}); Komet and Friends (Pematang Raya) Juara I Cover Lagu "Patungung Simalungun" | BeritaSimalungun
Home » , , , , , , » Komet and Friends (Pematang Raya) Juara I Cover Lagu "Patungung Simalungun"

Komet and Friends (Pematang Raya) Juara I Cover Lagu "Patungung Simalungun"

Written By Beritasimalungun on Monday, 28 October 2019 | 07:16

Komet & Friends | Lomba Cover Lagu Patunggung Simalungun. (Foto Kolase Youtube)

Beritasimalungun, Jakarta-Pengumuman Lomba Cover Lagu "Patunggung Simalungun" Ciptaan Agus Erdiman Purba untuk seluruh kategori telah diumumkan pada malam Konser "Nyanyian Rakyat Simalungun" yang dikemas oleh Patunggung Simalungun dengan membawakan Konsep dari Setia Dermawan Purba dari USU Medan di Gedung Setia Mekar Wijaya, Jakarta Sabtu, 26 Oktober 2019. Juara 1 adalah Komet and Friends (Pematang Raya) dengan total hadiah Rp 15 Juta.

"Komet & Friends, wah...wah...!!! Kehadiran Komet And Friends pada lomba lagu Patunggung Simalungun ini membuat ajang lomba agak sedikit heboh. Genre rock yang disajikan Komet & Friends pada lagu Patunggung Simalungun membuat lagu tersebut terasa menggebrak suasana, membuat Simalungun yang lampae-lampei terkesan garang," tulis  Radesman Saragih mengomentari Video Youtube Komet and Friends, Kamis (24/10/2019).


Menurut  Radesman Saragih yang juga pencipta lagu dan penggiat seni ini,  Genre rock dalam lagu ini sangat pas untuk orang-orang muda milenial. Kendati menonjolkan rock, Komet & Friends juga mampu menyuguhkan irama Simalungun asli pada bagian interlude lagu ini. 

"Suatu paduan musik cadas dan lembut yang menyatu dalam balutan tata musik anak muda Simalungun. Namun kematangan vokalis rocker Simalungun Komet & Friends kurang dumbui suara serak seperti biasanya lagu rock," ujar Radesman Saragih, alumni PGKPS bandung ini. 

Disebutkan, kendati menarik dan sedap di telinga anak muda, namun lagu Patunggung Simalungun sajian Komet & Friends ini kurang mampu menggugah perantau untuk membangun kampung halaman. Karena pesan lagu kurang sepadan dengan genre musik rock. 

"Kemudian dengan genre musik rock video klip Komet & Friends ini juga mestinya menggarap sedikit bukit-bukit cadas Simalungun di pesisir Danau Toba wilayah Simalungun seperti tebing-tebung di Haranggaol, Hutaimbaru, Nagori, Tigaras dan tempat lain agar terasa cadasnya atau kerasnya tantangan pembangunan Simalungun yang mesti diperhatikan perantau asal Simalungun dan masyarakat Simalungun sendiri. Allround, Komet & Friends pantas masuk pentas lima besar juga," kata Radesman Saragih, pencipta lagu 'Pesta Kuria" ini. 
Komet and Friends (Pematang Raya)
Berikut Ini Narasi yang dikutip dari akum FB Uttok Sondi (Julvanal Sinaga):

Selamat Juara 1 Lomba Cover Lagu Patunggung Simalungun.
➖➖➖
"JUARA LOMBA COVER"
➖➖➖
Sabtu 26 Oktober 2019 adalah malam Nyanyian Rakyat Simalungun yang dikemas oleh Patunggung Simalungun membawakan Konsep dari Bp. Setia Dermawan Purba dari USU Medan.

Sekaligus juga Pengumuman Lomba Cover Lagu Patunggung Simalungun untuk seluruh kategori.

Nah.. Siapa saja yang berhak memenangkan Hadiah Besar itu?

Juara 1 : Komet and Friends (Pematang Raya)
Juara 2 : Simba (Bali)
Juara 3 : Hobaskon (Bandung)
Juara 4 : Ruth Rumapea


Kategori:

Best Arr : Gocci Band (Jakarta)
Juara Favorit :
Simba (Bali)
 Best Video : Mika Sipayung (Jogja)

Semua keputusan JURI Mutlak, dan sudah atas kesepakatan dengan pertimbangan dan tidak ada Intervensi dari mana pun. Mohon maaf kalau ada hal-hal yang tidak berkenan untuk seluruh peserta Cover, Panitia menyampaikan permohonan Maaf.

Diateitupa untuk seluruh peserta dimana pun berada, Semoga lebih baik lagi, lebih Sukses dan selalu Terbaik.
TERIMA KASIH & SELAMAT

Keluarga besar komunitas Patunggung Simalungun mengucapkan terima kasih kepada semua tamu yang hadir pada acara Nyanyian Rakyat Simalungun, Sabtu, 26 Oktober 2019 di Gedung Setia Mekar Wijaya. Diantaranya ada rombongan pengurus perkumpulan marga tingkat Jabodetabek, perwakilan PMS dan IKEIS, para pemesan tempat duduk via online, para finalis Lomba Cover Lagu Patunggung Simalungun.

Terima kasih khusus untuk bapak Bupati Simalungun Dr. JR Saragih, SH. MM beserta rombongan yang telah bersedia hadir dan memberikan partisipasi walau undangan kami kirimkan waktunya sangat mepet dengan hari pelaksanaan acara.

Laporan ibu bendahara kami, semua hadiah untuk para pemenang sudah terkirim ke rekening masing-masing sore tadi.

Syukur, tidak sampai lewat 24 jam apalagi berbulan-bulan seperti yang pernah dialami di event lain. Jika ada diantara pemenang yang belum menerima, harap hubungi kami.

Terima kasih juga kepada Bapak Drs. Setia Dermawan Purba, M.Si beserta tim dari IMAS-USU dan HIMAPSI yang telah menunjukkan kepada kami yang tinggal di Jabodetabek ini seni budaya Simalungun khususnya yang telah langka dipertunjukkan.

Terima kasih juga untuk semua pengisi acara yang telah memberikan penampilan terbaiknya. Antara lain #ErikZent feat Panda Parulian Saragih, #RandoSembiring, #SumaniPurba, #LandurVoice, #NuriatiGirsang (#Nunung), #PalapaTrio, serta #YogiPurba dan band pengiring #LaitaBand yang semuanya marga Purba Tambak walau cuma #RoiJosen satu-satunya yang asli.

Totapma Patunggung Simalungun.

Etah.. Etah.. Etah.. Hobaskon ‼️

Elisben Purba Dasuha, Coriana Julvida Saragih, Raymanto Marhaendi Saragih, Fride Rosemary, Fredel Purba, Oshin Osda Sinaga, Anne Purba, Alent Cleo Sidadolog, Triadil Saragih, Alfredo Andy P Sigumonrong, Jan Roi Purba, Rofin Siboro, Irfan Raviandi, Satriadi Situmorang, Jhon Mejer Purba, San Fransisco S Garingging, Jerry Sigumonrong, Barisman Saratur, Bismarck Purba Dasuha, Toddy Purba, @Satiaman Sipayung, Julvanal Sinaga .(*/Lee)





Share this article :

Post a Comment