. Perserta dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli dapat Apresiasi dari Mentor | BeritaSimalungun
Home » , , » Perserta dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli dapat Apresiasi dari Mentor

Perserta dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli dapat Apresiasi dari Mentor

Written By Beritasimalungun on Saturday, 23 November 2019 | 09:18

(Dari Kiri Kekanan) Joan Berlin Damanik,SSi, MM ( Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamngaraja XII Tapanuli- UNITA), Aditya, ST (Mentor Inspire USU), Jenny Putri Sion Nainggolan (Mahasiswa  UNITA ), Yasmin Chairunisa SP,MBA (KUI-USU), Rosa Siahaan (Mahasiswa  UNITA )  Dr. Safrizal Helmi Situmorang (KUI-USU), Drs Agus Salim Harahap,MSc, (KU-USU) , Rosalinda Sitompul,SE, MM ( Ketua Prodi Manajemen- Unita) dan Leonard Sinaga, SE, MM.( PD 3 Fak Ekonomi). (Istimewa)
Tim Pemenang seleksi  Sosial Enterprise Businiess Palan Competition KUI USU Hadiri Mentoring Kick  Off/ Workshop & 5 th  Project Meeting di  Universitas Andalas.

Padang, BS-  Tim Pemenang seleksi  Sosial Enterprise Businiess Plan Competition KUI USU Hadiri Mentoring Kick  Off/ Workshop And 5 th  Project Meeting 19-21 November 2019, di Ruang Seminar Pasca sarajana Fakultas Ekonomi Universitas Andalas- Padang.  

Sebanyak 56 peserta yang ikut, pada kegiatan ini peserta diantaranya dari Tim INSPIRE -USU antara lain; Tim USU 1 : Muthia Rachma Afifah dan Novika Zuya dengan topik "Dot Keren" (donat karakter isi duren), Tim USU 2 : Ita Fitriyani Lubis, Astuti Lubis dan Rico Kumala dengan proposal Organic liquid fertilizer, Tim USU 3  M Rafli Maharaja dengan proposal Brick layer (Shange Plastic Waste as an alternative).

Tim UMI 1: Stenardi dan Jowel Fernando dengan proposal "MPAH (Aplikasi Jemput sampah jadi manfaat"),  Tim  UMI 2: Ovi Sitepu, Marcelina Panjaitan, Lala Monica Silalahi dan Putri YE Simatupang dengan proposal "Bank sampah and bio activator".

Tim Polmed : Asri Silvia Sari, Dhana Amanda, Isa Kristina Situmorang, Dos Lasria Siagian dan Hedona Tampubolon dengan proposal "Digital MICE tourism"  dam Tim dari Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (Unita) Jenny Putri Sion Nainggolan dan Rosa Delima Siahaan dengan proposal "Creative Household Needs From Left Over Cloth and Patchwork" (kreativitas rumah tangga yang terbuat dari kain sisa jahitan /kain perca). 

Dan peserta lain dari Universitas Andalas, Universitas Parahyangan, Universitas Pajajaran , Universitas Udayana dan Bali Tangi.
    
Pada kegiatan ini hadir mentoring dari komisi Eropa Lisa Mahajan (FH Joanneum University of Applied Sciences),  Maria Urbaniec (Krakow University of Economics), Agnez Zur (Krakow University of Economics),  dan Victor Climent (University of Alicante). 

Kegiatan ini dirangkai dengan, pembukaan oleh Wakil Rector Universitas Andalas, Mentoring Workshop untuk Mahasiswa dan Mentor, Mentoring Agreement Assistensi by All Inspire partner, Business Planning Development Workshop For Bussiner Plan Compoetition (BPC).  
Dr. Esther Sorta Mauli Nababan sebagai Project Manajer INSPIRE-USU dan Koordinator Nasional INSPIRE  (ketiga dari kiri-bawah)  bersama Komisi Eropa.(Istimewa)
Komisi EROPA memberikan arahan bagi setiap tim untuk dapat mengembangakan ide bisnisnya agar berdampak bagi lingkungan dan masyarakat. Setiap tim akan memiliki mentor yang telah sukses menjadi seorang enterpreneur. Mentor tersebut akan memberikan masukan dan arahan yang berguna untuk menjalankan ide bisnis peserta. 

Feedback Selama Mentoring Kick  Off/ Workshop & 5 th  Project Meeting, setiap peserta mendapatkan masukan yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan ide bisnis mereka. Prospek selanjutnya setelah mengikuti kegiatan Mentoring Kick  Off/ Workshop & 5 th  Project Meeting, setiap tim diharapkan untuk merealisasikan ide bisnis mereka dan pelatihan selanjutkan akan diadakan di Universitas Parahyangan pada tahun 2020.
    
