}); Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Berjalan Sukses | BeritaSimalungun
Home » , , » Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Berjalan Sukses

Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Berjalan Sukses

Written By Beritasimalungun on Monday, 25 November 2019 | 15:44

Ketua Panitia Tigor Sagala saat menghadirkan Keluarga Petrus H Purba BBA/ Shinta Br Haloho ke atas panggung dalam memberikan donasi untuk Panitia. Sumbangsih dan dukungan dari Keluarga Petrus Purba kepada HBB Jambi sungguh mulia. (Foto Saudin Damanik WA)
Dilantik Oleh Ketum DPP Lamsiang Sitompul SH MH

Gubernur Jambi Fachrori Minta HBB Berkontribusi Untuk Provinsi Jambi

Jambi, BS-Berkat kepiawaian Ketua Panitia Tigor Sinaga dan jajaran yang bisa berkolaborasi dengan Penasehat, Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi, sehingga acara Deklarasi dan Pelantikan BPH DPD HBB Provinsi Jambi berjalan dengan sukses.

Bahkan segala persiapan dan lobi-lobi ke pihak lain, mampu dibangun Tigor Sagala demi mensukseskan acara ini, termasuk menghadirkan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan istri Hj Rahima Fachrori. 

Tak hanya disitu, Tigor Sagala-pun mampu merangkul para sponsor atau donetour dalam pendanaan acara tersebut. Kebersamaan Panitia, Pengurus dalam bahu membahu dalam persiapan hingga pelaksanaan acara tampak baik. 

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH resmi melantik Badan Pengurus Harian (BPH) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024 di Gedung Asiniroha, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/11/2019). Pelantikan itu dihadiri Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori. Juga dihadiri Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat).

Sebelum prosesi pelantikan pengurus diawali dengan Ibadah singkat yang kotbah dibawakan oleh Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin, Votum Oleh St O Sirait dan St Sahala Simanullang.

Dalam Kotbahnya Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin berharap agar HBB Jambi menbawa damai sukacita bagi sesame dan sebagai organisasi yang berlandaskan kasih sejalan dengan Tema: “Membangun Persaudaraan Dalam Kebersamaan”. Dan Subtema: “Mengasihi Sesama Dengan Perbuatan Dalam Kebenaran Yang Seutuhnya”. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan Prosesi Penyambutan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH, Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat).

Penyambutan dilakukan oleh Ketua Panitia Tigor Sagala, Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH dan Jajaran serta Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Basoka Sagala SH MH, Robert Pasaribu AMd dan lainnya. Penyambutan dilakukan dengan tarian “Tortor” dari pintu gedung hingga ke tempat duduk masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan santap siang bersama dengan Doa Makan oleh Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin. Sembari santap siang bersama dihibur oleh hiburan dari Persatuan Artis Batak Jambi (PABJ) yang dipandu oleh MS Binsar Manullang.

Kemudian penyambutan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Rombongan serta Penasehat dan Pengurus HBB Provinsi Jambi diiringi Tarian Karo. Selanjutnya Menyayikan Lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya Kata Sambutan Ketua Panitia Tigor Sagala. Dalam sambutannya, DPD HBB Provinsi Jambi cukup bangga dengan kehadiran Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori. Hal itu sebagai penghargaan terhadap masyarakat Provinsi Jambi asal Tanah Batak.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar juga memberikan kata sambutan pada acara tersebut. Menurutnya, bahwa keberadaan HBB Provinsi Jambi harus membawa dampak yang positif bagi pembangunan Provinsi Jambi. 

“Saya mengenal orang Batak itu hebat-hebat dan pintar-pintar disegala bidang. Dengan hadirnya HBB Jambi bisa menyumbangkan saran pikiran untuk pembangunan Provinsi Jambi kedepan. Saya sangat sayang sama orang Batak,” ujarnya.

Gubernur mengapresiasi semua masyarakat Provinsi Jambi yang beraneka rgam, termasuk didalamnya etnis Batak, yang turut berkontribusi dalam pembangunan Provinsi Jambi.

