}); Hadiri Penanaman Pohon, Bupati Ajak Aparatur dan Masyarakat Jaga Hutan | BeritaSimalungun
Home » , , , , » Hadiri Penanaman Pohon, Bupati Ajak Aparatur dan Masyarakat Jaga Hutan

Hadiri Penanaman Pohon, Bupati Ajak Aparatur dan Masyarakat Jaga Hutan

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 15 October 2019 | 08:08

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM menghadiri kegiatan penanaman sejuta pohon bersama TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan komponen masyarakat Kabupaten Simalungun, yang dilaksanakan di Bangun Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Selasa (15/10/2019). (Foto2 Humas)
Beritasimalungun-Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM menghadiri kegiatan penanaman sejuta pohon bersama TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan komponen masyarakat Kabupaten Simalungun, yang dilaksanakan di Bangun Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini dilaksanakan di masing- masing desa di 7 Kabupaten yang berada di seputaran danau Toba dengan mengangkat tema "satu pohon sangat berarti untuk lingkungan". Kegiatan penanaman sejuta pohon ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, MH pada pelaksanaan di Kabupaten Karo.

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, SIK, M.Si saat membacakan sambutan Kapolda Sumatera Utara menyampaikan bahwa penanaman pohon di seputaran danau Toba sebagai tindakan penghijauan dan reboisasi dengan menanam berbagai jenis bibit pohon diantaranya bibit pohon Macadamia sebanyak 3000 batang, Pinus 3000 batang, Mangga 2000 batang dan Alpukat 2000 batang serta berbagai jenis tanaman lainnya.

"Total ada 10.000 bibit tanaman yang akan kita tanam untuk wilayah Kabupaten Simalungun," ujarnya.

Melalui penanaman sejuta pohon ini, Kapolda berharap masyarakat tidak lagi melakukan penebangan liar terhadap hutan kawasan danau Toba serta kebakaran hutan dan lahan yang bisa merugikan ekosistem lingkungan hidup dan perekonomian. Polri juga akan melakukan tindakan hukum bila ada masyarakat yang melakukan penebangan hutan di kawasan danau Toba.

"Saya minta penanaman pohon ini digalakkan di seluruh daerah strategis lainnya di Sumatera Utara, karena selain berfungsi untuk menjaga kelestarian alam juga mencegah terjadinya banjir dan longsor serta dapat menjadi daerah wisata yang strategis di masa mendatang," tambahnya.

Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kapolda dan jajaran Poldasu yang telah mengadakan kegiatan penamanan pohon mendukung penghijauan di Simalungun. Ini merupakan bentuk dukungan pada program Pemerintah Pusat dalam menjadikan danau Toba sebagai destinasi pariwisata skala nasional.

Menurut Bupati tanaman yang ditanam juga merupakan tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat seperti macadamia, mangga, kemiri, durian dan lainnya sehingga nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Kami mengapresiasi Kapolda dan jajarannya yang memberikan perhatian kepada Danau Toba dengan pelaksanaan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Bupati.

Kepada Camat, Pangulu dan masyarakat, Bupati berpesan untuk menjaga dan merawat tanaman tersebut agar dapat tumbuh dengan baik, sehingga program penanaman sejuta pohon ini dapat berhasil. Jika berhasil, masyarakat yang akan menikmati hasilnya di masa yang akan datang.

"Mari kita jaga dan rawat hutan, apa yang sudah kita tanam hari ini, nantinya kita juga yang akan menikmati hasilnya," tambah Bupati.

Selanjutnya dilaksanakan penanaman pohon oleh Bupati, Kapolres Simalungun, Kajari Simalungun, Dandenpom I/I, Dandim 0207/Sml, DPRD Simalungun, Ketua Bhayangkari, Ketua PN Simalungun, Kepala KPH Simalungun, Partuha Maujana Simalungun serta tokoh masyarakat.(BS-Rel/Lee) 













 
Share this article :

Post a Comment