4 September 2019. Ini menjadi motivasi bagi kita kaum muda Simalungun,” ujar Ketua DPP Bidang Pendidikan Himpunan Mahasiswa Pemuda Simalungun (Himapsi),  Jhon Mejer Purba, Rabu (4/9/2019).

Menurut Jhon Mejer Purba, mereka sangat bangga dengan umur yang masih muda 26 tahun, Triadil Saragih sudah mampu menyelesaikan studinya di Pascasarjana IKJ.

“Saya selalu ikuti aktivitas yang dilakukan oleh Triadil Saragih, karena dia juga aktif menggunakan akun media sosialnya. Ternyata selain kuliah ia juga seorang pemuda yang aktif dalam kepemudaan gereja dan kepemudaan Simalungun,” ujarnya.

Disebutkan, Triadil Saragih aktif di gereja GKPS Salemba di Jakarta. Beberapa jemaat yang ada di GKPS Salemba juga selalu mengapresiasi sosok Triadil Saragih hadir di GKPS Salemba karena sudah banyak membuat perubahan khususnya dalam  pelayanannya mengkordinir  pemusik  Ibadah dan merangkul pemuda untuk semakin aktif untuk melayani.

“Selain aktif di Jemaat, ia ternyata aktif juga di Resort dan Pusat ( Distrik), Triadil juga sukses menjadi ketua panitia Natal di GKPS Resort Cempaka Putih 2017 dan sekarang menjadi bagian acara di Youtcamp Pemuda GKPS Distrik VII 2019,” ujar Jhon Mejer Purba.

Selain aktif di pelayanan gereja,  Triadil juga aktif “Marsimalungun” di kancah nasional dan memperkenalkan kesenian Simalungun.

“Saya melihat kehadiran Triadil Saragih di Jakarta sangat mempengaruhi banyak masyarakat Simalungun untuk semakin mencintai budaya Simalungun khususnya kami kaum milenial Simalungun,” katanya.

Triadil Saragih sukses menjadi ketua pelaksana di acara Pagelaran Budaya “Simalungun Untuk Indonesia” 21 April 2018 di TMII Jakarta dan menghadirkan lebih kurang 2000 penonton dan dihadiri  Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko yang mewakili Presiden Joko Widodo yang di Ketua umumnya oleh Elisben Purba Dasuha SH ( Patunggung Simalungun) dan yang menjadi Ketua Umum Himapsi saat itu adalah Andar Abdi Saragih M,Si.  

Triadil Saragih mampu merangkul pemuda Simalungun untuk menjadi pengisi acara saat itu sebanyak 120 dan membawakan tor-tor Sombah dan “Haroan Bolon”. Selain itu, Triadil juga aktif bersama komunitas Patunggung Simalungun untuk membuat acara seni budaya Simalungun.

Selain punya keterampilan berkesenian yang cukup, Triadil Saragih juga sosok pemuda yang mampu melobi, yang penting untuk kesenian Simalungun membangun.

Triadil Saragih berhasil masuk meloby panitia Asian Games 2018 dan menampilkan Tor-tor Sombah dan Haroan Bolon di Jakarta. Selain itu, dalam postingan di Facebooknya Triadil Saragih juga dua tahun ini berhasil masuk ke Istana Negara mengikuti upacara Bendera Kemerdekaan RI ke 73 dan 74 tahun bersama Presiden Republik Indonesia. Saat mengikuti upacara bendera di Istana Negara, Triadil Saragih juga tidak lupa mengenakan Busana Simalungun.

Kata Jhon Mejer Purba, masih banyak apa yang sudah dilakukan Triadil Saragih selama dua tahun ini ketika dia sampai di Jakarta. Bahkan sebelum ia sampai ke Jakarta ia juga selalu berbuat untuk mengangkat kesenian Simalungun, mungkin ini hanya beberapnya saja.

“Kita bangga dengan sosok Triadil Saragih. Beliau adalah Simalungun Youth Motivator bagi kami. Sekali lagi, Selamat dan sukses Triadil Saragih atas gelar barunya mendapatkan gelar Master Seni ( M.Sn). Simalungun sangat bangga padamu, Indonesia sangat bangga padamu. Sehat selalu dan terus menjadi inspirasi bagi kita kita pemuda Simalungun,” katanya.

“Ini yang saya tau tentang Triadil Saragih, kira kira kamu punya pengalaman gak bersama Triadil Saragih? Yok tuliskan dan share sebanyak banyaknya agar pemuda yang satu ini bisa semakin jadi berkat bagi banyak orang khususnya bagi kita kaum milenial Simalungun untuk terus mengembangkan budaya Simalungun di kencah Nasional dan INternasional. Salam hangat sahabat-sahabatmu kaum milenial Simalungun,” ujar Jhon Mejer Purba berpesan.(Asenk Lee Saragih)
Triadil Saragih

 

Triadil Saragih

Share this article :

Post a Comment