Terkait pelantikan pengurus DPP HBB Provinsi Jambi, Fachrori mengharapkan inovasi dan ide-ide cemerlang dari pengurus yang dilantik untuk memajukan organisasi, dan untuk membangun Provinsi Jambi di segala bidang.

Fachrori menjelaskan, keberadaan etnis Batak di Provinsi Jambi sudah sangat lama, bahkan pada tahun 1974-1979 orang Batak pernah menjadi Gubernur Jambi, yakni Jamaluddin Tambunan. “Dan masyarakat Batak pun sudah membaur dengan masyarakat Jambi,” ujar Fachrori.

Usai memberikan sambutan, Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar pada kesempatan itu juga menyumbangkan dua buah lagu “Batanghari dan Tuhan”. Saat bernyanyi Gubernur juga banyak mendapat “saweran” yang disumbangkan untuk Panitia.

Selanjutnya kata sambutan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH yang mengatakan, terimakasih atas kehadiran Gubernur Jambi dan Istri. Dia juga menjelaskan secara singkat sejarah berdirinya HBB. 

Lamsiang Sitompul juga menitipkan masyarakat Provinsi Jambi asal Tano Batak kepada Gubernur Jambi untuk diberikan kesempatan dalam mengisi pembangunan dalam segala bidang di Provinsi Jambi.

“Biasanya Orang Batak kalau merantau mencari orang tuanya sebagai induk semangnya. Karena orang tuanya di kampong. Jadi kami harapkan masyarakat etnis Batak yang ada di Provinsi Jambi orang tuanya adalah Batak Gubernur Jambi,” ujar Lamsiang Sitompul.

Prosesi Pelantikan

Sementara prosesi pelantikan dipandu oleh Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), serta membacakan SK BPH DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024. 

Penyerahan Bendera Pataka HBB dari Ketum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH kepada Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH.
Selanjutnya Ketua  Umum DPP Perkumpulan HBB Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH melantik secara resmi pengurus ditandai dengan pemberian SK dan Pengucapan Janji serta penyerahan Pataka HBB kepada Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan Penasehat dan Pengurus HBB.

Para Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi yang dilantik diantaranya Para Penasehat Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, B Sipahutar SH, B Sinaga, A Sihotang, Naikman Malau dan lainnya.

Para pengurus Ketua Joni Rajagukuk SH, Wakil Ketua Drs Letkol (P) Robensius Saragih, Wakil Ketua Robert Pasaribu AMd, Wakil Ketua St O Sirait, Sekretaris Jhon Very Sihaloho ST, Bendahara Awal JD Damanik SE MM. Setidaknya ada 35 BPH DPD HBB Provinsi Jambi yang dilantik.

Usai pelantikan juga sumbangan Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia. 

Panesehat DPP HBB Pusat JR Sinaga.Foto Ezer Twopama
Selanjutnya Panesehat DPP HBB Pusat JR Sinaga memberikan sambutan singkat. Dia berharap agar Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi untuk kompak dan saling tolong menolong. Juga berharap agar HBB di Jambi sebagai sebuah organisasi masyarakat yang berguna bangi banyak orang, terlebih Bango Batak.

Perjalanan HBB Jambi

Perjalanan pembentukan HBB Provinsi Jambi bermula dari perbincangan Drs Albertus Sinaga MPd dengan Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH. Kemudian berlanjut kepada pembentukan Group WA HBB Provinsi Jambi dengan menunjuk sejumlah admin group. 

Kerinduan pembentukan HBB Jambi semakin intens diperbincangkan di Grouo WA HBB Provinsi Jambi. Beranjak dari sana, Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukguk SH, B Sipahutar melakukan pertemuan di sebuah kedai kopi di Kota Jambi Senin (19/8/2019).

Rencana pembentukan sebuah organisasi masyarakat bernama Horas Bangso Batak (HBB) di Provinsi Jambi pun mulai digodok oleh tokoh Batak di Jambi. Pertemuan Tokoh Batak di Jambi ini mulai membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi. Organisasi HBB merupakan sebuah organisasi modern yang berpusat di Kota Medan, Sumatera Utara.