Pada akhir kegiatan Dr. Esther Sorta Mauli Nababan sebagai Project Manajer INSPIRE-USU dan Koordinator INSPIRE di Indonesia, menyampaikan kepada seluruh peserta, Event workshop Business Plan Social Entreprise dari Erasmus+ INSPIRE yang diselenggarakan dikampus Universitas Andalas (Unand) ini adalah sebuah event besar dan luar biasa karena menghadirkan para narasumber dari beberapa kampus Uni Eropa. 

Banyak ide, ilmu dan wawasan yang bisa diserap para peserta dari pemaparan mereka, semoga dengan mengikuti kegiatan ini  seluruh peserta dapat meningkatkan minat untuk menjadi pelaku Social Bisnis yang mampu mendukung pendapatan masyarakat dan memperluas jaringan kerjasama Internasional.
 
Menurut Aditya ST, sebagai mentor yang mendampingi peserta dari Sumut juga mendapat kesempatan untuk berbagi diatas panggung workshop kepada para peserta yang hadir dari 4 kota besar di Indonesia yakni dari Medan, Padang, Bandung dan Bali.

Berbagi tentang pengalaman bisnis yang telah saya jalani selama lebih dari 18 tahun yang semoga bisa menginspirasi mereka semua. Adtya katakan semua peserta terutama dari team Sumut sangat bersemangat dan antusias mengikuti event ini.
    
Begitupun team dari Universitas Sisingamangaraja, Tapanuli Utara yang juga ikut dievent workshop ini, saya lihat mereka sangat bersemangat. 

Bahkan ketika saya minta mereka untuk berdialog sambil mengenalkan produk bisnis sosial mereka kepada para narasumber dari Uni Eropa, mereka pun berani menerima tantangan saya demikian ungkap Aditya. Semoga semua team dari Sumut mendapatkan banyak ilmu yang keren dan bermanfaat yang bisa mereka terapkan dalam bisnis sosial yang baru mereka rintis. 

Joan Berlin Damanik,SSi, MM selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli  yang ikut menghadiri kegiatan ini, mengucapkan terima kasih kepada Tim Inspire USU, yang telah membuka kesempatan bagi Perguruan Tinggi Swasta untuk turut berkompetisi mengikuti  kegiatan seperti ini. 

Berlin meyakini  kegiatan seperti ini bila sacara kontinu dilaksanakan akan mampu mendukung muncul pengusaha pengusaha muda yang berjiwa sosial yang memiliki wawasan dan link secara internasional, dan secara tidak langsung mendukung perekonomian masyarakat.   

Secara khusus mahasiswa Universitas Sisingamangraja XII Tapanuli akan termotivasi membuka usah usaha creative yg berbasis social-bisnis.

Turut hadir mendampingi Tim Pemenang INSPIRE – USU diantaranya Dr. Safrizal Helmi Situmorang, Drs Agus Salim Harahap,MSc,  Yasmin Chairunisa SP,MBA, Rosalinda Sitompul,SE, MM dan Leonard Sinaga, SE, MM.(BS-Rel)
Share this article :

Post a Comment

Halaman FB Media Lintas Sumatera

Mengucapkan

Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

Kaldera Toba Akhirnya Diakui UNESCO Global Geopark

Kabar Hun Simalungun

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik

Tinuktuk Sambal Rempah Khas Simalungun Dari Devi Damanik
Tinuktuk adalah Sambal Rempah Khas Simalungun yang berkhasiat bagi tubuh dan enak untuk sambal Ikan Bakar atau sambal menu lainnya. Permintaan melayani seluruh Indonesia dengan pengiriman JNT dan JNE. Berminat hubungi HP/WA Devi Yusnita Damanik 0815 3445 0467 atau di Akun Facebook: Devi Damanik.

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)

Peletakan Batu Pertama Pembangunan “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba)
Hinalang- Pdt Jhon Rickky R Purba MTh melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pusara “Monumen Makam Hinalang” (St RK Purba) di Desa (Nagori) Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (22/10/2019). Acara Peletakan Batu Pertama dilakukan sederhana dengan Doa oleh Pdt Jhon Rickky R Purba MTh. Selengkapnya KLIK Gambar

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”

Catatan Kecil Lomba Cover Lagu Simalungun “Patunggung Simalungun”
“Lang jelas lagu-lagu Simalungun sonari on. Tema-tema pakon hata-hata ni lagu ni asal adong. Irama ni pe asal adong, ihut-ihutan musik sonari. Lagu-lagu Simalungun na marisi podah lang taridah.” (Semakin kurang jelas juga lagu-lagu Simalungun belakangan ini. Tema dan syairnya asal jadi. Iramanya pun ikut-ikut irama musik zaman “now” yang kurang jelas. Lagu-lagu Simalungun bertema nasehat pun semakin kurang”.