}); BBKSDA Sumut dan Karyawan Survei Okupansi Harimau Sumatera di Aek Nauli | BeritaSimalungun
Home » , , , » BBKSDA Sumut dan Karyawan Survei Okupansi Harimau Sumatera di Aek Nauli

BBKSDA Sumut dan Karyawan Survei Okupansi Harimau Sumatera di Aek Nauli

Written By Beritasimalungun on Friday, 29 November 2019 | 08:13

ILUSTRASI-HARIMAU SUMATERA
Parapat, BS-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara dan sejumlah karyawan Toba Pulp Lestari (TPL) menggelar pelatihan survei okupansi Harimau Sumatera selama dua hari Jumat (22/11/2019) dan Sabtu (23/11/2019) di sekitar konsesi Aek Nauli Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun.

BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi mengatakan, tujuan pelatihan survei okupansi Harimau Sumatera untuk mendapatkan data terkini sebaran dan kondisi habitat Harimau Sumatera, untuk dijadikan dasar intervensi untuk pelestarian agar populasi Harimau semakin berkembang dan tetap lestari.

Dikatakan, kegiatan pelatihan selama dua hari dan dilanjutkan survei hingga 6 Desember 2019 di dalam hutan Aek Nauli, didasari dengan pertimbangan sejarah konflik antara manusia dan Harimau Sumatera.
 
Dijelaskannya, keberadaan populasi Harimau Sumatera di Kabupaten Simalungun terdeteksi pada Juli 2017, ditandai dengan ditemukannya seekor Harimau Sumatera dewasa yang terjerat perangkap babi hutan di areal perkebunan masyarakat Nagori (desa) Parmonangan Kabupaten Simalungun yang berbatasan dengan konsesi HTI TPL.

Departemen Enviromental Health Safety & Fire Protection Senior Manager TPL, Ir Mangasi Sianipar MSi menyampaikan perusahaan memiliki komitmen untuk melaksanakan konservasi ekosistem, perlindungan keanekaragaman hayati dan pengelolaan flora dan fauna di sekitar areal konsesi perusahaan dan mendukung kegiatan Survei Okupansi Harimau Sumatera, karena kegiatan ini selaras dengan kebijakan lingkungan TPL dalam penerapan pengelolaan hutan produksi lestari" jelas Mangasi. (BS-SIB)
Share this article :

Post a Comment