Pertemuan ini membicarakan soal pentingnya organisasi HBB di Jambi sebagai salah satu wadah aspirasi social politik masyarakat Jambi asal tanah Batak.

“Saya mendukung hadirnya organisasi HBB di Jambi. Ini sebagai wadah aspirasi masyarakat Jambi asal tanah Batak dalam menyuarakan aspirasi sosial politik. Perjuangan sosial politik masyarakat Batak di Jambi sangat penting sebagai bagian dari masyarakat yang majemuk,” ujar Basoka Sagala saat itu.

Kemudian B Sipahutar menambahkan, organisasi HBB merupakan sebuah organisasi yang modern yang menasional dan memiliki badan hokum. Organisasi HBB sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak, khususnya di Provinsi Jambi.

“HBB adalah organisasi modern yang bergerak dalam perjuangan sosial politik. Kerinduan untuk mendirikan HBB di Jambi kini mulai dibicarakan dengan serius. Beberapa kali pertemuan sebelum deklarasi sudah direncanakan dengan melibatkan ketua-ketua marga Batak dan Tokoh Batak di Jambi,” katanya.

“Organisasi HBB sangat penting di Provinsi Jambi sebagai wadah perjuangan sosial politik masyarakat Batak dalam menyuarakan aspirasi. Masyarakat Batak di Provinsi Jambi hidup berdampingan dengan damai dengan masyarakat etnis lainnya. Namun organisasi HBB bukan untuk pengkotak-kotakan identitas, namun sebuah organisasi sosial politik modern,” tambah Drs Albertus Sinaga.

Sedangkan Ir A Sinaga menambahkan, dukungan dari Puak Batak dan marga-marga di Jambi merupakan kekuatan akan berdirinya HBB di Jambi. Organisasi HBB juga bisa sebagai wadah perjuangan aspirasi sosial politik masyarakat Jambi asal Tanah Batak. 

“Kita berharap dukungan Puak Batak dan marga-marga di Jambi sehingga organisasi HBB bisa segera terbentuk dengan kepengurusan yang mumpuni, mengayomi, loyal dan memiliki integritas serta dicintai masyarakat komunitas batak di Jambi,” ujar A Sinaga.

Pertemuan Kedua

Pertemuan lanjutan dengan mengundang sejumlah Tokoh-Tokoh Batak di Jambi dilanjutkan. Kali ini pertemuan Tim Kecil Penggagas HBB di Jambi melakukan pertemuan kedua untuk membicarakan rencana pembentukan kepengurusan HBB di Provinsi Jambi.

Pertemuan dihadiri Drs A Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukguk SH, B Sipahutar, P Ritonga, B Sinaga, dikediaman Basoka Sagala, Perumnas Kotabaru Jambi, Jumat (23/8/2019).

Pertemuan kedua ini membicarakan lanjutan pertemuan sebelumnya. Dari hasil pertemuan ini disepakati untuk mengundang sebanyak 50 tokoh Batak di Jambi untuk merangkum sumbang saran dan pendapat tentang rencana pembentukan DPD HBB Provinsi Jambi. 

“Marilah kita bangso Batak sebagai pelopor kebersamaan di dalam bertoleransi dan membangun Kota Jambi, dimana bangso Batak bisa berkolaborasi dengan masyarakat Jambi lainnya diberbagai aspek kehidupan,” ujar P Ritonga. 

“Tapi dibalik semua itu terkadang bangso Batak terkucilkan berbagai hal. Seperti kebebasan beribadah, mencari pekerjaan dan yang paling menyakitkan di dalam bersilahturahmi dengan masyarakat umum di luar bangso Batak,” kata P Ritonga lagi.

Menurut P Ritonga, terkadang mereka sudah tahu kita orang Batak, tapi mereka ingin lebih tau apa agama kita. Padahal kita bangso Batak sangatlah berjiwa patriotisme kepad NKRI yang kita cintai ini.

