}); 5 Tips Desain Kartu Undangan Menarik untuk Pernikahan | BeritaSimalungun
Home » , » 5 Tips Desain Kartu Undangan Menarik untuk Pernikahan

5 Tips Desain Kartu Undangan Menarik untuk Pernikahan

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 15 January 2020 | 07:52

5 Tips Desain Kartu Undangan Menarik untuk Pernikahan
Beritasimalungun-Undangan pernihakan memberikan kesempatan bagi kita untuk menggunakan elemen menarik dan cantik di dalamnya. Hal ini bisa membuat mereka yang mendapatkan undangan akan tertarik melihat undangan cantik di tangannya, dan diharapkan bisa datang ke pesta pernikahan.

Desain undangan yang menarik sendiri juga sangat bisa membuat kesan yang baik untuk keluarga. Baik itu pasangan, maupun kedua keluarga besar dari masing-masing mempelai. 

Undangan dengan desain yang kurang menarik, tentu saja akan sangat terlihat murahan. Sementara undangan dengan desain yang cantik, bisa membuat undangan terkesan mewah.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat desain undangan pernikahan semakin menarik.

1.   Gunakan Tema yang Sesuai


Saat membuat rencana pesta pernikahan, kita tentu akan menentukan tema. Apakah tema elegan, mewah, modern, maupun tradisional. Semuanya merupakan tema terbaik yang memang banyak digunakan orang untuk pesta pernikahannya.

Tema tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi untuk membuat undangan. Untuk tema tradisional, kita bisa menggunakan warna dan juga layout yang bernuansa tradisional. Jawa misalnya, kita bisa menggunakan undangan dengan ragam corak batik atau warna cokelat dan hijau khas keraton budaya Jawa.

Untuk tema modern, kita bisa memanfaatkan beragam elemen dan ornamen modern yang minimalis, dan berwarna cerah.

2.   Pilih Font yang Cantik


Font yang cantik adalah keharusan dalam sebuah undangan pernikahan. Bagaimana tidak, dengan font yang standar, tentu saja undangan tidak akan menjadi menarik, dan bisa dikira sebagai poster atau leaflet biasa saja.

Karenanya, biasanya undangan menggunakan font yang cantik. Tulisan sambung atau kaligrafi yang indah bisa dijadikan sebagai pilihan. Yang pasti, kita tetap harus memastikan bahwa font tersebut bisa terbaca dengan jelas. Jangan sampai yang menerima undangan malah kebingungan untuk membaca informasi di dalam undangan pernikahan.

3.   Tambahkan Informasi Penting Pernikahan


Ini adalah hal yang paling penting dalam sebuah undangan. Kita harus memberikan informasi yang lengkap tentang undangan. Informasi-informasi ini perlu tercantum di dalam undangan, dan harus bisa terbaca dengan jelas.

Beberapa informasi yang wajib ada di dalam undangan di antaranya adalah:
-          Siapa yang menikah?
-          Kapan waktu akad dan resepsinya?
-          Di mana lokasi akad dan resepsinya?
-          Apa tema dan dress code yang harus digunakan undangan? (jika ada)
-          Di mana kita bisa mendapatkan informasi lebih detail atau reservasi? (jika perlu)

4.   Gunakan Foto Jika Perlu

Jika ingin tampil beda, kartu undangan menarik bisa dibuat dengan menggunakan foto kedua mempelai di undangannya. Hal ini bisa memberikan keuntungan seperti undangan mengetahui secara langsung siapa yang menikah, mengenali kedua mempelai, dan menjadikan kartu undangan menjadi lebih intim.

Tapi, pastikan bahwa foto yang digunakan adalah foto yang cantik dan tidak biasa. Kita bisa menggunakan foto dari pre-wedding, atau foto indah lainnya dari kedua pasangan.

5.   Cetak dan Sebarkan Secara Digital


Kini, ada dua langkah yang bisa digunakan untuk menyebarkan undangan. Yang pertama adalah dengan mencetak dan menyebarkannya secara konvensional. Untuk langkah ini, pastikan bahwa undangan dicetak di atas bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan gunakan kertas biasa, dan pastikan undangan tampak mewah dan menarik.

Kedua adalah melalui cara digital. Undangan yang sudah didesain, disimpan (save) dalam bentuk .jpg atau .png dengan resolusi yang tinggi, tapi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. 

Hal ini agar nantinya undangan akan mudah untuk disebarkan melalui platform media sosial, website, email, maupun kanal digital lainnya. Pastikan saja bahwa gambar undangan yang akan dikirimkan tidak pecah saat dibuka.(BS-Rel)
  

Share this article :

Post a comment