. Pelaku Bom di Mapolresta Medan Teridentifikasi | BeritaSimalungun
Home » , , » Pelaku Bom di Mapolresta Medan Teridentifikasi

Pelaku Bom di Mapolresta Medan Teridentifikasi

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 13 November 2019 | 14:27

Polisi berjaga pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumut, Rabu (13/11/2019). ( Foto: ANTARA FOTO / Irsan Mulyadi )
Medan, BS-Identitas MR X yang meledakkan dirinya di kantor Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11/2019) pukul 08.45 WIB mulai terdeteksi. Pelaku diduga bernama Rabbial Muslim Nasution kelahiran Medan, 11 Agustus 1995.
Dalam rekaman CCTV polisi, seorang pria mengenakan jaket hijau atribut ojek online memasuki halaman Mapolrestabes Medan. Pria yang tampak membawa tas ransel di punggung, diduga pelaku bom bunuh diri. IST
Dari informasi yang didapat, pelaku yang meyaru hendak mengurus SKCK dan mengenakan jaket ojek online itu beralamat di jalan Jangka, Medan. Pelaku diketahui berstatus sebagai pelajar/mahasiswa.

“Benar. Itu terduga pelakunya. Kita cari jaringannya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal singkat.

Saat ini polisi tengah melakukan penggeledahan di rumah pelaku untuk mencari barang bukti dan melacak jaringan pelaku.

5 Anggota Polri dan Satu Warga Sipil Terluka

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan pelaku teror yang meledakan dirinya di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11/2019) pukul 08.45 WIB dipastikan melukai beberapa orang.

Jenderal bintang dua itu juga memastikan jika hanya pelaku yang tewas. Tubuh pelaku hancur akibat bom bunuh diri tersebut sementara minimal lima orang anggota Polri dan seorang PHL terluka.

“Kejadiannya setelah pelaksanaan apel pagi di Polrestabes Medan. Pelaku berjalan di halaman apel tersebut dan jeda beberapa saat di depan kantor bagian operasi Polres, pelaku meledakan diri,” kata Iqbal di Sentul International Convention Center, Rabu (13/11/2019).

Iqbal mengaku dia belum tahu rangkaian bahan peledak tersebut. Apakah high explosive (berdaya ledak tinggi) atau bukan. Saat ini tim gabungan sedang bekerja baik dari Inafis, laboratorium forensik, dan unsur lain untuk melakukan pengolahan tempat kejadian perkara.

“Diduga pelaku meninggal. Ada enam korban. Lima dari personel Polri dan satu sipil. Tetapi, Alhamdulillah, laporan sementara korban tidak ada yang luka parah, tetapi luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak,” sambungnya.

Saat ini Densus 88 Antiteror dengan Polrestabes Medan dan Polda Sumatera Utara juga sedang bekerja untuk melakukan proses selanjutnya. Termasuk mengidentifikasi pelaku apakah masuk jaringan teror atau lonewolf (seorang diri).

Pelaku Menyamar Urus SKCK

 Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan jika prosedur pengamanan markas kepolisian sudah dilakukan dengan ketat. Pelaku yang meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan pada Rabu (13/11) pukul 08.45 WIB menyaru hendak mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

“Kejadiannya di halaman dan cukup mengejutkan. Standar pengamanan mako di seluruh Polres dan Polda sudah dilaksanakan baik. Sebelum meledak tadi seluruh masyarakat yang mau masuk dilakukan upaya sterilisasi dan digeledah,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (13/11/2019).

Namun demikian memang hari ini secara kebetulan masyarakat cukup banyak berbondong-bondong untuk membuat SKCK. Pelaku diduga masuk dengan alasan mengurus SKCK.

“Belum sampai ke central pelayanan SKCK masih ada di halaman parkir dan meledak. Nanti menunggu informasi lebih lanjut dari tim dari Densus maupun Inafis dan Labfor apakah bom dipicu pelaku sendiri atau yang lain (remote),” sambungnya.

Pemprov Sumut Minta Masyarakat Tetap Tenang

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) meminta masyarakat supaya tetap tenang pascabom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (13/11/2019).

"Serahkan dan percayakan penanganan kasus teror ini kepada aparat kepolisian untuk mengungkap kasus ini," ujar Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumut (Sekda Pemprov Sumut), Sabrina saat meninjau Markas Polrestabes Medan.

Sabrina mengharapkan, masyarakat juga meningkatkan kewaspadaan menyusul kejadian bom bunuh diri tersebut. Masyarakat diminta mengamati lingkungan sekitar dari orang - orang yang mencurigakan.

"Segera laporkan atau berikan informasi kepada kepolisian jika melihat gelagat orang mencurigakan. Peran serta masyarakat juga membantu agar daerah ini aman dari aksi teror," sebutnya.

Sabrina mengaku prihatin atas korban terluka akibat serangan bom bunuh diri tersebut. Dia langsung melakukan peninjauan mewakili pemerintah provinsi karena gubernur dan wakil gubernur sedang berada di luar kota.(*)

Sumber: Beritasatu.com
Share this article :

Post a comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)

Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe (Ephorus dan Sekjen GKPS)
Selamat Natal dan Tahun Baru

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Rental Mobil di Pematangsiantar

Rental Mobil di Pematangsiantar
Ada Executive Tiomaz Trans. KLIK Gambar Info Lengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.