“Maka dengan kehadiran organisai HBB di Prov Jambi saya sangat setuju. Biarlah dengan hadirnya organisasi HBB ini, membuat kita bangso Batak  yang mampu berdiri atau tegak sesuai dengan jatidirinya yang memiliki harga diri yang sangat tinggi. Maka marilah kita jadikan Organisasi HBB ini menjadi wadah atau payung hukum kita bangso Batak untuk membela hak-hak sebagai warga negara yang siap mendukung pembangunan dan keberadaan bangso Batak di Provinsi Jambi.HORAS,” kata P Ritonga.

Semakin Solid

Sementara rencana pembentukan kepengurusan DPD HBB Provinsi Jambi semakin nyata dan tokoh-tokoh batak di Jambi semakin solid. Kerinduan pembentukan Perkumpulan HBB Provinsi Jambi ini mengerucut dan tokoh Batak di Jambi semakin solid untuk mewujudkan hal tersebut.

Orang Batak di Jambi rindu sebuah wadah organisasi (perkumpulan) yang memiliki badan hukum dan memiliki tujuan bersama yakni untuk memperjuangkan masyarakat Batak dimanapun berada. Keberadaan masyarakat Batak di Jambi selama ini belum memiliki nilai “jual” karena masih mudah dikotak-kotakkan. 

Sesuai dengan Motto HBB “Tampak Na Do Tajom Na. Rim Ni Tahi Do Gogo Na” keberadaan Perkumpulan HBB di Provinsi Jambi dirasakan perlu dan penting. Nantinya DPD HBB Provinsi Jambi merupakan bagian dari DPP HBB Pusat yang berkantornya di Jl Abdul Hakim Classic II, Jl. Ps. 1 No.77C, Tj. Sari, Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara 20132, Indonesia.

Hal itu terungkap dari pertemuan 23 Tokoh Batak di Kota Jambi di kediaman Basoka Sagala/ Br Sinaga, Kotabaru Kota Jambi, Kamis 5 September 2019 siang. Pertemuan ketiga ini dalam rangka Pembentukan Formatur Pemilihan Pengurus DPD Perkumpulan HBB Provinsi Jambi. 

Pertemuan itu dipandu oleh Ketua Pemegang Mandat DPP HBB Pusat Drs Albertus Sinaga MPd. Kemudian penjelasan organisasi HBB oleh Anggota Pemegang Mandat yakni Joni Rajagukguk, B Sipahutar, J Sinaga, P Ritonga.

Juga sebuah Testimoni dari AKBP (P) Basoka Sagala SH MH soal gerakan HBB di Medan, Jakarta dan daerah lainnya (Beritanya bisa dicari di Google). Banyak gebrakan yang dilakukan HBB dalam membela masyarakat Batak dan juga menunjukkan bahwa masyarakat Batak adalah besar.

Bahwa sesuai Visi dan Misi HBB memajukan, mengembangkan kesejahteraan dan kebaikan warga Bangso Batak di segala bidang, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjunjung tinggi supremasi Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI.  

Pada pertemuan ini, terjadi dialog dari peserta yang hadir yang pada inti kesimpulannya rindu untuk berdirinya DPD HBB Provinsi Jambi sebagai sebuah wadah yang professional dan berwibawa guna menampung aspirasi dan menjembatani sebuah persoalan atau hal-hal yang dihadapi masyarakat Batak di Provinsi Jambi.

Dalam pertemuan itu juga dibentuk Tim Formatur yakni J Rajagukguk, Awal J Damanik, Jon Very Sihaloho, A Sihotang dan Abdel Sinaga. Juga diharapkan dalam Tahun 2019 ini sudah dapat Dideklerasikan DPD HBB Provinsi Jambi. Tim Formatur mencari Pengurus, khususnya Ketua Umum yang muda, enerjik, berani, berintegritas, cakep, berkompeten dan dicintai masyarakat Batak di Provinsi Jambi pada khususnya.

Tokoh Batak yang hadir pada pertemuan Kamis (5/9/2019) di kediaman Keluarga Basoka Sagala/Br Sinaga yakni 1.A Sinaga, 2.Joni Rajagukguk, 3.M Sihombing, 4.Nalom Siadari, 5.GAG Sitompul, 6. B Sipahutar, 7.D Nasution, 8.AJ Damanik, 9.Jon Very Sihaloho, 10.P Ritonga, 11.Asenk Lee Saragih, 12.U Sinaga, 13.Saudin Damanik, 14.A Sihotang, 15. Ir Abdel Sinaga, 16.Fendi Sinabutar, 17.T.H Ritonga, 18.St O Sirait, 19.S Lumbanbatu, 20.S.M Hutagalung, 21.D Tambunan, 22.Basoka Sagala
23.S Pardede, 24.B Ritonga, 25. Bp Sinurat.

Pengukuhan Pengurus

Selanjutnya Penerima Mandat dari DPP Perkumpulan HBB Pusat untuk pembentukan DPD HBB Provinsi Jambi mengukuhkan 34 Orang Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2019. Sebelumnya Penerima Mandat DPD HBB yakni Drs Albertus Sinaga MPd, B Sipahutar, AKBP (P) Basoka Sagala SH MH, Joni Rajagukuk SH, Ir Abdel Sinaga, Rosenman Manihuruk menerima laporan kerja dari tim formatur yakni J Rajagukguk, Awal JD Damanik, Jhon Very Sihaloho, A Sihotang dan Abdel Sinaga tentang susuna Badan pengurus Harian (BPH) DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024.

Acara laporan tim formatur dan pengukuhan BPH DPD HBB Provinsi Jambi dilaksanakan di Resto Daynatabo di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi, Kamis (26/9/2019) mulai Pukul 16.30 WIB hingga Pukul 21.00 WIB. Acara tersebut dihadiri sekitar 65 orang Tokoh Batak Jambi lintas usia.

Ketua Penerima Mandat DPP HBB, Drs Albertus Sinaga MPd mengumumkan 34 orang BPH DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2019. Tiga pengurus inti diantaranya Ketua Joni Rajagukguk SH, Sekretaris Jhon Very Sihaloho ST, Bendahara Awal JD Damanik SE MM. 

Pembentukan Perkumpulan HBB yang sudah Berbadan Hukum ini mendapat respon positif dan dukungan penuh dari sejumlah Tokoh batak di Jambi.  Bahkan tokoh-tokoh Batak lintas usia di Jambi semakin solid dan merindukan pembentukan Perkumpulan DPD HBB Provinsi Jambi sebagai satu wadah resmi bagi masyarakat Jambi asal Tano Batak.

Bahkan Orang Batak di Jambi rindu sebuah wadah organisasi (perkumpulan) yang memiliki badan hukum dan memiliki tujuan bersama yakni untuk memperjuangkan harkat martabat masyarakat Batak di Jambi.

Bahkan AKBP (P) Basoka Sagala SH MH sangat mendukung penuh lahirnya DPD HBB Provinsi Jambi ini. Bahkan dirinya berjanji, nantinya  akan terus mendorong HBB Jambi untuk berbuat untuk masyarakat Batak di Jambi. Banyak gebrakan yang dilakukan HBB dalam membela masyarakat Batak dan juga menunjukkan bahwa masyarakat Batak adalah besar.

Disebutkan, bahwa sesuai Visi dan Misi HBB memajukan, mengembangkan kesejahteraan dan kebaikan warga Bangso Batak di segala bidang, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta menjunjung tinggi supremasi Bhinneka Tunggal Ika dalam NKRI. 
Disebutkan, dengan pengurus yang muda, enerjik, berani, berintegritas, cakep, berkompeten dari berbagai latar profesi, HBB Jambi akan semakin dicintai masyarakat Batak di Provinsi Jambi.

Guna menindaklanjuti deklarasi dan pelantikan BPH DPD HBB Provinsi Jambi dibentuklah Panitia kecil. Seiring waktu berjalan hampir dua bulan, Panitia dan Pengurus HBB Provinsi Jambi saling tolong menolong, baik segi pendanaan dan keperluan lainnya.

Bahkan BPH DPD HBB Provinsi Jambi telah memiliki kantor sekretariat yang beralamat di Jalan Lingkar Barat, Kota Jambi. Bahkan Kantor Sekretariat BPH DPD HBB Provinsi Jambi telah dikunjungi Ketua Umum DPP HBB Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH, Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat), Sabtu (23/11/2019) malam.

Sejarah HBB 

Sementara itu Perkumpulan Horas Bangso Batak dideklarasikan pada Sabtu 19 Januari 2019 di Aula Aurora Hotel Grand Antares Kota Medan. Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Sekretaris Jendral Luhut Sitompul SH, Bendahara Umum Nurlinda Simanjorang SH SpN MKn.

Menurut Lamsiang Sitompul, masyarakat Batak atau kaum Bangso Batak sejak dulu memiliki falsafah Dalihan Na Tolu (tungku nan tiga) yang sejalan atau mendukung falsafah Bangsa Indonesia Pancasila, sehingga memiliki peran dasar yang penting serta daya kontribusi yang besar dalam pembangunan bangsa di berbagai bidang, baik bidang sosial, budaya, politik, hukum, ekonomi dan sebagainya dalam bingkai negara kesatuan RI.

Tokoh marga-marga Batak di Sumut, Sudirman Nainggolan, Drs Pardomuan Malau, Bosman Manik dan Lindung Pandiangan, selaku barisan pendiri perkumpulan HBB menegaskan kalangan pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah di negeri ini seyogyanya bisa menggandeng dan memberdayakan insan Batak dalam berbagai sendi pembangunan karena Bangso Batak memiliki potensi serta energi dan pemikiran yang terbilang istimewa dan brilian.

"Terlepas dari posisi atau komposisi orang Batak di Indonesia saat ini terbesar ke-3 komunitas atau populasinya setelah warga Jawa dan Sunda, kita harus ingat dan tegaskan, bahwa Bangso Batak ini tak bisa dianak-tirikan dalam arti atau hal apapun juga. Kita (Bangso Batak) punya falsafah dan harmoni kesatuan langkah dan tujuan yang diamanatkan prinsip Dalihan Na Tolu dan Pancasila. Falsafah kita itu juga simbol rakyat atau kaum Bangso yang bermartabat," ujar Sudirman Nainggolan.

Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH menyebutkan, saat deklarasi ribuan masyarakat etnis batak hadir dari etnis Batak Toba-Tapanuli, Simalungun, Karo, Dairi-Pakpak dan Angkola Mandailing.

Hampir 300 orang personil DPP, usur dewan pembina dan pakar 10 orang, para dewan penasehat sebanyak 55 orang, unsur ketua 18 orang, jajaran sekretaris 17 orang, bendahara 3 orang, 28 bidang atau kompartemen dengan total pengurus 178 orang.

Juga pengurus DPD di 5 wilayah: Sumut, Jabodetabek, Bandung dan Jawa Barat, Bali-Lombok-Sumbawa dan Riau, serta pengurus DPC di 10 kabupaten di Sumut: Deliserdang, Taput, Tapteng, Batubara, Batam, Pematang Siantar-Simalungun, Tebingtinggi dan Padangsidempuan.

Pengurus inti adalah Ketua Umum Lamsiang Sitompul SH MH, Unsur Ketua antara lain CP Nainggolan, Lindung Pandiangan, Franz M Harahap, Jon Tulus Sitompul SSos. Sekjen Luhut Situmorang SH bersama unsur sekretaris Ezra Suranta Surbakti MPd, Robert Silaen, Rospita Ambarita dan lainnya. Bendahara umum Nurlinda Simanjorang SH MKn bersama Elly Sinaga atau Elly Haryanto, dan Oka Vivila Rostaida Manik.

Sementara Bobby Nasution pada acara Pelantikan DPD HBB Sumut di Hotel Emerald Garden, Selasa (2/4/2019) lalu mengucapkan terima kasih atas kepercayaan warga Batak mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Mewakili sang mertua, Bobby Nasution menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan HBB dan segenap warga Batak Sumatera Utara. “Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap Tulang Jokowi. Saya berterima kasih kepada seluruh keluarga, kepada opung-opung, tulang, nang tulang, bapak tua," ujar Bobby Nasution. (BS-Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi. (Foto-Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Pengurus Pusat DPP HBB dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi di Depan Kantor Sekretariat DPD HBB Provinsi Jambi di Jalan Lingkar Barat Kota Jambi.



Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin.

Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH (kiri) dan Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi. Foto Ezer Twopama Manihuruk

Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.











Awal JD Damanik dan Mr Ginting

Pdt Dr Samsir Deli Sinaga DMin

AKBP (P) Basoka Sagala SH MH (Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.


MC Binsar Manullang dari Persatuan Artis Batak Jambi (PABJ).





Petrus H Purba BBA dan Istri Shinta Br Haloho.



Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH (kiri) dan Ketua DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH.

Robert Pasaribu AMd (kiri)-Cs.


Ketua Panitia Tigor Sagala

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori disematkan Sehelai Ulos Batak sebagai Cendra Mata dari HBB Provinsi Jambi. Ulos tersebut disematkan oleh Ketua Umum DPP HBB Pusat Lamsiang Sitompul SH MH dan Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH disaksikan seluruh Penasehat dan Pengurus HBB Pusat dan DPD HBB Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori foto bersama dengan Pengurus Serta Penasehat Pusat DPP HBB dan Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi. Foto-foto Ezer Twopama Manihuruk

Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Istri Hj Rahima Fachrori foto bersama dengan Pengurus Serta Penasehat Pusat DPP HBB dan Pengurus dan Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi. Foto-foto Ezer Twopama Manihuruk

Para Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.

Para Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Pusat, Lamsiang Sitompul SH MH didampingi Luhut Situmorang SH (Sekjen HBB Pusat), Maslen Sinaga (Wakil Ketua), Marihot Sinaga (Bidang Infokom), JR Sinaga (Penasehat HBB Pusat) saat melantik Badan Pengurus Harian (BPH) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HBB Provinsi Jambi Periode 2019-2024 di Gedung Asiniroha, Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (24/11/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk

(Kiri ke kanan) Jhon Very Sihaloho ST (Sekretaris DPD HBB Provinsi Jambi), Joni Rajagukguk SH (Ketua DPD HBB Provinsi Jambi), Awal JD Damanik SE MM (Bendahara DPD HBB Provinsi Jambi). Foto Ezer Twopama Manihuruk

Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk (Pakai Kemeja Putih) dengan Adiknya Trionel Aguero Manihuruk foto bersama dengan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan Ketua BPH DPD HBB Provinsi Jambi Joni Rajagukguk SH. Foto Asenk Lee Saragih.

Gubernur Jambi H Fachrori Umar melantunkan Lagu Batanghari.

Bapak Sihotang (Penasehat DPD HBB Provinsi Jambi)

Wakil Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Drs Letkol (P) Robensius Saragih Bersama Istri Br Hutajulu.

Mustar Hutapea Staf Humas Provinsi Jambi (Kemeja Putih) dan Asenk Lee Saragih.


Gubernur Jambi H Fachrori Umar Meninggalkan Tempat Acara. Foto Ezer Twopama Manihuruk

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Lelang Lagu “Marsinggang Ho Inang” yang dinyanyikan oleh Lamsiang Sitompul Feat PN Trio (Goxen Purba, Martogi Simbolon, Jay Sihombing). Lagu itu dilelang dengan Rp 12 Juta untuk Panitia.(Foto Ezer Twopama Manihuruk)

Asenk Lee Saragih dan Istri Lisbet Br Sinaga Tiba di Rumah Usai Meliput Pelantikan DPD HBB Provinsi Jambi, Minggu (24/11/2019). Foto Ezer Twopama Manihuruk
Abang Adik-Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk dan Videografers abangnya Moses Juneri Manihuruk.
 
Abang Adik-Fotografers Cilik Ezer Twopama Manihuruk dan Videografers abangnya Moses Juneri Manihuruk.
Share this article :

Post a Comment